Sukses

Jadwal M3 Hari Ini 11 Desember 2021, 4 Tim Esports Mobile Legends Siap Bertanding

Liputan6.com, Jakarta - Turnamem esport internasional M3 World Championship Mobile Legends akhirnya memasuki babak playoff hari ini, Sabtu (11/12/2021).

Setelah melalui pertandingan babak kualifikasi pada 6-9 Desember kemarin, terpilih tim-tim esports mana saja yang masuk di upper bracket dan lower bracket.

Yup, 2 tim dari masing-masing grup--berisikan 4 tim--memastikan diri melaju ke playoff di upper bracket. Sementara 2 tim terbawah harus kembali bertanding di lower bracket.

Untuk jadwal M3 hari ini, tim-tim dari upper bracket akan bertanding. Adapun tim tersebut adalah:

  • Blacklist International vs BTK pada jam 13.00 WIB
  • Bedel vs Evos SG pada jam 17.00 WIB

Lalu bagaimana dengan tim esports asal Indonesia yang diwakili oleh Onic Esports dan RRQ Hoshi di Grup B dan Grup D?

Onic Esports harus bertarung kembali untuk mendapatkan kesempatan untuk bertanding di Grand Final M3 World Championship lewat lower bracket.

Sedangkan tim RRQ Hoshi lolos ke babak playoff setelah mengantongi 3 poin dan menjadi juara grup setelah menumbangkan 3 tim esports lainnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Mobile Legends Rajai Game Genre MOBA di Asia Tenggara

Mobile Legends: Bang Bang.

Di sisi lain, Esports Charts, perusahaan analisis dan big data mining untuk esports, olahraga tradisional, dan hiburan baru saja merilis laporan terkait informasi penyebaran game esports mobile terpopuler di dunia.

Adapun laporan popularitas ini didasarkan pada jumlah jam tayang (hours watch) dari beragam turnamen esports yang terjadi di berbagai negara di dunia, dan mengetahui gim apa yang paling digandrungi di masing-masing area.

Di Asia sendiri, gim mobile berkembang lebih cepat ketimbang di region Amerika Serikat hingga Eropa. Dari data dapat diketahui judul gim saja yang populer di Asia, khususnya di Asia Tenggara.

Dilansir Esports Charts, Selasa (9/11/2021), Mobile Legends: Bang Bang mampu mengungguli gim mobile esports populer lainnya, seperti PUBG Mobile dan Free Fire.

3 dari 3 halaman

Indonesia Berkontribusi Terbesar

Diamond di Mobile Legends adalah alat konversi uang nyata untuk digunakan di dalam game Mobile Legends.

Di antara negara-negara ASEAN lainnya, Indonesia tercatat memberikan kontribusi paling besar pada total hours watched dari turnamen Mobile Legends. Negara lainnya, termasuk Filipina, Kamboja, dan Myanmar.

"Pencapaian ini tentu saja tak terlepas atas kontribusi serta peran dari semua pihak yang telah mendukung kami selama ini termasuk pecinta MLBB, stakeholders, dan media," ujar Azwin Nugraha, Public Relations & Communications Manager Moonton.

Karena pencapaian tersebut, gim buatan Moonton ini juga sukses menjadi raja gim genre MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) di area Asia Tenggara.

(Ysl/Tin)