Sukses

Tren Penelusuran Soal Gempa di Google Melonjak 1.300 Persen

Liputan6.com, Jakarta - Google mencatat adanya lonjakan pencarian terkait "gempa" pada pekan ini di 21 sampai 24 November 2022, usai terjadinya gempa Cianjur hingga terasa ke wilayah Jakarta dan sekitarnya, serta memakan banyak korban jiwa.

Google mencatat, lonjakan pencarian ini terjadi hingga 1.300 persen di seluruh dunia pada tanggal 22 November 2022 lalu.

Dalam keterangan persnya, dikutip Minggu (27/11/2022), minat penelusuran tentang gempa menurut kota selama sepekan di Indonesia mencakup: Cianjur, Karang Tengah, Cisarua, dan Sukaluyu.

Selain itu, Google juga mencatat beberapa tren pencarian mengalami peningkatan signifikan dalam beberapa hari terakhir di Indonesia, setelah gempa Cianjur.

Tren pencarian ini adalah: Korban gempa Cianjur dan Penyebab gempa Cianjur, apakah ada gempa susulan di Cianjur, Info tsunami hari ini, dan RSUD Sayang Cianjur alamat.

"Open Donasi Gempa Cianjur" juga banyak dicari dan mengalami peningkatan signifikan pada 22 November 2022 di seluruh dunia.

Untuk pencarian bersifat pertanyaan, ada beberapa hal ditanyakan oleh warganet soal bencana alam, pada 22 November 2022 di Indonesia.

Pertanyaan itu adalah: Daerah mana saja yang terkena gempa di Cianjur, Gempa yang terjadi hari ini dimana, Cianjur dimana, Dimana pusat gempa hari ini, dan Apakah ada gempa susulan hari ini.

Google juga melaporkan, untuk pencarian teratas terkait Cianjur pada 22 November di seluruh dunia adalah: Gempa Cianjur, Pray for Cianjur, Korban gempa Cianjur, dan Penyebab gempa Cianjur.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Google Sampaikan Duka Cita

Dalam pernyataannya, Google juga menyampaikan pernyataannya duka cita atas musibah yang terjadi.

"Minggu ini, Jawa Barat diguncang gempa dahsyat menelan banyak korban jiwa. Kami turut berduka cita atas musibah yang terjadi," tulis perusahaan.

"Untuk mendukung keluarga yang terkena dampak, Google.org akan mendonasikan Rp 1,5 miliar untuk mendukung beragam lembaga yang saat ini melakukan pekerjaan luar biasa dalam keadaan yang sangat sulit ini," tambah mereka.

Selain itu, Google juga memulai penggalangan dana internal apabila karyawan mereka ingin ikut berkontribusi di saat-saat kritis tersebut.

Google juga mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan pencarian dengan kata kunci seperti "tips gempa" atau "tips menghadapi gempa" di Search atau Asisten Google, untuk informasi seputar cara atau mengantisipasi gempa.

3 dari 4 halaman

Korban Meninggal Gempa Cianjur Jadi 318 Orang

Sementara itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kembali mengabarkan jumlah korban jiwa tragedi gempa bumi magnitudo 5,6 yang terjadi Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Deputi III Tanggap Darurat BNPB Mayjen Fajar Setiawan mengumumkan adanya penambahan korban meninggal sebanyak delapan orang. Sehingga, total korban meninggal akibat gempa Cianjur berjumlah 318 jiwa.

"Korban Jiwa meninggal 318 orang," ujar dia dalam jumpa pers virtual, Sabtu (26/11/2022).

Sebelumnya, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto menyebut korban meninggal dunia akibat gempa magnitudo 5,6 di Kabupaten Cianjur bertambah lagi.

 

4 dari 4 halaman

Jumlah Korban Meninggal

"Sehingga jumlah meninggal menjadi 310 orang," ujar Suharyanto dalam jumpa pers virtual, Jumat (25/11/2022).

Suharyanto menyebut, jumlah korban meninggal bertambah 38 orang dari sebelumnya. Pada Kamis, 24 November 2022, dia menyebut jumlah korban meninggal dunia sebanyak 272 orang.

Sementara korban yang dinyatakan hilang sebanyak 24 orang.

"Korban yang masih belum diketemukan adalah 24 orang. Nah 24 orang ini masih dicari terus. Tetapi 24 orang ini sudah jelas identitasnya," kata dia.

(Dio/Ysl)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  • Google adalah salah satu perusahaan Amerika Serikat yang berkhususkan pada jasa dan produk internet.
    Google
  • Kabupaten Cianjur di Jawa Barat (Jabar) mengalami gempa bumi tektonik yang terjadi di darat, di kedalaman 10 Kilometer, Senin (21/11/2022).
    Gempa Cianjur
  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.
    Gempa
  • Kabupaten Cianjur adalah sebuah Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat.
    Kabupaten Cianjur adalah sebuah Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat.
    cianjur
  • Google Search