Sukses

5 Aksesoris Pendamping Smartphone untuk Temani Perjalanan Mudik Lebaran

Liputan6.com, Jakarta - Pada Ramadhan tahun ini, masyarakat Indonesia kembali bisa melakukan tradisi mudik, setelah dua tahun terakhir dilakukan pembatasan mobilitas karena kondisi pandemi. Bahkan, dalam beberapa hari terakhir dilaporkan mulai muncul kepadatan di sejumlah titik.

Mudik Lebaran sendiri identik dengan waktu tempuh yang cukup panjang, terutama mereka yang menggunakan transportasi darat atau laut. Karenanya, persiapan menjelang mudik menjadi salah satu hal penting yang tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Nah, salah satu persiapan juga yang perlu dipikirkan adalah aksesoris pendamping smartphone. Sebab, smartphone kini sudah menjadi perangkat umum yang menemani aktivitas masyarakat, baik untuk produktivitas hingga hiburan.

Dalam melakukan perjalanan mudik, smartphone pun hampir pasti menjadi perangkat penting untuk menemani perjalananmu, sehingga kehadiran gadget pendukung bisa menjadi langkah untuk mengoptimalkan penggunaan smartphone.

Lantas, apa saja aksesoris smartphone yang perlu kamu persiapkan untuk menemani mudik tahun ini? Simak daftarnya berikut seperti yang sudah dirangkum Tekno Liputan6.com.

Earphone Nirkabel/Kabel

Konsumsi konten melalui smartphone dalam beberapa tahun terakhir terbilang meningkat drastis. Nah, gadget pendukung untuk bisa mengoptimalkan pengalaman ersebut adalah memakai earphone, baik kabel atau nirkabel.

Saat ini, tipe yang juga cukup populer adalah TWS (True Wireless Stereo) dan dikenal memiliki variasi harga yang beragam. Untuk itu, aksesoris ini bisa menjadi salah satu pendamping utama agar kamu tetap bisa menikmati perjalanan sambil mendengar lagu atau podcast, bahkan menonton film.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Aksesoris Lain

Powerbank

Gadget lain yang tidak kalah penting menenami mudik saat ini adalah powerbank. Meski beberapa penyedia transportasi publik sudah menyediakan stop kontak di perjalanan, powerbank tetap menjadi opsi yang perlu dipertimbangkan.

Alasannya, powerbank tetap bisa berguna pula saat kamu tengah melakukan perjalanan saat mengunjung kerabat di kampung halaman. Namun yang perlu diingat, kamu harus selalu memastikan powerbank memiliki daya yang cukup untuk bisa digunakan.

Adapter Car Charger

Sementara bagi mereka yang menggunakan mobil untuk perjalanan mudik tahun ini, selain powerbank, kamu juga perlu menyiapkan adapter car charger. Fungsinya memang sama seperti powerbank, tapi bisa aksesoris ini bisa membantu untuk mereka yang mengandalkan smartphone dalam perjalanannya.

Apabila terhubung dengan car charger, smartphone tetap bisa diakses di dashboard, sehingga memudahkan mereka yang memanfaatkannya untuk navigasi atau sekadar mengakses informasi seputar perjalanan. Namun untuk ini, kamu juga perlu menyiapkan holder, sehingga smartphone lebih mudah diakses.

 

3 dari 3 halaman

Aksesoris Lain

Mobile WiFi

Aksesoris lain yang juga kami rekomendasikan adalah mobile WiFi atau lebih dikenal sebagai MiFi. Sebab, aksesoris ini dapat membantu kamu mengakses internet selama perjalanan, tanpa mengandalkan koneksi seluler dari smartphone.

Dengan cara ini, setidaknya kamu bisa sedikit menghemat pemakaian baterai. Selain itu, kamu juga bisa membagikan akses internet di MiFi dengan orang lain yang melakukan perjalanan bersama-sama.

Smart Tag

Terakhir, kami menyarankan penggunaan smart tag untuk membantu kamu memastikan dan melacak barang-barang bawaan. Terlebih, jika kamu menggunakan transportasi publik.

Dengan memanfaatkan smart tag, kamu bisa memantau barang bawaanmu selalu ada di tempatnya. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk menandai barang-barang penting yang mungkin kerap sulit dicari.

(Dam/Ysl)