Sukses

Pemprov Jabar Gelar Doa Bersama untuk Keselamatan Anak Ridwan Kamil

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) mengumumkan bakal menggelar doa bersama untuk meminta pertolongan kepada Tuhan, agar putra sulung Gubernur Jabar Ridwan Kamil segera ditemukan.

Pengumuman ini disampaikan Pemprov Jabar melalui akun media sosial resmi mereka, salah satunya di twitter @jabarprovgoid pada Jumat (27/5/2022).

"Doa bersama! Memohon pertolongan Allah SWT., agar Emmeril Khan Mumtadz (putra sulung Kang Emil @ridwankamil) segera ditemukan dalam keadaan sehat wal afiat 🙏" tulis akun Pemprov Jabar.

Adapun, doa bersama bakal digelar pada pukul 12.15 WIB dan rencananya dipusatkan di Masjid Al-Mutaqqin Gedung Sate. Masyarakat juga dapat bergabung secara virtual melalui siaran langsung di kanal YouTube Humas Jabar.

Anak Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz dikabarkan hilang saat berenang di sungai Aaree, Swiss. Berdasarkan laporan keluarga, pria yang biasa dipanggil Eril itu menghilang pada Kamis 26 Mei 2022 siang waktu setempat.

Perwakilan keluarga Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman mengungkap, keluarga saat itu sedang berada di Swiss untuk mencari sekolah untuk Eril yang akan melanjutkan ke jenjang S2.

Saat kejadian, Ridwan Kamil sedang berada di Inggris dalam kegiatan pemerintahan di luar negeri bersama delegasi dari Pemprov Jawa Barat.

"Kronologisnya Eril berenang di sungai Aaree, Bern bersama adik dan kawannya. Saat ingin naik ke permukaan, Eril terseret arus sungai yang cukup deras yang sebelumnya sempat mendapat bantuan dari kawannya."

"Kejadian tersebut terjadi pada tanggal 26 Mei 2022 siang hari waktu Swiss dengan kondisi cuaca cerah," kata pihak keluarga Ridwan Kamil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Keluarga Minta Doa

Menurut keluarga, Ridwan Kamil langsung menyusul ke Swiss setelah menerima kabar musibah tersebut dan saat ini telah bertemu dengan keluarga di sana.

"Kami berterima kasih atas perhatian dan bantuan dari pihak kedutaan besar Indonesia di Swiss maupun kepolisian setempat yang terus berupaya mencari keberadaan Emmeril Khan Mumtadz," katanya.

"Kami mohon doa agar Eril dapat segera ditemukan dalam keadaan selamat dan baik. Dapat berkumpul kembali bersama keluarga dalam keadaan sehat wal afiat."

Sementara itu, terkait kabar ditemukannya anak Ridwan Kamil sudah ditemukan dan selamat. Pihak Kementerian Luar Negeri dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bern masih belum bisa memastikan.

"Belum bisa dikonfirmasi saat ini," ujar Direktur Perlindunan WNI Kemlu RI Judha Nugraha kepada Liputan6.com, Jumat (27/5/2022).

 

3 dari 3 halaman

Pencarian Masih Dilaksanakan

Update terbaru adalah juru bicara Kemlu RI Teuku Faizasyah, pencarian Eril masih akan terus dilaksanakan pada hari Jumat ini. "KBRI Bern telah berkoordinasi dengan Kepolisian setempat untuk proses pencarian."

"Upaya pencarian langsung dilakukan pada tanggal 26 Mei dengan menyusuri Sungai Aare dan akan terus dilanjutkan pada hari ini, 27 Mei 2022," ujar Faiza.

Emmeril Kahn Mumtadz adalah putra pertama Ridwan Kamil dan Atalia Praratya Kamil. Ia lahir di New York, 25 Juni 1999.

Kala itu, Emil tengah menempuh pendidikan S2 di Negeri Paman Sam. Eril memiliki dua adik: Camillia Laetitia Azzahra dan Arkana Aidan Misbach.

Eril, sapaan akrabnya, di Swis tengah menyiapkan diri menempuh pendidikan S2. Dirinya sudah lebih dulu berstatus sebagai mahasiswa Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung (ITB).

Di salah satu unggahan di akun Instagram-nya, beberapa waktu lalu, ia terlihat berbagi foto memakai almamater kampusnya.

Unggahan yang dimaksud mengungkap Emil sebagai salah satu mahasiswa dari fakultas tersebut dan tengah jadi panitia di sebuah acara kampus.

(Dio/Ysl)