Sukses

Snapdragon Pro Series Free Fire Musim 2 Siap Bergulir, Indonesia Tuan Rumah Grand Final

Liputan6.com, Jakarta - Kompetisi Snapdragon Pro Series Free Fire dipastikan akan kembali digelar. Dalam musim kedua ini, ESL FaceIT dan Qualcomm menjanjikan kompetisi yang lebih besar serta lebih baik dari sebelumnya.

Sama seperti sebelumnya, kompetisi inai akan mempertemukan para pemain dari Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Vietnam, serta Indonesia. Mereka akan bertanding untuk bisa menjadi tim terbaik, sekaligus memperebutkan prize pool sebesar USD 307.500 atau sekitar Rp 4 miliar.

Yang menarik, Grand Final untuk Snapdragon Pro Series Season 2 ini akan digelar di Jakarta. Rencananya, event itu akan diadakan pada 4 dan 5 Februari 2023.

"Kami sangat menantikan membawa turnamen esports internasional tingkat atas ke Indonesia dan sangat antusias melihat semua penggemar esports yang penuh semangat lagi," ttuur Michael Kiefer dari ESL Faceit dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (30/9/2022).

Nantinya, kompetisi musim kedua ini akan dimulai dengan Snapdragon Mobile Open yang berlangsung dari 6 September hingga 11 Oktober 2022. Masing-masing wilayah akan menjalankan 1 cup per minggu.

Lalu, 24 tim teratas yang lolos dari kualifikasi Snapdragon Mobile Open akan melaju ke Final Snapdragon Mobile Open. Ada tiga map yang akan dimainkan per minggunya, yakni Bermuda, Kalahari, dan Purgatory.

Sebagai informasi, Snapdragon Pro Series Free Fire Season 1 sendiri telah berjalan dengan sukses. Turnamen esports regional ini mempertemukan 887 tim dari berbagai daerah dan pemenang di Season 1 ini akan melaju ke Season 2.

Pada musim pertama, pemenang asal Malaysia Singapura Filipina (MSP) adalah Anxiety, lalu pemenang dari Thailand adalah King of Gamers Club. Sementara pemenang dari Vietnam adalah Team Suga dan dari Indonesia ada MBR esports.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Turnamen Esports Snapdragon Pro Series Akan Digelar 12 April 2022

Sebelumnya, ESL Gaming dan Qualcomm akhirnya mengumumkan kapan turnamen esports Snapdragon Pro Series akan digelar.

Dalam Snapdragon Pro Series ini, atlet esports veteran hingga gamer pemula sekalipun dapat bersaing dalam tiga level kompetisi.

Adapun ketiga kompetisi tersebut, antara lain Snapdragon Mobile Open, Snapdragon Mobile Challenge, dan Snapdragon Mobile Masters.

“Snapdragon Pro Series memberi kesempatan kepada pemain di berbagai wilayah dan semua level untuk menjadi juara dan bersaing," ungkap Kevin Rosenblatt, General Manager, Mobile at ESL Gaming, dalam keterangannya.

Disebutkan, peserta turnamen Snapdragon Pro Series ini akan memperebutkan hadiah tunai lebih dari USD 2 juta atau Rp 28 miliar.

Turnamen ini akan mempertandingkan berbagai genre dan judul game relevan di masing-masing wilayah, seperti Amerika Utara, Eropa, Timur Tengah & Afrika Utara, dan juga Asia-Pasifik, seperti Indonesia, Cina, dan India.

"Setiap wilayah akan menampilkan berbagai game berbeda mengikuti pasar, dengan turnamen yang akan dimulai pada 12 April 2022," kata Kevin.

Cukup dengan mendaftarkan diri, siapa pun di wilayah yang masuk dalam cakupan turnamen dapat berpartisipasi dalam turnamen esports ini.

3 dari 5 halaman

Judul Game di Snapdragon Pro Series

Lebih lanjut, turnamen esports Snapdragon Pro Series ini akan mempertandingkan 8 judul game mobile.

Ke-8 game yang dipertandingkan dalam turnamen ini, antara lain Brawl Stars, Clash of Clans, Free Fire, League of Legends: Wild Rift.

Game lainnya adalah PUBG Mobile, Clash Royale, Asphalt 9: Legends, dan Legends of Runeterra.

Acara final Snapdragon Mobile Challenge di wilayah masing-masing wilayah, serta acara Snapdragon Mobile Masters akan disiarkan secara langsung dan offline.

Untuk mendukung gameplay level tertinggi, pemain akan bersaing menggunakan perangkat yang ditenagai oleh Snapdragon mobile platform yang dilengkapi dengan fitur Snapdragon Elite Gaming™, memastikan pengoptimalan game tingkat lanjut, grafik yang dinamis, dan kinerja tingkat atas.

“Kami telah menciptakan ekosistem yang inklusif untuk memungkinkan setiap orang dapat bersaing. Baik Anda pemain biasa atau pemain professional berpengalaman, kami menantikan kehadiran Anda di Snapdragon Pro Series,” kata Rosenblatt.

4 dari 5 halaman

Qualcomm Resmi Perkenalkan Chip Snapdragon 6 Gen 1 dan 4 Gen 1

Di sisi lain, Qualcomm telah mengumumkan peluncuran dua chip kelas menengah terbaru mereka yaitu Snapdragon 6 Gen 1 dan Snapdragon 4 Gen 1.

"Baik Snapdragon 6 dan Snapdragon 4 menghadirkan peingkatan di tiap-tiap seri untuk memungkinkan kemajuan dalam penangkapan, konektivitas, hiburan, dan AI," kata Deepu John, Senior Director, Product Management, Qualcomm.

Menurut John, dalam siaran pers di laman resminya, Rabu (7/9/2022), platform seluler baru ini membantu pelanggan mereka memberikan solusi canggih bagi konsumen.

Dikutip dari 9to5Google, Snapdragon 6 Gen 1 adalah chipset 4nm yang dirancang untuk smartphone kelas menengah. Qualcomm mengatakan, chip ini mendorong pengalaman dinamis dengan kekuatan dan kinerja yang berkelanjutan.

Ada dua sektor yang patut diperhatikan di Snapdragon 6 Gen 1. Pertama dari sisi kamera. Triple image signal processor (ISP), mendukung kamera hingga resolusi 108 MP dan sekarang mendukung staggered HDR.

Selain itu, ini juga menambahkan dukungan untuk perekaman video 4K. Qualcomm melanjutkan, diperkirakan ada peningkatan 40 persen dalam kinerja keseluruhan dengan grafis 35 persen lebih kuat dibanding generasi sebelumnya.

Ada juga dukungan untuk Wi-Fi 6E. Chip ini dibangun di atas empat inti Cortex-A78 dan empat inti Cortex-A55.

(Dam/Isk)

 

5 dari 5 halaman

Infografis Dampak Bermain Game Berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.