Sukses

Telegram Premium Meluncur, Pelanggan Bisa Dapat Berbagai Fitur Ini

Liputan6.com, Jakarta - Telegram akhirnya meluncurkan langganan berbayarnya. Perusahaan mengungkapkan, ada berbagai fitur eksklusif yang ditawarkan ke pelanggan yang membayar untuk layanan tersebut.

"Hari ini kami meluncurkan Telegram Premium, layanan berlangganan sebagai bentuk dukungan Anda terhadap pengembangan Telegram yang terus berkelanjutan dan memberikan akses untuk fitur tambahan eksklusif," kata Telegram.

Dalam blog resminya, dikutip Senin (20/6/2022), perusahaan mengatakan, hal ini membantu mereka menawarkan semua fitur yang sudah diajukan oleh pengguna selama bertahun-tahun, sembari menjaga akses gratis ke layanannnya.

Ada beberapa fitur yang dapat dinikmati oleh pelanggan Telegram Premium seperti limit dua kali lipat, unggahan berkas hingga 4GB, unduh lebih cepat, stiker dan reaksi eksklusif, hingga manajemen obrolan yang ditingkatkan.

Untuk harga, Telegram tidak mengungkapkan berapa biaya berlangganan yang harus dibayarkan untuk Telegram Premium dalam pengumumannya.

Meski begitu dikutip dari TechCrunch, kemungkinan biaya langganan bulanan ada di kisaran USD 4.99 sampai USD 6 (sekitar Rp 74 ribu hingga Rp 89 ribu).

Meski begitu, Telegram menegaskan bahwa fitur yang sudah tersedia dan telah dipakai oleh pengguna selama ini, akan tetap gratis.

Pengguna non-premium juga akan dapat menikmati beberapa manfaat Premium seperti mengunduh berkas ekstra besar dan melihat stiker yang dikirim pengguna premium, serta ketuk untuk memberikan reaksi premium yang telah ditambahkan ke pesan.

"Kontribusi dari pelanggan premium akan membantu Telegram meningkatkan layanan aplikasi untuk beberapa dekade ke depan, sementara Telegram akan tetap bebas, mandiri dan menjunjung tinggi nilai utama pengguna, di mana perusahaan teknologi harus beroperasi."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Fitur Telegram Premium

Adapun, berikut ini beberapa fitur Telegram Premium:

Unggahan 4GB

Dengan menggunakan Telegram Premium, pelanggan akan bisa mengirim berkas berukuran 4 GB. Ini diklaim cukup untuk video 1080p berdurasi 4 jam atau video berkualitas tinggi dengan durasi 18 hari.

Meski begitu, semua pengguna Telegram akan dapat mengunduh dokumen yang berukuran besar ini, terlepas dari apakah mereka pelanggan Premium atau bukan.

Pengunduhan lebih cepat

Pelanggan Premium juga akan dapat mengunduh media dan berkas dengan kecepatan tertinggi. "Anda dapat mengakses semuanya di penyimpanan awan secepat koneksi internet Anda," kata Telegram

Limit dua kali lipat

Pengguna Premium akan mendapatkan limit tambahan untuk hampir segalanya di aplikasi. Misalnya, pengguna akan bisa mengikuti hingga 1.000 channel, serta membuat 20 folder di obrolan masing-masing dengan maksimal 200 obrolan.

Pelanggan juga dapat menambahkan akun keempat di aplikasi Telegram apapun, menyematkan 10 obrolan dan daftar obrolan utama, dan menyimpan hingga 10 stiker favorit.

Pelanggan Premium juga akan bisa menulis bio yang lebih panjang dan menyisipkan tautan di dalamnya. Premium juga memungkinkan penambahan karakter lebih banyak di keterangan media.

Terdapat juga akses ke 400 GIF favorit, dan pengguna Premium dapat memiliki hingga 20 tautan publik t.me, sehingga setiap grup dan channel Anda dapat mempunyai tautan singkat dan padat.

 

3 dari 4 halaman

Transkripsi Audio hingga Stiker Eksklusif

Transkripsi audio

Pesan suara dapat diubah menjadi teks apabila pengguna tidak tertarik mendengarkannya, namun ingin mengetahui isinya.

Stiker unik

Sejumlah besar stiker akan memiliki animasi layar penuh, yang dapat dikirim pengguna Premium dalam obrolan apapun. Ada juga efek ekspresi yang terlihat ke semua pengguna.

Koleksi stiker Premium sendiri akan diperbarui setiap bulannya oleh kreator stiker Telegram.

Reaksi Unik

Pengguna Premium juga dapat menikmati beraneka cara untuk bereaksi pada pesan dengan lebih dari 10 emoji baru.

Manajemen obrolan

Telegram Premium menyediakan fungsi untuk mengelola daftar obrolan, seperti mengubah folder obrolan utama sehingga aplikasi selalu terbuka dalam tampilan folder khusus, atau misalnya Belum Dibaca alih-alih Semua Obrolan.

Selain itu, di pengaturan Privasi dan Keamanan, pelanggan dapat mengaktifkan fitur untuk mengarsipkan dan senyapkan obrolan baru, yang akan membuat tampilan obrolan menjadi lebih rapi.

Foto profil beranimasi

Video profil pelanggan Premium akan terlihat bergerak bagi semua pengguna aplikasi, termasuk dalam obrolan dan daftar obrolan.

 

4 dari 4 halaman

Lambang Premium dan Bebas Iklan

Lambang Premium

Semua pengguna premium juga akan mendapatkan emblem khusus bergambar bintang, yang muncul di sebelah nama mereka pada daftar obrolan, header obrolan, dan daftar anggota di grup.

Menurut perusahaan, hal ini karena mereka "telah memberikan dukungan untuk Telegram dan menjadi bagian dari kelompok pertama yang mendapatkan fitur baru."

Ikon aplikasi Premium

Pelanggan juga akan bisa menambahkan ikon aplikasi baru ke Layar Beranda atau wallpaper sesuai selera mereka.

Tanpa iklan

Di beberapa negara, Pesan Sponsor akan ditampilkan dalam channel publik yang besar. Menurut Telegram, iklan ini membantu menutup biaya pengoperasian. Meski begitu, pelanggan Premium tidak akan mendapatkan iklan semacam ini.

"Dengan berlangganan Telegram Premium, Anda membantu menutup biaya yang dikeluarkan Telegram untuk menyediakan fitur-fitur premium ini dan juga mendukung versi gratis Telegram bagi semuanya."

(Dio/Isk)