Sukses

Cara Jual NFT di OpenSea Seperti Ghozali Everyday

Bagi kamu yang tertarik menjual NFT di platform OpenSea, simak langkah-langkahnya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - OpenSea sebagai salah satu marketplace peer-to-peer NFT kini tengah menjadi perhatian publik. Hal itu bukannya tanpa alasan karena ada pemuda asal Indonesia dengan akun Ghozali Everyday yang menjual NFT berupa foto selfie-nya di platform tersebut.

Berdasarkan penelusuran, ada 933 NFT yang seluruhnya foto selfie Ghozali Everyday. Adapun foto selfie tersebut berasal dari lima tahun terakhir, mulai dari 2017 hingga 2021.

Satu foto selfie Ghozali dihargai dengan harga terendah yaitu 0,13 Ethereum atau sekitar Rp 6 juta hingga 0,7 Ethereum atau sekitar Rp 31 juta. Saat ini, volume trade koleksi tersebut sudah bernilai 277 Ethereum atau sekitar Rp 13,3 miliar.

Capaian itu lantas membuat orang penasaran mengenai cara menjual NFT di OpenSea. Untuk itu, Tekno Liputan6.com akan membagikan langkah-langkahnya seperti dikutip dari situs resmi OpenSea, Kamis (13/1/2022).

Namun sebelum itu, pastikan ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan. Pertama, kamu harus sudah memiliki akun OpenSea terlebih dulu. Selain itu, kamu juga harus memiliki Ethereum, crypto wallet seperti MetaMask, dan menghubungkan wallet tersebut ke akun OpenSea.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ikuti Langkah Berikut

Setelah semuanya dipenuhi, kamu tinggal mengikuti cara menjual di NFT berikut ini :

  1. Pilih profil akunmu di OpenSea.io
  2. Lalu pilih NFT yang ingin dijual dari wallet milikmu
  3. Klik opsi Sell pada sisi kanan untuk mulai memasukkan NFT dalam daftar penjualan
  4. Di daftar penjualan, kamu bisa menentukan harga dan tipe penjualan yang ingin dilakukan
  5. Kamu juga bisa mengatur waktu kedaluwarsa penjualan, mulai dari 1 hari, 3 hari, atau menentukan sendiri
  6. Berikutnya, kamu akan menemukan pengaturan dan informasi tambahan, seperti Service Fee dan Creator Royalty
  7. Setelah kamu membaca dan menyetujuinya, pilih Complete Listing dan ikuti langkah selanjutnya
  8. Begitu proses pendaftaran selesai, kamu bisa melihat notifikasinya. Setelah itu, kamu tinggal membagikan informasi penjualan NFT-mu ke orang lain

 

3 dari 5 halaman

Apa Itu OpenSea, Platform Tempat Ghozali Everyday Jual NFT Foto Selfie?

Untuk diketahui, OpenSea adalah salah satu marketplace peer-to-peer untuk NFT. Platform ini dikembangkan oleh Devin Finzer dan Alex Atallah pada 2017.

OpenSea menggunakan protokol Ethereum dengan standar ERC-721 dan ERC-1155. NFT yang ditawarkan platform ini bervariasi, tapi yang paling populer adalah karya seni dari seniman.

"Kami membangun piranti yang memungkinkan konsumen memperdagangkan barang mereka secara bebas, kreator meluncurkan karya digital baru, serta pengembang membangun pasar yang kaya dan terintegrasi untuk barang digital mereka," tulis perusahaan di situs resminya.

Dikutip dari situs resminya, OpenSea kini sudah memiliki lebih dari 600 ribu pengguna. Adapun koleksi yang tersedia di platform startup blockchain ini mencapai lebih dari 2 juta dan lebih dari 80 juta NFT yang tersedia.

 

4 dari 5 halaman

Valuasi OpenSea

Saat ini, valuasi OpenSea diperkirakan mencapai USD 13,3 miliar atau Rp 190 triliun setelah mendapatkan pendanaan baru. Jadi, perusahaan ini baru saja mengumumkan telah mengumpulkan USD 300 juta atau sekitar Rp 4,3 triliun dalam modal ventura terbaru.

Hal tersebut menjadikannya salah satu perusahaan swasta paling berharga di kripto. Demikian dari laporan the New York Times pada Selasa malam, 4 Januari 2022.

Putaran pendanaan yang dipimpin oleh perusahaan investasi Paradigm and Coatue Management, membawa valuasi OpenSea menjadi USD13,3 miliar dalam jangka waktu empat tahun setelah didirikan.

Berdasarkan data yang diberikan perusahaan, OpenSea sebelumnya mengumpulkan lebih dari USD 100 juta atau Rp 1,4 triliun dari sejumlah investor, termasuk perusahaan investasi Andreessen Horowitz dan aktor Ashton Kutcher.

(Dam/Isk)

5 dari 5 halaman

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.