Sukses

Microsoft Bakal Rilis Perangkat Streaming Game Khusus TV

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft dilaporkan akan menghadirkan produk terbaru untuk mendukung layanan Xbox Cloud Gaming miliiknya. Seperti diketahui, Xbox Cloud Gaming merupakan layanan streaming game berbasis cloud

Lewat layanan ini, pengguna dapat melakukan streaming dan bermain game secara langsung di perangkat yang diinginkan, baik di mobile maupun PC. Layanan yang diperkenalkan tahun lalu ini merupakan bagian Xbox Game Pass.

Lalu menurut laporan terbaru, seperti dikutip dari Venture Beat, Minggu (8/5/2022), Microsoft berencana untuk memperluas jangkauan Xbox Cloud Gaming. Tidak hanya diakses melalui perangkat mobile atau PC, perusahaan dilaporkan berencana menghadirkan layanan ini ke TV pengguna.

Oleh sebab itu, Microsoft disebut berencana merilis perangkat streaming untuk layanan Xbox Cloud Gaming dalam jangka waktu sekitar 12 bulan ke depan. Belum diketahui seperti apa bentuk perangkat ini, tapi kemungkinan akan mirip dengan dongle TV pintar yang ada di pasaran saat ini.

Dengan kata lain, perangkat ini tinggal dihubungkan ke TV agar pengguna bisa mengakses layanan Xbox Cloud Gaming melalui TV miliknya. Lalu, pengguna dapat mengaksesnya sebagai bagian dari paket berlangganan Xbox Game Pass Ultimate.

Selain perangkat tersendiri, Microsoft juga dilaporkan tengah bekerja sama dengan Samsung untuk mengembangkan aplikasi streaming khusus game Xbox di smart TV besutan perusahaan asal Korea Selatan tersebut. Rencananya, aplikasi ini akan debut dalam waktu 12 bulan ke depan.

Langkah Microsoft ini tidak mengagetkan, karena perusahaan diketahui akan memperluas jangkauan Xbox ke lebih banyak orang. Karenanya, perusahaan terus berupaya mengembangkan layanan tersebut, termasuk dengan merilis perangkat khusus.

Di sisi lain, Xbox Cloud Gaming sendiri masih terbatas untuk pelanggan Xbox Game Pass Ultimate di 22 negara. Microsoft menyebut layanan ini sudah memiliki lebih dari 100 judul game yang dapat dimainkan pelanggannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Trek to Yomi hingga Sniper Elite 5 Masuk Daftar Xbox Game Pass Mei 2022

Di sisi lain, Xbox baru saja mengumumkan deretan game yang akan tampil di Xbox Game Pass Mei 2022. Bulan ini, gamer Xbox dan PC akan kedapatan 3 judul game rilis perdana atau day one. Apa saja?

Ketiga game yang rilis perdana di konsol dan PC, adalah Trek to Yomi, Sniper Elit 5, dan Hardscape: Shipbreaker.

Selain ketiga game tersebut, Xbox juga menyertakan judul-judul seperti Loot River, NHL 22, Danganronpa 2, Floppy Knights, dan masih banyak lagi.

Informasi, ini hanyalah dafta judul game awal Xbox Game Pass di bulan main. Beberapa minggu mendatang akan diungkap judul lainnya.

Dari sekian judul game yang muncul bulan ini, Trek to Yomi adalah salah satu yang paling ditunggu kehadirannya.

Dilansir IGN, Kamis (5/5/2022), Trek to Yomi adalah game sinematik action-adventure terinspirasi dari kreator film asal Jepang, yaitu Akira Kurosawa.

Game ini dapat diunduh dari Xbox Game Pass ke konsol dan PC mulai 5 Mei 2022.

Berikut ini adalah daftar lengkap judul game batch pertama yang hadir di Xbox Game Pass Mei 2022.

  • Loot River — Tersedia saat ini
  • Citizen Sleeper — 5 Mei
  • Trek to Yomi — 5 Mei
  • Danganronpa 2: Goodbye Despair Anniversary Edition — 10 Mei
  • Eiyuden Chronicle: Rising — 10 Mei
  • This War Of Mine: Final Cut — 10 Mei
  • NHL 22 (EA Play) — 12 Mei
  • Floppy Knights — 24 Mei
  • Hardspace: Shipbreaker — 24 Mei
  • Sniper Elite 5 — 26 Mei
  • Pac-Man Museum+ — 27 Mei
3 dari 5 halaman

Alasan Kenapa Baru Rilis PC Game Pass di Indonesia

4 dari 5 halaman

Dinanti Pemain PC di Indonesia

Jeremy mengatakan, Xbox memang sudah lama berencana untuk merilis PC Game Pass di Indonesia tetapi saat itu fokus untuk menghadirkan pengalaman terbaik layanan ini ke player di Tanah Air.

"Kami mendengarkan feedback dari player dan tidak ingin meluncurkan layanan yang belum siap, karena itu butuh waktu yang lama."

Jeremy mengakui, banyak player yang menanyakan kapan PC Game Pass hadir di negara mereka. "Kini dengan bangga kami menjawab itu dengan peluncuran layanan hari ini."

Sayangnya, Jeremy masih sungkan mengungkap kapan layanan Xbox Game Pass akan secara resmi masuk ke Indonesia. "Ditunggu saja kabar selanjutnya, kita fokus di PC dulu," ucapnya.

Jeremy juga mengungkap ada sedikit perbedaan dalam judul-judul game bagi gamer konsol dan PC yang berlangganan Game Pass milik Mirosoft ini.

"Ada perbedaan kok dengan game Xbox dan PC. Beberapa judul game memang di-optimize untuk multiplatform, seperti konsol Xbox, PC Windows, dan cloud. Tetapi ada juga yang hanya untuk konsol atau PC Windows saja," tutur Jeremy. 

PC Game Pass pertama kali diluncurkan pada tahun 2019 dan mencakup game seperti Minecraft, Forza Horizon 5, Age of Empires IV, Sea of Thieves dan Microsoft Flight Simulator, dan sebagainya.

Ini juga meliputi game Xbox Game Studios baru sejak hari pertama seperti Halo Infinite, dari waralaba Fallout dan The Elder Scrolls dari Bethesda Softworks, gim independen, dan blockbuster.

(Dam/Isk)

5 dari 5 halaman

Infografis Dampak Bermain Game Berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)