Sukses

XL Axiata Gandeng Cisco, Terapkan Teknologi Baru di Jaringan 4G

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata menggandeng Cisco dalam menerapkan teknologi baru pada jaringan 4G-nya. Adapun teknologi yang akan dimanfaatkan adalah Cisco Ultra Traffic Optimization (CUTO).

Sebelumnya pada pertengahan 2021, XL Axiata dan Cisco telah melakukan uji coba solusi CUTO. Terbukti meningkatkan efisiensi kapasitas jaringan radio, XL Axiata dan Cisco mengimplementasikan CUTO pada akhir 2021 di sejumlah area dengan trafik data tinggi.

XL Axiata pun berencana memperluas adopsi teknologi CUTO di jaringan 4G-nya di tahun 2022 ini.

Direktur sekaligus Chief Technology Officer XL Axiata, I gede Darmayusa, mengatakan, teknologi CUTO ini pertama kali diimplementasikan pada jaringan 4G di Indonesia.

"CUTO membantu meningkatkan efisiensi kapasitas jaringan, sehingga infrastruktur jaringan seluler kami semakin baik. Dengan CUTO, XL Axiata dapat memberikan layanan data berkualitas tinggi kepada pelanggan di mana pun mereka berada," kata Gede, dikutip dari keterangan resmi XL Axiata, Senin (17/1/2022).

Ia mengatakan, CUTO menjadi solusi Cisco yang tepat diimplementasikan di jaringan XL Axiata seiring pertumbuhan trafik data pelanggan.

Dengan teknologi ini, XL Axiata meyakini dapat memberikan throughput dan pengalaman internet lebih baik bagi pelanggan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Peningkatkan Throughput hingga 17 Persen

Data internal XL Axiata menyebut, throughput pengguna layanannya meningkat sekitar 17 persen setelah diterapkannya teknologi ini.

President, Service Provider, Asia Pasific and Japan Cisco Sanjay Kaul mengatakan, XL Axiata terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan zaman dan teknologi terbaru.

Ia berharap, dengan kolaborasi ini, kedua pihak bisa menangkap peluang pertumbuhan di pasar data yang tengah berkembang di Indonesia. Dengan teknologi Cisco, ia berharap bisa menghubungkan jutaan masyarakat Indonesia dengan internet dan layanan seluler berkualitas.

3 dari 4 halaman

Andalkan Kecerdasan Buatan dan Machine Learning

Sekadar informasi, CUTO adalah fitur otomatisasi guna meningkatkan efisiensi kapasitas jaringan XL Axiata dengan mengandalkan AI dan machine learning.

Dengan algoritma AI dan ML, CUTO bisa mendeteksi kepadatan jaringan dan mengoptimalkan trafik data, sehingga penggunaan kapasitas jaringan lebih efisien tanpa menurunkan pengalaman pelanggan XL Axiata.

Lewat berbagai fitur CUTO, kapasitas jaringan bisa diperbesar tanpa harus upgrade jaringan, layaknya solusi konvensional.

Sekadar informasi, saat ini XL Axiata memiliki hampir 58 juta pelanggan. Jaringan XL Axiata hadir di 460 kota dan ditopang oleh 153 ribu BTS, di mana 69 ribu di antaranya adalah BTS 4G.

(Tin/Isk)

 

4 dari 4 halaman

Infografis Seputar 5G