Sukses

Xiaomi Ungkap Redmi Note 11T Pro dan Pro Plus, Berapa Harganya?

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi akhirnya mengungkap lini smartphone terbarunya, yakni Redmi Note 11T Pro dan Redmi Note 11T Pro Plus.

Tampil sebagai keluarga terbaru di lini Redmi, seperti apa spesifikasi dan harga Redmi Note 11T Pro dan Redmi Note 11T Pro Plus?

Kedua seri Redmi Note 11T ini tampil dengan layar panel LCD 6,6 inci beresolusi FullHD+ dan sudah mendukung refresh rate hingga 144Hz.

Redmi Note 11T Pro dan Redmi Note 11T Pro Plus juga sama-sama menggunakan chipset MediaTek Dimensity 8100.

Xiaomi menawarkan pilihan RAM 6GB dan 8GB, dengan memori internal sebesar 128GB, 256GB, dan 512GB.

Perusahaan asal Tiongkok itu juga sudah menyertakan kamera utama 64MP, disandingkan dengan lensa ultra-wide 8MP dan makro 2MP.

Tak hanya itu, perusahaan juga mengadopsi desain punch hole di bagian atas layar dengan kamera selfie 16MP.

Agar dapat bertahan lama saat dipakai seharian, Xiaomi sudah memasang baterai berkapasitas 5.080mAh di Redmi Note 11T Pro Plus.

Sedangkan untuk Redmi Note 11T Pro, perusahaan hanya menyematkan baterai 4.400mAh. Kedua ponsel sudah mendukung kemampuan fast charging 120W.

Melengkapi semua hal tersebut, pengguna HP Android ini akan menemukan jack audio 3,5mm, splash resistant (IP53), koneksi 5G, 4G LTE, WiFi6, dan Bluetooth 5.3.

Redmi Note 11T Pro dan Pro Plus hadir dalam varian warna Atomic Silver, Time Blue, dan Midnight Black.

Xiaomi juga menawarkan seri terbatas model Astro Boy untuk Redmi Note 11T Pro Plus

Berikut ini adalah harga Redmi Note 11T Pro Plus dan Redmi Note 11T Pro:

  • Redmi Note 11T Pro 6GB/128GB - USD 255 (Rp 3,7 juta)
  • Redmi Note 11T Pro 8GB/128GB - USD 285 (Rp 4,2 juta)
  • Redmi Note 11T Pro 8GB/256GB - USD 315 (Rp 4,6 juta)
  • Redmi Note 11T Pro+ 8GB/128GB - USD 300 (Rp 4,4 juta)
  • Redmi Note 11T Pro+ 8GB/256GB - USD 330 (Rp 4,8 juta)
  • Redmi Note 11T Pro+ 8GB/512GB - USD 360 (Rp 5,3 juta)
  • Redmi Note 11T Pro+ 8GB/512GB Astro Boy Special Edition - USD 375 (Rp 5,5 juta)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Xiaomi dan Leica Umumkan Kerja Sama

Xiaomi dan Leica secara resmi mengumumkan kerja sama mereka untuk smartphone flagship terbaru yang rilis Juli 2022 mendatang (Twitter CEO Xiaomi Lei Jun @leijun)

Di sis lain, Xiaomi secara resmi mengonfirmasi kabar kemitraanya dengan Leica untuk meluncurkan smartphone flagship yang akan meluncur di bulan Juli 2022 mendatang.

Meski begitu, kedua perusahaan belum menyebut smartphone apa yang akan mereka luncurkan dalam kerja sama ini, meski beberapa rumor mengatakan perangkat tersebut adalah Xiaomi 12 Ultra.

CEO Xiaomi, Lei Jun, dalam siaran persnya, seperti dikutip dari GSM Arena, Senin (23/5/2022) mengatakan kedua perusahaan "berbagi ide yang sama mengenai pencitraan seluler."

Lei Jun juga mengatakan, baik Xiaomi dan Leica bersemangat untuk membawa fotografi seluler ke tahap yang berikutnya.

"Xiaomi berfokus untuk menciptakan pengalaman pengguna terbaik, dan selalu berharap untuk mengeksplorasi kemampuan fotografi smartphone secara ekstrem," kata Lei Jun.

Sementara, CEO Leica Camera AG Matthias Harsch mengatakan, adalah sebuah kehormatan bagi mereka untuk bekerja sama secara strategis dalam jangka panjang dengan Xiaomi.

3 dari 4 halaman

Fokus di Kemampuan Kamera?

Xiaomi 12, 12 Pro, dan 12X resmi diumumkan. (Doc: Xiaomi)

Menurut Harsch, ini adalah "proses kerja sama mendalam yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Harsch menambahkan, Leica dan Xiaomi meyakini perangkat pencitraan smartphone flagship pertama yang mereka kembangkan, akan menjadi kemajuan paling depan di dua perusahaan menjadi terlihat.

Harsch juga menjanjikan "kualitas gambar yang luar biasa, estetika Leica klasik" dan "kreativitas tanpa batas."

Di industri smartphone, kemitraan Leica yang paling terkenal adalah dengan Huawei. Namun seperti diketahui, produsen asal Tiongkok itu masih terdampak berbagai larangan pemerintah Amerika Serikat. 

Sebelumnya, mengutip Gizchina, Rabu (30/3/2022), debut Leica di smartphone Xiaomi disebut-sebut akan dimulai pada flagship Xiaomi 12 Ultra.

Berdasarkan laporan, kerja sama antara kedua belah pihak hampir selesai. Baru hari ini, laman xiaomiui.net mengungkap jejak Leica di source code album MIUI.

Nah, filter Leica muncul di source code album MIUI tersebut. Itu artinya, Xiaomi dan Leica kini telah mengembangkan kerja sama strategis.

Menurut laporan yang sama, album MIUI akan hadir dengan filter-filter dari Leica. Dengan filter-filter tersebut, pengguna bisa secara bebas mengambil foto dengan "cita rasa" pabrikan kamera asal Jerman tersebut.

Laporan lainnya mengungkap berbagai spekulasi, bahwa Xiaomi 12 Ultra dengan cita rasa Leica akan debut pada kuartal 2 2022. Smartphone tersebut menggunakan algoritma pencitraan Leica

4 dari 4 halaman

Perekaman 8K

Bocoran gambar render casing Xiaomi 12 Ultra. (Doc: Gizmochina)

Kamera Xiaomi 12 Ultra digadang-gadang juga akan didukung perekaman video 8K dengan filter dari Leica, filter warna natural Leica, filter hitam dan putih, dan lain-lain.

Tidak hanya itu, menurut informasi yang sama, smartphone flagship Xiaomi ini akan didukung tiga kamera utama. Ketiga kamera ini adalah dengan resolusi super besar, kamera wide-angle, dan kamera telefoto periskop.

Disebut-sebut, ketiga lensa atau setidaknya salah satunya akan mendukung penggunaan teknologi Optical Image Stabilization (OIS). Sebelumnya, generasi flagship Xiaomi Mi 11 Ultra sempat mendominasi daftar DxOMark.

Kini dengan kerja sama bersama Leica, pencitraan di kamera Xiaomi pun akan meningkat ke level lebih tinggi. Ada kemungkinan hasil kamera Xiaomi 12 Ultra akan mendominasi rating DxOMark.

(Ysl/Tin)