Sukses

China Akan Bangun Bendungan Raksasa Setinggi 180 Meter di Tibet Pakai Printer 3D

China berencana untuk membangun bendungan raksasa di Tibet menggunakan mesin cetak 3D (printer 3D) dengan desain bertenaga AI dan tanpa pekerja manusia.

Liputan6.com, Jakarta - China berencana untuk membangun bendungan raksasa di Tibet menggunakan mesin cetak 3D (printer 3D) dengan desain bertenaga AI dan tanpa pekerja manusia.

Mengutip laman Engadget, Senin (13/6/2022), bendungan setinggi 180 meter itu diklaim mampu menghasilkan 5 miliar kWh listrik per tahun.

Proyek ini berawal dari laboratorium hidrosains dan teknik di Universitas Tsinghua 10 tahun lalu, dengan gagasan keseluruhan untuk membangun printer 3D terbesar di dunia secara efektif. Itu akan berkali-kali lebih besar dari apa yang kita gunakan untuk mencetak rumah 3D.

Seperti halnya percetakan 3D kelas konsumen, bendungan besar ini akan dibangun dalam satu irisan (lapisan) pada satu waktu dengan cara yang sangat tepat dan sistematis.

Meskipun China mengesampingkan pekerja manusia, menggunakan robot yang dikemudikan oleh AI dinilai akan lebih menantang daripada yang terlihat. Secara teori, robot memang bisa bekerja lebih cepat dan tepat bahkan dalam kondisi berbahaya.

Medan dan kondisi cuaca mungkin akan menjadi tantangan terberat, sehingga situasi apa pun yang tidak dapat ditangani oleh robot harus dilakukan oleh manusia.

Proyek bendungan ini ditargetkan akan selesai pada 2024, dan akan sangat mengesankan jika bisa rampung sesuai deadline yang ditentukan.

Pencetakan 3D dengan cepat merevolusi cara pembuatannya. Terkadang, dengan bahan berteknologi tinggi dan detail kecil, sekarang bisa membangun sesuatu yang sangat besar dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kabar Baik, Ilmuwan Bikin Jantung Buatan yang Fungsional dengan Printer 3D

Belakangan ini para peneliti merancang jantung buatan yang dicetak menggunakan peinter 3D dengan bahan silikon dan sel pasien. Akan tetapi, fungsionalitasnya belum menyamai jantung asli sehingga tidak bisa diaplikasikan.

Namun, ada kabar baik, di mana sebuah tim pemeliti di Institut Wyss, Universitas Harvard, telah mengembangkan teknik untuk pencetakan 3D makrofilamen jantung panjang yang berkembang menjadi filamen mirip otot yang berkontraksi.

Metode baru ini meniru penyelarasan kompleks elemen jantung yang berkontraksi (sejauh ini sulit) sambil memproduksi jaringan yang cukup tebal untuk digunakan dalam perawatan jantung regeneratif. Demikian sebagaimana dilansir Engadget, Jumat (10/6/2022).

Sistem ini merupakan penyempurnaan dari teknologi bioprinting SWIFT (Sacrificial Writing in Functional Tissue) dari Wyss yang sudah ada. Pendekatan mereka menciptakan platform dengan 1.050 'sumur', masing-masing dengan dua pilar mikroskopis.

Para ilmuwan mengisi 'sumur' dengan sel induk berpotensi majemuk yang diinduksi manusia (yaitu, sel muda yang mampu berkembang menjadi berbagai bentuk) serta protein kolagen dan sel yang digunakan untuk membentuk jaringan ikat.

Kombinasi itu membentuk jaringan padat, sejajar sepanjang sumbu yang menghubungkan mikropilar. Tim ilmuwan kemudian mengangkat blok bangunan organ yang dihasilkan dari pilar, menggunakannya untuk membuat tinta bioprinting dan memanfaatkan gerakan kepala printer 3D untuk membantu penyelarasan.

Pengambangan ini hanya sebagian kecil dari jantung. Sementara teknologi menghasilkan output yang relatif tinggi, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan sebelum jantung organik cetak 3D dapat berfungsi secara penuh tersedia.

Kelompok peneliti percaya pekerjaan mereka masih berguna jauh sebelum mencapai tonggak sejarah. Filamen yang dicetak 3D dapat digunakan untuk menggantikan bekas luka setelah serangan jantung, atau untuk membuat model yang lebih baik.

Mereka bahkan mungkin menambal lubang pada bayi baru lahir dengan cacat jantung bawaan, dan akan tumbuh bersama pasien anak itu. Sederhananya, jantung yang rusak mungkin bukan masalah permanen seperti yang saat ini terjadi.

3 dari 5 halaman

Ahli: Mengurangi Waktu Menonton TV Dapat Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Di sisi lain, satu dari 10 kasus penyakit jantung dapat dicegah jika orang mengurangi jumlah waktu yang mereka habiskan di depan TV, demikian menurut penelitian.

Pakar Universitas Cambridge mengatakan duduk-duduk setelah makan malam yang besar - dan ngemil di depan TV - semuanya meningkatkan risiko kesehatan yang buruk.

Mereka menyarankan bahwa lebih dari satu dari 10 kasus penyakit jantung koroner dapat dicegah jika orang menonton TV kurang dari satu jam sehari. Tetapi jika itu tidak memungkinkan, mereka mengatakan untuk membuang keripik dan cokelat.

Studi yang dipublikasikan di jurnal BMC Medicine, menggunakan data dari studi UK Biobank pada 373.026 orang dan menghitung bahwa 11% kasus penyakit jantung koroner dapat dicegah jika orang menonton TV kurang dari satu jam setiap hari.

Temuan selama 13 tahun tindak lanjut menunjukkan bahwa, dibandingkan dengan menonton TV lebih dari empat jam sehari, ada kemungkinan 16% lebih rendah terkena penyakit jantung koroner jika orang menonton kurang dari satu jam sehari.

Bagi mereka yang menonton TV dua hingga tiga jam sehari, ada risiko 6% lebih rendah terkena kondisi tersebut dibandingkan dengan menonton lebih dari empat jam.

Penulis Dr Youngwon Kim berkata: “Selain mengurangi jumlah waktu sebenarnya Anda duduk menonton TV, ada tindakan lain yang mungkin Anda ambil, seperti menghentikan menonton TV dan melakukan olahraga ringan di antaranya.

“Anda juga bisa mencoba menghindari ngemil, terutama makanan berkalori tinggi seperti keripik dan cokelat.

“Semua tindakan ini dapat membantu mengelola risiko Anda terkena penyakit jantung koroner dengan lebih baik.”

4 dari 5 halaman

Penyebab Kematian Utama

Penyakit jantung koroner adalah salah satu penyebab utama kematian di Inggris, bertanggung jawab atas sekitar 64.000 kematian setiap tahun.

Gejala yang paling umum adalah nyeri dada dan sesak napas. Ini meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Studi tersebut menemukan bahwa menghabiskan waktu luang di depan komputer tampaknya tidak mempengaruhi risiko penyakit.

Tim menyarankan kemungkinan alasan untuk ini, termasuk bahwa menonton TV cenderung terjadi pada malam hari setelah makan malam, sering kali merupakan makanan berkalori tertinggi pada hari itu, yang mengarah ke tingkat lemak dan kolesterol yang lebih tinggi dalam darah.

Orang juga mungkin lebih banyak ngemil di depan TV daripada saat menggunakan komputer, sementara menonton TV cenderung lebih lama. Orang yang menggunakan komputer mungkin lebih mungkin untuk menghentikan aktivitas mereka, kata mereka.

Perawat jantung senior Chloe MacArthur mengatakan: “Sebagian besar dari kita menonton TV sambil duduk, dan kita tahu dari penelitian selama beberapa dekade bahwa menjalani gaya hidup yang tidak banyak bergerak dapat menyebabkan masalah kesehatan di kemudian hari, termasuk peningkatan risiko penyakit jantung koroner.

5 dari 5 halaman

Infografis Penemuan Jasad Eril Anak Ridwan Kamil di Bendungan Sungai Aare Swiss. (Liputan6.com/Trieyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.