Sukses

Bocoran iPhone 14, Opsi Koneksi Satelit hingga Warna Baru

Berikut ini adalah informasi terkait iPhone 14 yang akan diluncurkan pada Apple Event 7 September 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Apple dijadwalkan akan merilis seri iPhone 14 pada 7 September jam 10 pagi waktu setempat, atau 8 September 2022 pukul 00:00 WIB.

Pada acara peluncuran yang disiarkan secara live streaming, perusahaan berbasis di Cupertino tersebut akan merilis empat iPhone 14, yaitu model standar, iPhone 14 Max, iPhone 14 Pro, dan iPhone Pro Max.

Selain deretan HP Apple terbaru, perusahaan juga akan meluncurkan Apple Watch Pro dalam acara live streaming bertajuk "Far Out" tersebut.

Jelang peluncuran 7 September itu, sejumlah informasi terkait bocoran iPhone 14 pun sudah mulai marak beredar di internet.

Tanpa panjang lebar, berikut ini adalah informasi terkait iPhone 14 yang akan diluncurkan pada Apple Event 7 September 2022.

1. Astrofotografi

Tahun-tahun sebelumnya Apple selalu memberikan petunjuk tentang fitur apa yang akan menjadi andalan di produk barunya tersebut lewat undangan acaranya.

Pada kali ini, undangan Apple event 7 September bertemakan langit malam hari penuh bintang dan tagline "Far Out".

Berbagai perdiksi dan teori tentang poster undangan Apple ini langsung menjadi pembicaraan, beberapa menyatakan tentang fitur baru di iPhone 14.

Salah satunya adalah tentang kemampuan kamera iPhone 14 bakal mendukung mode baru bernama astrofotografi.

Informasi, Google Pixel 4 adalah HP Android pertama yang memperkenalkan mode astrofotografi, diikuti oleh Xiaomi, Vivo, Huawei, Samsung dan lainnya.

Walau masih sebatas rumor, Apple mungkin ingin menggoda iPhone 14 akan memiliki kemampuan untuk menangkap langit malam dalam kualitas yang menakjubkan.

Tahun lalu, leaker Apple kenamaan Max Weinbach pernah mengungkap iPhone 13 akan memiliki mode astrofotografi.

Tetapi ternyata fitur tersebut tidak diperkenalkan, mungkin Apple baru akan meluncurkan mode astrofotografi itu pada iPhone 14.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Koneksi Satelit

Ilustrasi iPhone 14. Dok: macrumors.com

Fitur lain yang banyak dibicarakan akan hadir di iPhone 14 adalah konektivitas satelit.

Bloomberg melaporkan, teknologi ini memungkinkan pengguna mengirim teks ke layanan darurat dan kontak atau melaporkan keadaan darurat ketika tidak ada layanan seluler yang tersedia. Fitur ini diharapkan akan terhubung langsung ke iMessage.

Meski belum dikonfirmasi langsung oleh Apple, undangan dengan tagline 'Far Out' mengisyaratkan fitur yang telah lama dikabarkan akan hadir di iPhone.

Rumor iPhone 14 terkoneksi dengan satelit semakin sulit diabaikan, kareana awal pekan ini T-mobile dan SpaceX mengatakan sedang bekerja untuk "mengakhiri zona mati seluler".

Keduanya juga meluncurkan layanan seluler baru yang diaktifkan oleh satelit generasi kedua Starlink dengan bandwidth T-Mobile.

Idenya adalah untuk memberikan internet berkecepatan tinggi di daerah pedesaan di AS, dengan bantuan SpaceX dari satelit orbit rendah Bumi.

 

3 dari 5 halaman

3. Desain

Bocoran iPhone 14 series (Foto: Twitter/ @EveryApplePro).

Sekadar informasi, sejak 2017 iPhone yang dengan FaceID memiliki notch pada layar. Namun di iPhone 14, hal ini akan berubah.

Model iPhone 14 Pro akan hadir dengan desain baru, menghilangkan notch. Apple dikabarkan membawa desain lubang di layar alias punch hole dan sebuah cut out berbentuk mirip pil yang mendukung komponen Face ID.

Sementara, iPhone 14 standar disebut-sebut akan hadir dengan desain milik iPhone 13, termasuk bagian notch yang masih tetap dipertahankan. Desain kamera belakangnya juga mengadopsi desain horizontal seperti iPhone 13.

Selain itu, baru-baru ini juga tersiar foto dummy iPhone 14 Pro yang menampilkan opsi warna baru.

Awalnya dummy iPhone 14 Pro yang pertama kali muncul di Weibo ini hanya menampilkan tiga varian warna, yaitu Graphite, Gold, dan Silver.

Ketiga varian warna ini memang sudah tersedia di model-model sebelumnya, namun opsi Dark Purple dan Blue hanya khusus di versi Pro.

Rumor tentang iPhone 14 Pro dan Pro Max dengan warna Purple ini memang sudah beredar sejak awal tahun ini, dan diklaim mampu berubah tingkat kecerahannya berdasarkan kondisi cahaya.

 

4 dari 5 halaman

4. Pakai Chipset Lawas?

<p>Seperti ini bentuk iPhone 14 Pro? (Doc: Jon Posser x Ian Zelbo)</p>

Rumor mengungkap kalau model iPhone 14 standar akan tetap menggunakan chipset A15, chipset yang sama yang dipakai di iPhone 13 series.

Sementara, model iPhone 14 Pro akan didukung chipset yang lebih baru yakni A16. Jika kabar di atas benar, ini merupakan pertama kalinya model iPhone Pro mendapatkan chipset lebih cepat.

Kemungkinan hal ini dilakukan untuk mengurangi biaya produksi sekaligus menyiasati kelangkaan pasokan yang tengah terjadi.

 

5 dari 5 halaman

5. Modem, Penyimpanan dan Kartu SIM

<p>Apple event 7 September 2022 akan memperkenalkan iPhone 14, Watch series 8</p>

iPhone 14 digadang-gadang menggunakan modem Snapdragon X65 dari Qualcomm. Modem ini diklaim sebagai modem 5G pertama yang didukung 10 Gigabit dan sistem antena untuk smartphone.

Modem ini juga didukung sejumlah fitur konektivitas satelit. Besama modem tersebut, Apple berencana mengimplementasikan fitur darurat berbasis satelit. Tujuannya memungkinkan pengguna kirim SMS dalam situasi darurat dan melaporkan keadaan di area yang tidak terjangkau seluler.

Apple dilaporkan memesan chip RF 5G dari TSMC, yang menawarkan konsumsi daya rendah, sehingga memungkinkan perangkat lebih hemat baterai meski menjalankan jaringan 5G dan dukungan WiFi 6E.

Untuk ruang penyimpanan, iPhone 13 Pro sudah didukung memori hingga 1TB, kini penyimpanan di iPhone 14 disebut-sebut akan ditingkatkan hingga 2TB.

Tidak hanya itu, ada kemungkinan iPhone 14 mungkin tidak didukung slot SIM card fisik, melainkan dukungan eSIM only.

Maski begitu, tidak semua negara di dunia sudah mendukung penggunaan eSIM, jadi mungkin masih akan ada slot SIM card nano di iPhone 14 untuk sejumlah pasar.

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.