Sukses

10 Aplikasi dan Game Terbaik Android 2021

Berikut 10 aplikasi dan game terbaik di Android sepanjang 2021, menurut Google. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Sepanjang tahun, pengguna Android mengakses aplikasi-aplikasi pilihan untuk memudahkan pekerjaan, mencari hiburan, hingga mendukung aktivitasnya.

Pandemi yang terjadi pada 2021 turut membuat pengguna smartphone kian bergantung ke internet dan aplikasi-aplikasi yang mendukung aktivitas selama masa bekerja dan belajar dari rumah.

Google melalui Google Play Store pun mengungkap aplikasi terbaik di Android sepanjang 2021, yang dianggap paling bermanfaat bagi para pengguna. Berikut adalah 10 aplikasi terbaik Android menurut Google, sebagaimana dikutip dari Lifehacker, Rabu (29/12/2021).

1. Balance

Balance dinobatkan oleh Google sebagai aplikasi terbaik Android pada 2021. Aplikasi meditasi ini mendukung pengguna untuk bermeditasi berdasarkan pengalaman.

Sekadar informasi, meditasi jadi salah satu teknik efektif untuk melawan stress, kepanikan, dan depresi. Balance terpilih jadi aplikasi terbaik Android tahun ini lantaran menawarkan pengguna kemudahan untuk mempraktikkan meditasi.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

2. Pokemon Unite

Aplikasi game Pokemon Unite dianggap jadi opsi terbaik untuk para pengguna yang mencari game multipemain yang kompetitif tapi tetap menyenangkan.

Pokemon Unite mempertandingkan dua tim yang masing-masing terdiri dari lima pemain. Pokemon Unite jelas menarik bagi penggemar Pokemon. Pengguna dinilai bisa bersenang-senang dengan game ini.

3. Bird Alone

Aplikasi game terbaik ketiga di Android menurut Google adalah Bird Alone. Kalau kamu sudah bosan dengan game multiplayer yang kompetitif, Bird Alone mungkin bisa jadi salah satu game yang bisa dimainkan.

Lewat game pemain tunggal ini, pemain bisa menjalin persahabatan dengan seekor burung. Burung ini awalnya punya berbagai pertanyaan normal, namun lambat lain jadi beralih ke diskusi topik yang lebih luas.

Game ini dinobatkan jadi salah satu aplikasi terbaik lantaran inti dari Bird Alone adalah memeriksa kondisi teman Anda tiap harinya dan memastikan agar dia tidak sendirian di kondisi pandemi yang berat bagi semua orang.

3 dari 7 halaman

4. Moonbeam

Moonbeam dianggap oleh Google sebagai aplikasi terbaik dalam hal menemukan podcast yang menarik. Moonbeam mengkurasi momen spesial dari tiap podcast, dan membantu pengguna mendengarkan dengan cepat, apakah ingin melihat satu episode penuh atau beralih ke podcast lain.

Hal ini tidak terlepas dari podcast yang kadang berdurasi panjang dan membuat orang bingung memutuskan untuk mendengarkan secara keseluruhan atau tidak.

5. FWD

FWD adalah aplikasi untuk mempelajari digital marketing atau manajemen produk. Aplikasi ini dianggap bisa jadi titik awal yang baik jika kamu ingin belajar mengenai dua hal di atas.

Aplikasi ini menggunakan metode yang mudah untuk belajar dengan kartu-kartu berukuran kecil. Karena bermaksud sebagai aplikasi belajar, aplikasi juga memiliki kuis untuk mengecek sejauh mana pemahaman pengguna.

Google menilai aplikasi ini sebagai aplikasi terbaik karena memberikan kemudahan bagi pengguna untuk belajar hal baru terkait digital marketing dan manajemen produk.

4 dari 7 halaman

6. Speechify

 

Aplikasi terbaik keenam menurut Google adalah Speechify, di mana aplikasi ini berfungsi sebagai pembaca layar yang mengubah teks menjadi ucapan.

Jika kamu kesulitan membaca teks, pengguna bisa meminta Speechify untuk membacakan teks tersebut. Aplikasi menarik ini memudahkan kalau kamu sedang ingin belajar bahasa baru.

Menariknya, aplikasi ini memiliki berbagai suara untuk dipilih dan mendukung 20 bahasa. 7.

7. My Friend Pedro: Ripe for Revenge

Kamu lagi ingin menghabiskan waktu? Agar tidak bosan, game My Friend Pedro: Ripe for Revenge bisa jadi pilihan terbaik.

Game ini mengkombinasikan elemen platform dengan beberapa aksi hebat yang dirancang untuk menghibur pengguna selama berjam-jam.

 

5 dari 7 halaman

8. Sleep Cycle

Kondisi di rumah saja selama pandemi memang kerap membuat orang jadi kurang sehat, mental tidak baik-baik saja, hingga gangguan tidur.

Untuk itu, Google menobatkan sebuah aplikasi bernama Sleep Cycle sebagai salah satu aplikasi terbaik. Bagaimana tidak, aplikasi ini mampu melacak aktivitas tidur pengguna, membangunkan dengan alarm, dan berbagai pelacakan tidur lainnya.

Menariknya, pengguna tak perlu memiliki smartwatch untuk bisa menggunakan semua fitur tersebut. Namun kalau kamu pakai smartwatch, getaran di jam tentu akan membantu aplikasi membangunkan kamu.

9. Concepts

Google menobatkan Concepts sebagai aplikasi terbaik Android nomor 9. Concepts adalah aplikasi yang dirancang khusus untuk pengguna tablet. Aplikasi ini memungkinkan pengguna membuat sketsa ide dan diagam yang bisa diedit dengan mudah.

Pengguna bisa mudah memilih objek dan menggandakannya atau memindahkan jika diperlukan.

 

6 dari 7 halaman

10. Canva

Ada berapa banyak hari raya atau hari spesial di tahun 2021? Apakah kamu sempat membuat kartu ucapan Natal dan Tahun Baru untuk orang-orang tersayang?

Kalau belum, aplikasi Canva bisa jadi salah satu caranya, apalagi kalau kamu berpikir Photoshop sulit digunakan.

Canva dipilih jadi salah satu aplikasi terbaik oleh Google lantaran penggunanya bisa mudah merancang poster, logo, hingga banner. Pengguna juga bisa menggunakan template gratis yang jumlahnya sangat banyak, begitu juga dengan banyaknya teks yang bisa dipilih.

(Tin/Isk)

7 dari 7 halaman

Infografis: Kenali Fungsi Skrining Aplikasi PeduliLindungi untuk 6 Aktivitas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini