Sukses

Smartfren Investasi Rp 73 Miliar ke Platform Pencari Kerja Berbasis AI

Liputan6.com, Jakarta - Smartfren memasuki bisnis digital berteknologi artificial intelligence (AI) alias kecerdasan buatan. Hal ini usai Smartfren melalui anak usahanya PT SF Digital Terdepan melakukan penyertaan modal 10 persen atau USD 5 juta pada KUPU.

KUPU merupakan platform digital berteknologi artificial intelligence (AI) yang berguna untuk mempertemukan pemberi kerja dan pencari kerja.

Sekadar informasi, KUPU adalah platform digital yang dikelola PT Dalligent Solusi Indonesia. KUPU diklaim berbeda dari platform pencari kerja lainnya karena dilengkapi dengan teknologi AI.

Dengan begitu, KUPU bisa mengkurasi lowongan pekerjaan dan kualifikasi profesional pencari kerja. AI yang dipakai KUPU diyakini membuat pencari kerja lebih mudah menemukan lowongan yang relevan dengan keahlian mereka.

Selain itu, pemberi kerja juga lebih mudah menemukan tenaga kerja yang sesuai kebutuhannya. Tak hanya teknologi AI, KUPU juga punya berbagai modul untuk membantu pencari kerja meningkatkan kapabilitasnya secara online.

Informasi soal investasi Smartfren ke KUPU sebelumnya diungkap dalam keterbukaan informasi yang disampaikan Smartfren kepada otoritas bursa, 2 Agustus lalu.

Investasi ini disebut merupakan langkah strategis yang diharap bisa memberi manfaat positif bagi pertumbuhan bisnis kedua perusahaan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Potensial Tingkatkan Pelanggan Baru

Manfaat yang dimaksud mulai dari diversifikasi bisnis di luar layanan telekomunikasi. Misalnya, meningkatkan akuisisi pelanggan baru serta retensi pelanggan dengan menambah manfaat yang bisa diperoleh saat menggunakan layanan Smartfren.

President Director Smartfren Merza Fachys meyakini, kerja sama strategis Smartfren dan KUPU akan memberi manfaat bagi pertumbuhan kedua perusahaan.

"Sejalan dengan visi Smartfren, KUPU memberikan kesempatan bagi anak-anak muda Indonesia yang lihai memanfaatkan teknologi digital untuk mencari kerja atau meningkatkan kapasitas profesional mereka," kata Merza, dalam keterangan Smartfren, Sabtu (13/8/2022).

Sementara itu, CEO PT Dalligent Solusi Indonesia Cui Peng menyebut, pihaknya bersemangat menyambut investasi strategis dari Smartfren ini.

"Kini kedua perusahaan tengah bekerja sama untuk meluncurkan serangkaian strategi online dan offline untuk memberikan lebih banyak manfaat positif bagi pengguna yang sebagian besar adalah bagian dari generasi digital Indonesia," kata Peng.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Tawarkan Paket Internet Nonstop

Terlepas dari itu, Smartfren memperkenalkan paket data internet Smartfren Unlimited Nonstop. Paket ini dapat digunakan meski kuota utama sudah habis dan dapat dipakai dengan bebas akses 24 jam di semua aplikasi.

Pelanggan Smartfren bisa mendapatkan akses unlimited, setelah kuota utama habis, tanpa menyedot pulsa. Rata-rata kecepatannya diklaim hingga 20Mbps

Chief Product Journey Officer Smartfren, Hermansyah Arifin, mengatakan dengan menggunakan platform Ookla untuk uji kecepatan, Smartfren dapat menghasilkan rata-rata kecepatan sekitar 20Mbps untuk mendukung segala aktivitas digital pelanggan.

"Bahkan dengan aktivitas dan jadwal yang padat, pelanggan tidak perlu khawatir lagi soal kecepatan internet. Menggunakan paket Smartfren Unlimited Nonstop, saat kuota utama habis pun masih bisa internetan dengan kecepatan yang disesuaikan," kata Hermansyah melalui keterangannya, Senin (1/8/2022).

Dibanderol dengan harga Rp 30.000, melalui paket ini pelanggan sudah mendapatkan kuota 6GB dengan bonus kuota lokal hingga 6GB yang dapat digunakan selama 30 hari.

Akses nonstop akan didapatkan secara otomatis dan digunakan untuk mengakses beragam aplikasi, seperti chating, aplikasi pembayaran, aplikasi belanja, hingga transportasi online.

"Melalui kartu perdana Unlimited Nonstop, pelanggan bisa lebih mudah menikmati jaringan telekomunikasi Smartfren yang 100 persen 4G LTE Advance dengan coverage 4G terluas di Indonesia,” tutur Hermansyah.

Ia menambahkan paket internet ini memiliki kelebihan berupa kuota besar yang diberikan kepada pelanggan setiap bulannya selama setahun.

Lalu ada pula akses unlimited yang bisa digunakan untuk mengakses aplikasi yang sangat diperlukan sehari-hari, seperti aplikasi pesan instan, e-commerce, finansial, dan transportasi.

(Tin/Ysl)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS