Sukses

Pakai Prosesor AMD, EFISON Hadirkan Super Komputer untuk Publik di Indonesia

EFISON telah meluncurkan ALELEON Supercomputer dan menjadi yang pertama menggunakan prosesor AMD di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - EFISON yang telah berdiri di Indonesia baru saja meluncurkan ALELEON Supercomputer. Perangkat ini merupakan layanan super komputer publik pertama dari EFISON untuk kebutuhan komputasi saintifik, kecerdasan buatan, dan big data.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (5/1/2022), EFISON didirikan dengan dedikasi khusus untuk meningkatkan aksesibilitas ke teknologi HPC atau High Performance Computing.

Adapun setelah melakukan pengujian beta selama enam bulan, EFISON kini berhasil merilis ALELEON Supercomputer berbasis CPU AMD EPYC. Perangkat ini menjadi layanan HPC dengan prosesor AMD pertama di Indonesia.

Untuk diketahui, perangkat ini menggunakan perpaduan dari AMD EPYC 7720P dan prosesor AMD Ryzen Threadripper 3990X. Berbekal keduanya, perangkat ini mampu menghadirkan performa komputasi yang mumpuni.

ALELEON sendiri tersedia untuk seluruh lapisan masyarakat Indonesia, mulai dari masyarakat umum hingga akademisi maupun institusi. Sebab, perangkat ini memang bertujuan agar HPC dapat diakses semua orang.

Berbekal HPC ini, pengguna dapat memperoleh sejumlah manfaat. Salah satunya untuk keperluan bisnis, efisiensi dan kecepatan dalam mengolah data dapat membantu pengambil keputusan yang lebih kini sangat dipengaruhi data.

Sementara untuk peneliti dan komunitas saintifik, HPC dapat dimanfaatkan untuk melakukan komputasi yang lebih kompleks dan canggih. Jadi, mereka dapat melakukan lebih banyak trial dan error untuk hasil penelitian yang lebih tepat.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Biaya Lebih Rendah

Selain itu, dengan akses ke kecepatan komputasi dan daya HPC, organisasi dapat menemukan nilai lebih besar dalam pemanfaatan fasilitas superkomputer dibandingkan harus mengeluarkan investasi untuk pengadaan infrastruktur komputer.

Sementara untuk bisnis yang membutuhkan infrastruktur di tempat, EFISON juga menghadirkan jasa integrasi pembangunan infrastruktur komputer, mulai dari server hingga komputer pribadi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis pelanggan.

Tidak hanya itu, dengan daya komputasi dan fleksibilitas yang ditawarkan ALELEON Supercomputer, memungkinkan munculnya bidang penelitian komputasi baru di Indonesia, seperti penelitian nanomaterial menggunakan software Quantum Espresso.

3 dari 3 halaman

Kemampuan Prosesor AMD di ALELEON Supercomputer

Mengenai prosesor AMD di perangkat ini, AMD EPYC 7702P memiliki 64 core dan 128 thread yang memberdayakan sistem dan arsitektur cloud untuk mengeluarkan performa server terbaru tanpa mengorbankan usaha serta kemudahan pengelolaan.

Sementara AMD Ryzen Threadripper 3990X menawarkan 64 core dan 128 thread untuk beban kerja rendering lebih cepat. Selain itu, prosesor ini memiliki total 88 jalur PCle 4.0 untuk memenuhi kebutuhan GPU dan NVMe yang besar.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini