Sukses

Minecraft Jadi Mata Kuliah Pilihan di Universitas Tiongkok

Liputan6.com, Jakarta - Minecraft karya Mojang Studios, merupakan salah satu game terpopuler yang masih banyak dimainkan oleh gamers di dunia hingga saat ini. Pemain dapat membuat dan memecahkan berbagai jenis balok dalam dunia tiga dimensi.

Permainan yang menuntut kreativitas ini pun juga dapat dinikmati oleh semua kelompok usia yang suka bermain game, bahkan sudah memiliki banyak komunitasnya tersendiri.

Baru-baru ini, NetEase, selaku pemegang lisensi Minecraft di Tiongkok, mengumumkan kolaborasinya dengan Xiamen University of China untuk membuka kesempatan mahasiswa belajar tentang Minecraft dalam sebuah mata kuliah.

Pengumuman ini disampaikan oleh akun Weibo NetEase pada 22 Juni 2022 yang lalu.

"Minecraft dan Universitas Xiamen telah bersama-sama mengembangkan mata kuliah pilihan," tulis NetEase dalam akun Weibonya yang berbahasa Mandarin, Minggu (3/7/2022).

Perusahaan mengatakan, kerja sama ini memungkinkan siswa untuk mewujudkan ide-ide kreatif yang liar dan tidak terkendali, dalam permainan dengan mengandalkan alat pengembangan Minecraft.

Mengutip Gaming on Phone, mata kuliah pilihan ini nantinya akan dikenal sebagai studi kasus desain interaktif. Di sini, para siswa akan belajar bagaimana menerapkan semua jenis ide mereka, dengan bantuan beberapa studi kasus Minecraft.

Seorang desainer gim Minecraft dari NetEase, juga akan ditunjuk sebagai pengajar selektif untuk mengajari siswa cara mengoperasikan alat penyuntingan resmi dalam game.

NetEase menambahkan, Universitas Xiamen tidak akan jadi satu-satunya institusi pendidikan yang akan berkolaborasi dengan mereka.

NetEase mengatakan, mereka memiliki rencana untuk membuat lebih banyak universitas bergabung dengan inisiatif mereka ke depannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Minecraft untuk Upacara Kelulusan

Ini bukan pertama kalinya Minecraft dimanfaatkan dalam aktivitas yang terkait dengan pendidikan. Di 2020, saat pandemi Covid-19 merebak, game ini juga dimanfaatkan untuk menggelar upacara kelulusan.

Di Jepang misalnya, beberapa siswa sekolah dasar di Jepang memutuskan untuk tidak membuat hari kelulusan berlalu tanpa perayaan yang tepat dan memutuskan untuk berimprovisasi.

Upacara kelulusan resmi di sekolah ditiadakan karena virus Corona, beberapa siswa tersebut kemudian membuat upacara kelulusan sendiri di Minecraft.

Sebuah cuitan pada 14 Maret 2020 yang diunggah oleh akun Twitter @backyennew membuktikan hal tersebut. Cuitan tersebut menunjukkan putranya berpartisipasi dalam upacara kelulusan sekolah yang dilakukan di gim Minecraft.

Menurut Bored Panda, cuitan tersebut dilakukan oleh Shuhei Kashiwara. Shuhei merupakan orangtua dari salah satu siswa yang melakukan upacara kelulusan sekolah lewat Minecraft.

Cuitan tersebut berbunyi: "Apa yang kamu lakukan? Kami semua memutuskan untuk mengadakan upacara wisuda bersama! Oh, luar biasa. Para siswa sekolah dasar berkumpul untuk melakukan kelulusan sendiri."

 

 

 

3 dari 4 halaman

Wisuda dengan Minecraft

Menurut Shuhei, ia kebetulan melihat putranya melakukan hal tersebut. Putera Shuhei yang merencanakan ide tersebut dan kemudian mengeksekusinya dengan teman-temannya.

Meski tak diorganisir oleh sekolah, para siswa itu tak masalah. Asalkan mereka masih bisa merasakan upacara kelulusan yang hanya sekali seumur hidup meski dilakukan hanya lewat Minecraft.

Sementara di dalam negeri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menggelar wisuda ke-121 secara luring dan daring pada Minggu, 2 Agustus 2020, dengan memanfaatkan Minecraft.

Salah satu dosen Departemen Teknik Informatika ITS yang mengembangkannya yaitu Hadziq Fabroyir.

Hadziq menuturkan, jika membuat bangunan gedung Graha Sepuluh Nopember ITS secara virtual itu menggunakan Minecraft Education Edition yang telah dilanggan oleh ITS.

Dengan memakai itu, ia bersama dengan 14 orang lainnya yang menyukai permainan ini berinisiatif membuat bangunan virtual khusus untuk memeriahkan wisuda yang seharusnya digelar secara luring pada Maret 2020.

 

4 dari 4 halaman

Minecraft untuk Wisuda di ITS

Tim sempat kurang referensi terkait bentuk gedung karena memang tidak ada yang ingat bagaimana bentuknya secara detil dan tidak mungkin survei ke lokasi pada masa pandemi ini.

"Akhirnya kami merangkai konstruksi graha di Minecraft berdasarkan gambar-gambar yang kami kumpulkan dari internet," ujar dia, seperti dikutip dari laman ITS, ditulis Senin (3/8/2020).

Saat operasi juga dilakukan secara langsung ketika wisuda ke-121 dilaksanakan.

Komunikasi antar pemain yang bergabung di proses Wisuda Minecraft ITS dilakukan melalui Discord. Zoom hanya menerima video feed dari OBS virtual camera yang ditransmisikan dari server Minecraft ITS.

Sebanyak 570 mahasiswa dari Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan dan Kebumian (FTSPK), Fakultas Teknologi Kelautan (FTK), dan Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital (FDKBD) melaksanakan prosesi wisuda secara daring dari tempat tinggal masing-masing.

Sedangkan, para pimpinan ITS menghadiri prosesi wisuda secara luring di Gedung Research Center (RC) ITS dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku.

Sebagian wisudawan ITS yang melaksanakan prosesi wisuda secara daring di tempat tinggal masing-masing.

(Dio/Isk)