Sukses

Inbox Penuh, Ini Cara Hapus Email di Gmail Sekaligus

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah kamu mengalami inbox Gmail terlalu banyak pesan dan selalu muncul notifikasi kapasitas hampir penuh?

Kotak pesan yang penuh bisa membuat email jadi terhambat masuk ke inbox. Hal ini pada gilirannya bisa menghambat berbagai pekerjaan atau aktivitas yang sedang dikerjakan.

Jika berada pada kondisi ini, penting untuk mengetahui cara menghapus email dalam jumlah banyak secara sekaligus.

Hal ini pun akan membantu kamu untuk memaksimalkan ruang penyimpanan, dengan menghilangkan email-email lawas, spam, dan pembicaraan yang sudah tidak perlu disimpan.

Berikut adalah cara hapus email sekaligus di Gmail, seperti dikutip dari Digital Trends, Senin (31/1/2022).

1. Cara pertama, buka Gmail di web browser dan masuk ke akun Google kamu.

2. Pada bagian atas, di sebelah kiri tombol refresh, kamu akan melihat kotak dengan panah di sebelahnya. Klik pada kotak untuk memilih 'semua email.'

Namun, mengeklik kotak hanya akan memilih semua email dari satu halaman Gmail yang sedang dibuka.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Cara Selanjutnya

Untuk menghapus semua email secara massal, klik opsi yang menyebut "Pilih semua percakapan di (kotak masuk) Utama seluruhnya." Dari sini, kamu akan menemukan opsi di bilah yang ada di bawah kotak pilihan.

3. Langkah terakhir, setelah klik opsi tersebut, klik pada ikon tempat sampah. Ikon tempat sampah terletak di bilah yang sama dengan kotak pilihan dan ikon refresh.

3 dari 4 halaman

Hapus Berdasarkan Rentang Tanggal

Selain cara di atas, Gmail juga memiliki opsi untuk menghapus email sekaligus berdasarkan rentang tanggal. Dengan fitur ini, pengguna bisa memilih dua tanggal dan menghapus seluruh email di periode waktu yang dipilih tersebut.

1. Pilih kotak pencarian Gmail di bagian atas halaman dan masukkan rentang tanggal yang diinginkan.

2. Pengguna bisa menggunakan pencarian advanced operator "before:" dan "after:" dengan tanggal yang dimaksukkan dalam format Tahun/Bulan/Tanggal.

Jadi, jika kamu ingin menghapus email antara 1 Mei dan 1 Desember, masukkan "before: 2021/5/1 after 2021/12/1".

3. Pilih semua email menggunakan kotak centang dan tekan tombol hapus atau pilih ikon tempat sampah untuk menghapusnya.

Untuk menghapus lebih dari 50 yang ditampilkan di halaman pertama, klik opsi "Pilih semua percakapan di Utama". Pengguna akan menemukan opsi ini di bilah tepat di bawah kotak pilihan.

(Tin/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang Google