Sukses

Jual NFT Lukisan Seniman Braga di OpenSea, Ridwan Kamil: Harganya Naik 8 Kali Lipat

Gubernur Ridwan Kamil juga mengungkapkan Pemprov Jabar telah membuka akun OpenSea untuk membantu pelaku ekonomi kreatif menjual karyanya dalam bentuk NFT.

Liputan6.com, Jakarta - Tren NFT (non-fungible token) tampaknya sedang ramai dibicarakan di Indonesia. Apalagi, usai mencuatnya nama Ghozali Everyday yang sukses menjual foto selfie dirinya dengan harga yang tak murah di OpenSea.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun tampaknya tak mau ketinggalan untuk ikut tren bisnis NFT ini. Ia pun mengajak seorang seniman lukis di jalan Braga untuk menjual karyanya sebagai NFT di platform digital.

Di akun Instagram resminya, dikutip Jumat (14/1/2022), Ridwan Kamil memamerkan foto dirinya dan penjual lukisan tersebut. Ia menyebut, harga lukisan jalanan tersebut terjual delapan kali lipat di bursa digital.

Menurut Ridwan Kamil, mereka berhasil "bereksperimen" menjualkan lukisan pelukis jalanan di Braga, Bandung tersebut.

"Yang biasanya 500 ribu rupiah melonjak 8 kali lipat menjadi 4,2 juta rupiah atau 0,09 ETH di bursa NFT melalui platform @opensea," kata Ridwan Kamil dalam keterangan videonya.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil)

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemprov Buka Akun OpenSea

Mantan Wali Kota Bandung itu mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada 2022 membuka akun khusus di OpenSea untuk membantu menjual karya para pelaku ekonomi kreatif "agar jadi lebih berlipat nilai ekonominya."

"Dunia baru, cara baru untuk kesejahteraan rakyat Indonesia," kata Ridwan Kamil. "AYO HIJRAH DAN BERADAPTASI."

Dalam unggahan videonya, terlihat Ridwan Kamil yang tengah menjelaskan dengan cara yang sederhana tentang NFT, kepada seorang pelukis jalanan.

Kepada seniman tersebut, Ridwan Kamil menjelaskan bahwa NFT sebagai sebuah "pasar seni" di dunia digital.

"NFT teh pasar seni tapi di dunia digital, jadi akang bisa jualan ieu (ini, lukisan) ke Amerika, ke Inggris, kemana-mana, tapi kudu daftar heula jadi anggota," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Sandiaga Uno Juga Komentari NFT

Pejabat lain yang juga memberikan sorotan terhadap NFT adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, yang kemarin mengomentari tentang Ghozali Everyday.

Melalui unggahan pada akun Instagram pribadinya, dia menulis "Dapat cuan dari foto selfie? Bisa banget!".

"Sadar atau tidak, dunia sudah mulai berubah, kini platform digital seperti NFT (Non-Fungible Token) bisa menghasilkan banyak uang,” tulis Sandiaga dalam caption unggahan di akun Instagramnya, Kamis (13/1/2022).

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Sandiaga Salahuddin Uno (@sandiuno)

Selain itu, Sandiaga juga menuturkan, NFT mampu untuk menciptakan lapangan kerja dan berpotensi membangkitkan ekonomi.

"Seperti yang dilakukan Ghazali Everyday, seorang mahasiswa yang iseng menjual 933 foto Selfie dirinya sendiri selama 5 tahun sejak berusia 18-22 tahun dengan pose yang sama di salah satu platform digital."

Sandiaga juga memuji fenomena yang dialami oleh Ghozali karena berhasil menjual fotonya seharga Rp 45.000 dan berhasil mendapat valuasi NFT hingga Rp 13 miliar.

"Yang awalnya per foto dia menjual seharga 45.000, saat ini dihargai belasan juta rupiah bahkan ada satu foto yang dihargai 95 juta, dengan total valuasi NFT-nya bernilai lebih dari 13 miliar rupiah. Luar biasa!"

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.