Sukses

Tak Semua iPhone Penerima iOS 16 Bisa Jalankan Fitur Baru Ini

Tidak semua iPhone yang kebagian iOS 16, akan dapat menjalankan fitur-fitur baru yang dihadirkan lewat update tersebut. Berikut ini fitur-fitur yang dimaksud

Liputan6.com, Jakarta - Apple telah mengumumkan dimulainya perilisan iOS 16 untuk sejumlah perangkat iPhone, setelah memperkenalkan seri iPhone 14 yang akan hadir dengan sistem operasi anyar tersebut.

Apple mengumumkan, versi resmi OS ini akan mulai diluncurkan pada 13 September 2022, termasuk untuk beberapa perangkat lawas seperti iPhone 8, iPhone X, dan seterusnya. Meski begitu, tak semua fitur iOS 16 hadir di perangkat yang menerimanya.

Mengutip Gizchina, Senin (12/9/2022), ada beberapa fitur yang dibawa iOS 16, yang hanya akan tersedia di perangkat iPhone dengan chip A12 Bionic atau yang lebih baru.

Beberapa perangkat ini adalah iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone SE (generasi ke-2), iPhone 12 mini, iPhone 12, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max.

Serta yang terbaru iPhone 13 mini, iPhone 13, iPhone 13 Pro, iPhone 13 Pro Max dan iPhone SE (generasi ke-3), dan semua jajaran seri iPhone 14 yang baru dirilis Apple.

Berikut ini beberapa fitur yang hanya akan hadir ke beberapa iPhone tertentu dengan iOS 16:

Live Text di video

Teks sepenuhnya interaktif dalam bingkai video yang dijeda. Pengguna bisa menggunakan fitur copy-paste, find-translate, dan banyak lagi. Fitur ini berfungsi dengan Photos, Quick Look, Safari, dll.

Quick actions di Live Text

Data yang terdeteksi dalam foto dan video dapat dimanipulasi hanya dengan satu klik. Pengguna bisa melacak penerbangan atau pengiriman, menerjemahkan bahasa asing, dan konversi mata uang

Bahasa baru untuk Live Text

Di iOS 16, fitur iPhone Live Text mengenali teks Jepang, Korea, dan Ukraina.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Fitur iOS 16 untuk iPhone Tertentu

Emoji di teks

Pengguna bisa menyisipkan emoji saat mengirim pesan dengan Siri.

Tersedia dalam bahasa Kanton (Hong Kong), Inggris (Australia, Kanada, India, Inggris, AS), Prancis (Prancis), Jerman (Jerman), Jepang (Jepang), Mandarin (Cina, Taiwan) dan Spanyol (Meksiko, Spanyol)

Menemukan kemampuan dan aplikasi Siri

Pengguna bisa membuka aplikasi dan bertanya "Hey Siri, what can i do here?" atau bisa menanyakan aplikasi tertentu dengan mengatakan "Hey Siri, what can I do with iRobot?"

Fitur ini mendukung bahasa Jerman (Jerman), Inggris (Australia, Kanada, India, Inggris, AS), Spanyol (Meksiko, Spanyol, AS), Prancis (Prancis), Jepang (Jepang), Mandarin (China Daratan), dan Kanton (China) Hongkong).

Pengalaman Dictation yang baru

Pengguna bisa beralih antara ucapan dan sentuhan dengan lancar di iOS 16. Gunakan keyboard untuk mengetik, mengetuk bidang teks, memindahkan kursor, dan menyisipkan saran QuickType, semuanya tanpa perlu menghentikan Dictation.

Menambahkan obat dengan kamera

Pengguna bisa dengan cepat menambahkan obat dengan menggunakan kamera iPhone XR/XS di iOS 16, dengan memposisikan label obat di bingkai, dan akan diperlihatkan hasil untuk nama, kekuatan, dan bentuk obat.

 

3 dari 5 halaman

Fitur iOS 16

Pencarian gambar di lebih banyak aplikasi

Di iOS 16, Spotlight menggunakan informasi gambar dari pesan, catatan, dan file untuk mendukung pencarian berdasarkan lokasi, orang, pemandangan, dan bahkan hal-hal dalam gambar seperti teks, anjing, dan lainnya.

Peningkatan Visual Lookup

Meningkatkan subyek dari gambar atau mengisolasi subyek dengan menghapus latar. Ini bekerja di Photos, Screenshots, Quick Look, Safar, dan lain-lain

Domain Baru untuk Visual Lookup

Menambahkan pengenalan burung, serangga, dan patung

Wallpaper Astronomi

Di iOS 16 Beta 2, Apple telah menyediakan wallpaper astronomi untuk pengguna iPhone XR dan XS yang sudah melakukan pembaruan. Sebelumnya, ini hanya bekerja di perangkat dengan A13 atau yang lebih baru.

Sementara, untuk fitur iOS 16 yang hanya hadir di iPhone 11 atau yang lebih baru adalah Live Captioning.

Fitur ini secara otomatis menghasilkan transkripsi secara real-time untuk pengguna tuli, sehingga mereka bisa lebih mudah melakukan percakapan audio dan video.

Fitur ini membutuhkan iPhone 11 atau yang lebih baru, dan hanya tersedia dalam bahasa Inggris (Kanada, Amerika Serikat).

 

4 dari 5 halaman

Fitur iOS 16 Eksklusif di iPhone 13 dan 14

Lalu, fitur iOS 16 eksklusif untuk seri iPhone 13 adalah Foreground Blur in Portrait, di mana mode portrait memburamkan obyek di latar depan foto, untuk kedalaman bidang yang lebih realistis.

Fitur iOS 16 untuk seri iPhone 13 lainnya adalah peningkatan kualitas saat merekam dalam movie mode.

Berikutnya, fitur eksklusif di model iPhone 14 pertama adalah 4K Movie Mode, di mana pengguna bisa memilih 30fps@1080p, 24fps@4k, atau 30fps@4K, saat merekam video di Movie mode.

Fitur eksklusif iPhone 14 Series lainnya adalah Sports Mode, di mana fitur ini bisa mengurangi guncangan, gerakan, dan getaran nyata, bahkan saat merekam video saat bergerak.

Sementara beberapa fitur membutuhkan iPhone tertentu karena kemampuan prosesor, Apple juga menambahkan ikon baterai baru untuk beberapa perangkat notch di iOS 16 Beta 5.

Beberapa perangkat yang akan mendapatkan fitur baru ini adalah:

  • Apple iPhone 13, 13 Pro dan 13 Pro Max
  • Apple iPhone 12, 12 Pro dan 12 Pro Max
  • iPhone 11 Pro dan 11 Pro Max
  • iPhone XS dan XS Max
  • Apple iPhone X
  • iPhone 14, iPhone 14 Plus dan iPhone 14 Pro, iPhone 14 Pro Max sudah mendukung ikon baterai baru.

 

5 dari 5 halaman

Daftar iPhone yang Kebagian iOS 16

Sementara, berikut ini adalah daftar iPhone yang kebagian iOS 16 selain iPhone 14:

  • iPhone 8
  • iPhone 8 Plus
  • iPhone X
  • iPhone XS
  • iPhone XS Max
  • iPhone XR
  • iPhone 11
  • iPhone 11 Pro
  • iPhone 11 Pro Max
  • iPhone 12
  • iPhone 12 Mini
  • iPhone 12 Pro
  • iPhone 12 Pro Max
  • iPhone 13
  • iPhone 13 Mini
  • iPhone 13 Pro
  • iPhone 13 Pro Max
  • iPhone SE (second generation dan baru)

Untuk mengetahui model iPhone yang dipakai, buka aplikasi Settings > General > About. Di kolom Model Name, kamu akan menemukan tipe iPhone yang dipakai.

Di bawahnya, kamu dapat mengetahui informasi lebih lengkap tentang Model Number iPhone, seperti kapasitas dan tahun ponsel tersebut diumumkan.

Bagaimana dengan nasib iPhone model lawas seperti iPhone 7 Plus, dan sebelumnya? Sayangnya , model di bawah iPhone 8 seperti iPhone 7 dan iPhone 7 Plus tidak bisa pakai iOS 16.

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.