Sukses

Ini Jenis Data Pasien Covid-19 dan Umum yang Diduga Bocor di Raid Forums

Adapun jenis data pasien Covid-19 dan umum milik Kemenkes yang diduga bocor dan dijual di Raid Forum itu berisikan beragam informasi pribadi pengguna.

Liputan6.com, Jakarta - Database yang berisikan informasi lengkap pasian Covid-19 dan umum milik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) diduga telah bocor di forum internet.

Beredar di Raid Forums, database dengan kapasitas file sebesar 720GB itu berisikan 6 juta baris atau 6 juta data pasien.

Adapun jenis data yang dijual oleh username Astarte di Raid Forum itu berisikan beragam informasi pribadi pengguna.

Disebutkan, data bocor milik Kemenkes itu berisikan berbagai data radiologi, meliputi pemindaian Xray, nama pasien, asal rumah sakit, dan tanggal pemeriksaan.

Lainnya, termasuk CT scan, foto pasien, hasil tes Covid-19, identitas lengkap dari berbagai rumah sakit, surat rujukan, dan lainnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Data Rekam Medis Bocor

Pakar siber ungkap tips mencegah dan mengatasi kebocoran data pribadi. (pexels/pixabay).

Selain itu data lainnya adalah data EKG atau data tes diagnostik umum yang digunakan untuk mengevaluasi fungsi jantung.

Data ini meliputi surat rujukan BPJS, data pasien rujukan, laporan radiologi, hasil tes antigen, surat persetujuan isolasi Covid-19, hasil tes laboratorium, hingga hasil tes EKG.

Ada pula data laboratorium, yang meliputi laporan pemeriksaan medis, laporan hasil tes laboratorium, hasil tes antigen, CT scan, dan lain-lain.

 

3 dari 3 halaman

Data Pribadi Pasien Ikutan Bocor

Pakar siber ungkap tips mencegah dan mengatasi kebocoran data pribadi. (unsplash/nelsonah hegu).

Mengingat di sana tercantum identitas detail pasien, besar kemungkinan data alamat rumah, tanggal lahir, hingga nomor telepon pasien Covid-19 juga ada di dalamnya.

Berdasarkan pantauan, di dalam unggahannya si penjual data juga memberikan sampel seperti hasil diagnosa pasien. Misalnya keluhan sesak napas, saturasi rendah, dan lain-lain.

Bagi pembeli yang tertarik, Astarte menawarkan data bocor yang diduga milik Kemenkes dibayarkan dengan mata uang kripto, seperti Bitcoin.

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.