Sukses

3 Aplikasi Pilihan untuk Bikin Memoji di Perangkat Android

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna perangkat Apple pasti sudah tidak asing dengan fitur Memoji. Sebab, Memoji merupakan fitur bawaan yang bisa ditemukan di iPhone.

Lewat Memoji, pengguna bisa membuat animasi emoji yang bergerak dari karakter sendiri. Tidak hanya itu, pengguna juga bisa melakukan personalisasi pada Memoji tersebut.

Sama seperti emoji, Memoji juga dapat dikirimkan melalui iMessage ke pengguna lain. Menurut Apple, fitur ini memanfatkan kamera True Depth iPhone untuk membaca ekspresi dan pergerakan mulut pengguna.

Mengingat fitur ini dikembangkan oleh Apple, kehadirannya pun terbilang eksklusif hanya ada di perangkat iOS. Namun perangkat Android bukannya tidak bisa membuat Memoji seperti yang ada di perangkat Apple.

Mengutip informasi di Make Use Of, Sabtu (29/1/2022), ada tiga aplikasi yang memungkinkan pengguna perangkat Android membuat Memoji Android sendiri. Apa saja aplikasi tersebut? cek daftar aplikasinya berikut ini.

1. Bitmoji

Bitmoji digunakan pada percakapan di Snapchat (liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Nama Bitmoji mungkin sudah cukup familiar bagi mereka pengguna Snapchat, karena dua aplikasi ini dimiliki perusahaan yang sama.

Sama seperti di Snapchat, Bitmoji memungkinkan pengguna membuat avatar dengan ukuran satu badan penuh.

Untuk membuat Bitmoji, pengguna bisa memindai wajahnya untuk menghasilkan avatar secara otomatis. Namun pengguna juga dapat membuat karakter yang mirip dengan dirinya dari awal.

Setelahnya, pengguna bisa memilih pakaian dan aksesoris lain sesuai keinginan. Menariknya, Bitmoji bisa muncul di tab Sticker pada keyboard Gboard, sehingga pengguna dapat mengaksesnya secara lebih mudah.

2 dari 4 halaman

2. Samsung AR Emoji

Sesuai namanya, fitur ini hadir untuk perangkat Samsung Galaxy. Namun fitur ini memang tidak tersedia di seluruh perangkat, melainkan di lini Galaxy S atau perangkat flagship Samsung.

Cara membuat AR Emoji sedikit berbeda tergantung kebaruan tipe perangkat yang digunakan. Kendati demikian, baik perangkat lama atau baru, akses ke fitur ini dilakukan melalui aplikasi kamera.

Saat dikirimkan melalui aplikasi olah pesan, AR Emoji akan ditampilkan sebagai animasi GIF. Apabila menggunakan aplikasi yang tidak mendukung animasi GIF, emoji ini akan hadir sebagai gambar tidak bergerak.

3 dari 4 halaman

3. Face Cam

Berbeda dari dua aplikasi sebelumnya, Face Cam mengharuskan pengguna membuat avatar dirinya sendiri dari awal. Jadi, kamu tidak bisa membuat avatar berdasarkan hasil pemindaian wajah.

Untuk itu, kamu perlu mendesain sendiri desain avatar dirimu, mulai dari rambut, bentuk mata, hingga warna kulit. Namun setelah avatar itu dibuat, aplikasi ini akan berfungsi sebagai kamera.

Nantinya, Face Cam akan menampilkan hasil avatar wajah buatanmu, tidak seluruh badan. Setelahnya, avatar mirip emoji besar itu mengikuti gerak dan mimik wajahmu.

Selain mengambil foto langsung melalui Face Cam, kamu juga bisa menggunakannya untuk foto yang ada di galeri. Setelah mengambil foto dengan emoji hasil Face Cam, kamu dapat menyimpan dan mengirimkannya ke orang lain.

(Dam/Isk)

4 dari 4 halaman

Durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara