Sukses

Review Oppo A57: Hadirkan Fitur Serba Pertama, Bawa Rasa yang Pernah Ada

Liputan6.com, Jakarta - Oppo tampaknya tidak main-main dan konsisten saat mereka mengatakan bakal membawa desain hingga sejumlah fitur dari seri smartphone mereka yang lebih tinggi, ke lini di bawahnya.

Ini seperti yang mereka perlihatkan lewat Oppo A57, di mana ponsel terbaru dari seri A5 Oppo ini membawa beberapa fitur dan spesifikasi yang serba pertama ke lini A5, namun dengan "rasa yang pernah ada" di seri Reno.

Selama beberapa pekan terakhir, Tekno Liputan6.com berkesempatan untuk menjajal lebih dalam apa saja yang ditawarkan smartphone dengan harga Rp 2 jutaan ini.

Desain

Dari segi desain, Oppo A57 benar-benar memiliki desain yang berbeda dari beberapa HP Oppo Seri A5 sebelumnya. Bentuknya yang tipis dan cenderung mengotak bahkan lebih mirip dengan seri Reno.

Dengan desain semacam ini, ponsel ini memang terasa jadi lebih ringan dan tipis di tangan. Adapun untuk varian yang saya coba adalah warna Glowing Black.

Untuk desain kamera selfie-nya yang Punch Hole, saya tidak masalah dengan ini meski saya yakin setiap orang punya seleranya masing-masing.

Untuk pemilihan warna Glowing Black di Oppo A57 sendiri menurut saya masih warna yang terbilang "aman" untuk semua pengguna. Kalau kamu lebih suka warna yang stylish, mungkin varian Glowing Green lebih cocok.

Tentang spesifikasi desain sendiri, Oppo memang menghadirkan finishing Oppo Glow, menjadikannya yang pertama di lini A5. Fitur ini harus diakui membuat bodi belakangnya bebas sidik jari dan goresan meski sedikit agak licin.

Bingkai kameranya juga masih enak dilihat karena tidak terlalu menonjol dan simpel, hanya mencantumkan embel-embel "AI Camera" saja. Oh ya, HP Oppo ini juga sudah mendapatkan sertifikasi IPX4 Water Resistance, jadi tahan terhadap cipratan air normal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Performa

Layar

Layar di Oppo A57 adalah layar Waterdrop 6,56 inci, refresh rate 60Hz, IPS LCD HD+, 96 persen NTSC Color Gammut. Oppo juga mempertahankan keberadaan AI Eye Comfort di perangkat ini.

Kecerahan warna pada perangkat ini cukup bagus, khususnya saat berada di dalam ruangan. Untuk ketajaman warnanya pun juga terasa mengalami peningkatan dibandingkan A55. Secara keseluruhan, layar ponsel ini masih nyaman untuk dinikmati pengguna.

Fitur dan Performa

Untuk sekadar browsing atau nonton YouTube, ponsel dengan prosesor Mediatek Helio G35 ini masih enak buat dipakai seharian.

Buat main game-game low to medium pun masih bisa. Misalnya Mobile Legends: Bang-Bang (MLBB) dapat dimainkan dengan pengaturan grafik tinggi, meskipun bakal berpengaruh saat loading di permainan.

Jadi kalau buat MLBB, settingan rendah tapi performa mulus memang jadi pilihan terbaik di perangkat ini. Buat main MLBB sekitar 10 menit, bodi belakang cuma menghangat sedikit.

Dipakai main Stumble Guys pun lancar dengan pengaturan grafik yang tinggi, meski bikin bodi jadi lebih cepat panas.

Sementara untuk PUBG Mobile, pengaturan tertingginya ada di Balanced - Medium. Saat main di Smooth - Balanced cukup lancar dengan perangkat yang sedikit hangat. Masih nyaman di tangan.

Fitur menarik lainnya yang bisa ditemukan adalah Flexdrop, untuk mempermudah multi-tasking dengan memperkecil layar aplikasi dan dipindahkan posisinya.

Terdapat juga fitur Three-finger Translate with Google Lens, untuk mempermudah menerjemahkan ke berbagai bahasa dengan tangkapan layar. Nah, untuk RAM, pengguna juga bisa melakukan ekspansi RAM sementara hingga kapasitas 4GB.

Terdapat juga ekspansi ROM yang gunanya untuk mengoptimalkan penyimpanan, dengan secara otomatis menyimpan data aplikasi sistem dan beberapa data aplikasi media sosial, langsung ke kartu Micro SD.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 5 halaman

Baterai dan Audio

Audio

Oppo A57 menghadirkan dual speaker di perangkat ini. Keluaran suara dari smartphone jadi terasa lebih menggelegar meski akan terasa sedikit pecah jika disetel ke tingkat maksimal, meskipun tidak sampai terdengar kasar.

Suara dari speaker bawah terasa lebih dominan meski perbedaannya masih terasa cukup imbang di keduanya. Namun, kualitas dari speaker atas pun menurut saya ini lebih baik dari beberapa smartphone dengan fitur dual speaker lainnya.

Menurut Oppo, dengan output linear, perangkat akan memiliki output atau keluaran suara dua kali lebih besar, maksimal hingga 85dB.

Oppo sendiri mengungkapkan, A57 membawa fitur Ultra Volume Mode, yang akan meningkatkan keluaran suara 200 persen lebih keras. Teknologi lainnya adalah Dirac 3.0, yang akan membawa peningkatan dan optimalisasi speaker.

Baterai

Daya ponsel Oppo A57 terbilang awet karena baterainya sebesar 5000mAh. Fitur pengisian daya 33W SuperVOOC pun juga dihadirkan Oppo di smartphone ini.

Dari posisi daya 31 persen, pengisian daya selama setengah jam dengan charger bawaan 33W-nya sudah membuat baterainya terisi 65 persen.

Untuk nonton YouTube sekitar 20 menit berkurang tujuh persen. Buat main MLBB 30 menit juga berkurang tujuh persen. Untuk main Stumble Guys 10 menit cuma berkurang satu persen dan buat PUBGM setengah jam berkurang enam persen.

4 dari 5 halaman

Kamera

Dengan berbagai peningkatan untuk performa, sayangnya sektor kamera "dikorbankan" untuk A57. Pendahulunya A55 bahkan memiliki kamera yang terasa lebih unggul dibanding A57.

Di kamera depan, smartphone Oppo A55 membawa kamera selfie 16MP, sementara A57 hanya menyematkan 8MP.

Untuk kamera belakang Oppo A55 membawa 50MP Main Camera, 2MP Bokeh, dan 2MP Macro. Sementara, A57 membawa kamera dengan susunan 13MP Main Camera dan 2MP Bokeh.

Ya. Kamera makro absen dari perangkat A57, walau baik A55 dan A57 masih konsisten untuk tidak mengikut sertakan kamera ultra-wide.

Oppo beranggapan, menurut data yang mereka himpun, pengguna A55 kebanyakan membutuhkan perangkat dengan daya tahan yang tinggi, serta penikmat konten multimedia.

Meski begitu, hasil foto pada Oppo A57 tidak bisa dikatakan jelek. Paling tidak, pengguna masih bisa mendapatkan hasil foto yang bagus meski bisa dibilang tidak terlalu istimewa.

5 dari 5 halaman

Kesimpulan

Oppo A57 cocok buat kamu yang mencari smartphone dengan performa yang oke buat dipakai sehari-hari, dengan baterai yang super awet dan bisa mengisi daya cepat.

Ponsel ini juga tepat buat kamu yang mencari perangkat dengan kualitas suara yang mumpuni dan enak dipakai untuk penggunaan multimedia.

Buat yang naksir dengan desain ala Reno tapi belum punya budget, perangkat A57 juga sepertinya cocok buat kamu, mengingat "rasa Reno" yang dibawa di smartphone ini.

Sementara buat konsumen yang mencari smartphone Oppo yang punya keunggulan dan berbagai fitur "wah" di sektor kamera, A57 jelas bukan buat kamu.

Oppo A57 sendiri sudah hadir di pasar Indonesia dengan harga Rp 2.399.000 untuk RAM 4GB + RAM Expansion: 1GB, 2GB, 4GB dan ROM 64GB + MicroSD hingga 1TB.

Aksesoris yang bisa kamu dapatkan dalam boks selain ponselnya itu sendiri adalah kartu garansi, panduan, SIM Card ejector, kepala charger SuperVOOC 33W, dan kabel data atau charger, dan softcase.

Catatan, semua yang saya bahas di sini berdasarkan pengalaman pribadi dalam menggunakan Oppo A57. Setiap orang mungkin memiliki pengalaman, preferensi, dan pengetahuan yang berbeda-beda untuk perangkat ini.

(Dio/Ysl)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS