Sukses

BlackBerry Setop Dukungan untuk Semua Smartphone Lawas Per 4 Januari 2022

Sempat booming di tahun 2000-an, BlackBerry kini menghentikan dukungan patch untuk semua smartphone lawasnya per 4 Januari 2022. Namun hal ini tidak berlaku ke smartphone merek BlackBerry dengan OS Android.

Liputan6.com, Jakarta - iPhone kini jadi merek smartphone terpopuler di banyak pasar dunia. Namun tahukah kamu, pada tahun 2000-an, smartphone BlackBerry adalah perangkat paling keren dan pintar yang dimiliki banyak orang.

Meski sebenarnya selama beberapa tahun terakhir seluruh model smartphone BlackBerry sudah tidak ada lagi di pasaran, perusahaan masih menawarkan dukungan untuk ponsel BlackBerry.

Terbaru, dalam laporan yang dikutip dari 9to5Mac, Sabtu (1/1/2022), BlackBerry mengumumkan akan menghentikan dukungan untuk smartphone-smartphone BlackBerry klasik yang masih menjalankan BlackBerry OS dan BlackBerry 10.

Perusahaan juga memperingatkan ke seluruh pengguna yang masih memakai perangkat dengan software BlackBerry OS dan BlackBerry 10. Di mana, para pengguna ini tidak akan lagi mendapatkan pembaruan patch yang memastikan koneksi seluler atau WiFi tetap berfungsi.

Dengan demikian, fungsi-fungsi dasar seperti panggilan, data seluler atau internetan, SMSan, hingga telepon darurat bakal berhenti total pada smartphone BlackBerry.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Berpengaruh ke BlackBerry Versi Android

Meski begitu perlu diingat juga, keputusan BlackBerry menghentikan dukungan update patch untuk BlackBerry OS atau BlackBerry 10 tidak akan berdampak pada smartphone BlackBerry yang menjalankan OS Android.

Menurut perusahaan, dukungan OS BlackBerry secara resmi dilakukan pada 4 Januari 2022.

"Sebagai peringatan, layanan lawas untuk OS BlackBerry 7.1 dan versi sebelumnya, BlackBerry 10, BlackBerry PlayBook OS 2.1 dan versi sebelumnya tidak akan tersedia lagi setelah 4 Januari 202," kata BlackBerry dalam pengumuman.

3 dari 3 halaman

Tak Bisa Dipakai untuk Telepon dan Internetan Lagi

"Mulai tanggal ini, perangkat yang menjalankan layanan dan software lawas ini melalui koneksi operator dan WiFi tidak akan berfungsi, termasuk untuk fungsi data, panggilan telepon, SMS, dan 911," kata BlackBerry.

Oleh karenanya, bagi para pengguna smartphone yang masih pakai BlackBerry lawas di tahun 2021, ada baiknya untuk segera mem-backup data dan berganti ke smartphone Android atau iPhone.

(Tin/Ysl)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.