Sukses

Dua Polisi Dipecat karena Asyik Main Pokemon Go Saat Ada Perampokan

Liputan6.com, Jakarta - Dua orang petugas polisi di Los Angeles (LA) diberhentikan karena mencueki laporan perampokan. Keduanya saat itu malah sibuk main Pokemon Go

Dikutip dari The Guardian, Rabu (12/1/2022), dua petugas polisi bernama Louis Lozano dan Eric Mitchell sebelumnya diminta untuk merespons laporan perampokan dengan lebih dari satu tersangka di swalayan Macy di barat daya LA. Namun keduanya tidak menjawab panggilan radio tersebut.

Kemudian, berdasarkan investigasi yang dilakukan, terungkap kalau Lozano dan Mitchell mendengar ada panggilan radio, namun sengaja mencueki panggilan tersebut. Keduanya lebih memilih untuk menangkap karakter Snorlax di Pokemon Go.

Sebuah sistem video di mobil kedua polisi ini mengungkap, Mitchell berhasil menangkap karakter Pokemon Snorlax sebelum keduanya pergi ke lokasi di mana karakter Pokemon Togetic terlihat. Selanjutnya, Lozano dan Mitchell juga berhasil menangkap karakter Togetic.

Insiden polisi asyik main Pokemon Go ini bukan baru terjadi, melainkan merupakan kejadian pada April 2017. Rincian kejadian ini diungkapkan dalam pengadilan banding pada Jumat lalu.

Vice pertama kali melaporkan kasus ini menyebut Lozano dan Mitchell dipecat setelah penyelidikan. Kendati demikian, keduanya mengajukan banding.

Alih-alih tak jadi dipecat setelah mengajukan banding, lewat bukti-bukti yang disajikan, pengadilan justru memperkuat pemecatan Mitchell dan Lozano.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

S

2 dari 4 halaman

Bukti dari Rekaman Video Mobil Patroli

Rekaman dari mobil patroli yang dikendarai Lozano dan Mitchell justru mengungkapkan, kedua polisi ini tengah mendiskusikan Pokemon Go.

Pokemon Go adalah sebuah game mobile berbasis augmented reality, di mana pengguna melakukan perjalanan ke lokasi berbeda untuk menangkap karakter Pokemon sebanyak-banyaknya.

Masih berdasarkan dokumen pengadilan, beberapa menit setelah petugas dimintai untuk merespon perampokan di Macy, terungkap, Mitchell memberi tahu Lozano bahwa, "Snorlax baru saja muncul di 46 dan Leimert."

Pengadilan juga melaporkan, "Setelah Mitchell menangkap Snorlax, ia berseru 'Dapat mereka!' selanjutnya ia setuju mendapatkan Togetic dan pergi."

Rekaman juga mengungkapkan, ketika mobil mereka berhenti lagi, sistem video merekam Mitchell berkata, "jangan lari.. jangan lari."

3 dari 4 halaman

Saling Berdiskusi untuk Menangkap Snorlax dan Togetic

Sementara, Lozano menggambarkan bagaimana dia mengubur dan menggiring bola Togetic sebelum mengumumkan, "Saya berhasil menangkapnya."

Saat itu, Mitchell juga mengatakan kata-kata, "Masih mencoba untuk menangkapnya. Sial man, benda ini melawanku."

Tak berapa lama, Mitchell berseru, "Akhirnya" yang mengacu pada keberhasilannya menangkap karakter Togetic.

Sistem perekaman di mobil juga merekam Mitchell bergumam, "Orang-orang akan sangat cemburu."

Mendengar video di mobilnya dipakai untuk bukti pengadilan, Lozano dan Mitchell mengatakan, rekaman tersebut seharusnya tidak dipakai dalam proses disipliner mereka.

Sekadar informasi, berdasarkan Bulbapedia.net, sebuah ensiklopedia Pokemon dari komunitas, Snorlax adalah Pokemon besar berwarna hijau-biru tua dengan wajah, perut, dan kaki yang berwarna krem.

Sementara, Togetic merupakan jenis Pokemon terbang kecil yang bisa merasakan kebaikan orang lain.

(Tin/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Dampak Bermain Game Berlebihan