Sukses

Intel Arc Janjikan Performa Main Gim Mumpuni, Siap Tandingi GPU Nvidia dan AMD

Intel umumkan kehadiran Intel Arc dan disebut hadir di lebih dari 50 perangkat mobile maupun desktop.

Liputan6.com, Jakarta - Intel baru saja mengumumkan kehadiran discrete graphics melalui Intel Arc yang disebut mampu memberikan performa grafis tinggi, sekaligus memberikan pilihan baru bagi industri.

Intel Arc disebut hadir di lebih dari 50 desain perangkat mobile dan desktop. Beberapa di antaranya adalah Acer, Asus, Clevo, Dell, Gigabyte, Haier, HP, Lenovo, Samsung, MSI, dan NEC.

Kemampuan grafis Intel Arc juga menjanjikan fitur mutakhir di industri ini, seperti hardware-accelerated Ray Tracing, teknologi upscalling berbasis AI Xe Super Sampling, dan teknologi Intel Deep Link.

Selain itu, Intel juga mengumumkan momentum kemitraan ISV dengan teknologi upscalling XeSS yang saat ini sedang diintegrasikan dalam banyak judul game, termasuk ke Death Stranding Director's Cut dari Kojima Production.

"Kami senang melihat bagaimana teknologi XeSS baru dari Intel akan meningkatkan pengalaman pemain saat memainkan Death Stranding Director's Cut," tutur President 505 Games, Neil Rally.

Adopsi XeSS juga terus dikembangkan oleh sejumlah studio game. Selain 505 Games, ada pula Codemasters, EXOR Studios, Fishlabs, Hasbane, IOI, Illfonic, Kojima Production, Massive Work Studios, PUBG Studios, Techland, Ubisoft, dan Wonder People yangg mendukung teknologi ini.

Sementara teknologi Intel Deep Link dapat mengakselerasi serangkaian workload utama saat dipadukan dengan prosesor Intel Core yang kompatibel. Salah satu yang akan mendukung Deep Link Hyper Encode adalah DaVinci Resolve by Blackmaqic Design.

Kehadiran GPU Arc menandakan momen paling bersejarah bagi Intel, perusahaan yang notabene terkenal di bidang prosesor laptop dan PC. Toh, ini merupakan pertama kalinya perusahaan terjun langsung ke dunia kartu grafis.

Dengan berbagai kemampuan di atas, Intel menaruh harapan besar terhadap GPU Arc ini dapat bersaing dengan hegemoni GPU AMD dan Nvidia untuk laptop dan desktop di pasaran.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Intel Perkenalkan Deretan Prosesor Mobile Intel Core 12th Gen di CES 2022

Di ssi lain, Intel baru saja mengumumkan prosesor mobile terbarunya di gelaran CES 2022. Dengan menghadirkan performance hybrid architecture di prosesor mobile untuk pertama kalinya, Intel Core 12th Gen ini disebut menawarkan performa 40 persen lebih cepat dari prosesor mobile generasi sebelumnya.

Intel memperkenalkan 28 prosesor mobile Intel Core 12th Gen yang dilengkapi dengan berbagai fitur dan kemampuan. Prosesor mobile Intel Core 12th Gen ini menjadi jajaran prosesor paling luas karena mendukung berbagai segmen, mulai dari consumer, enterprise, hingga Internet of Things.

Dengan diperkenalkannya prosesor mobile 12th Gen Intel Core, kami membuka peluang untuk merasakan berbagai pengalaman baru dan meletakkan standar performa dengan prosesor laptop tercepat yang pernah ada," tutur Executive VP dan GM Client Computing Group Intel, Gregory Bryant.

3 dari 3 halaman

Intel Core i9-12900HK

Adapun prosesor andalan dari lini Intel Core 12th Gen ini adalah Intel Core i9-12900HK. Prosesor ini diklaim sebagai prosesor mobile tercepat yang pernah dibuat.

Prosesor ini mampu memprioritaskan workload secara cerdas dan melakukan management distribution melalui Intel Thread Director. Prosesor ini disebut mampu meningkatkan performa sistem di berbagai single-thread maupun multi-threaded.

Berbasis teknologi proses Intel 7, prosesor Gen H-Series ini menawarkan frekuensi hingga 5 GHz, 14 core (6 P-core dan 8 E-core) dan 20 threads. Performanya mengungguli proses Intel generasi sebelumnya.

Prosesor ini memiliki dukungan memori luas untuk model DDR5/LPDDR5 dan DDR4/LPDDR4 hingga 4800 MT/s- pertama kali di industri untuk prosesor mobile H-Series.

Selain itu, Intel Core i9-12900HK ini memiliki dukungan Thunderbolt 4 yang menyajikan kecepatan transfer hingga 40Gbps dan konektivitas PC ke berbagai monitor 4K termasuk aksesoris.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini