Sukses

Akun YouTube Dibajak, BNPB Sebut Sedang Berusaha Dipulihkan

Liputan6.com, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengonfirmasi, akun YouTube mereka telah dibajak.

Melalui pesan singkat kepada Liputan6.com, Kamis (9/12/2021), Humas BNPB mengatakan saat ini mereka sedang berupaya untuk memulihkan kanal YouTube tersebut.

"Izin bapak/ibu betul kami kena hack, saat ini kami sedang proses pulihkan akunnya," tulis informasi yang disampaikan Humas BNPB tersebut.

Sebelumnya, akun YouTube BNPB Indonesia hari ini, diduga telah dibajak. Hal ini diketahui karena akun tersebut telah diganti namanya menjadi "Ethereum 2.0" dari sebelumnya "BNPB Indonesia."

Hingga berita ini ditulis, kanal tersebut masih menyiarkan siaran soal Ethereum. Acara itu terpantau sudah ditayangkan sejak pagi tadi. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Media Siarkan Konferensi Pers Covid-19 dan Kebencanaan

Kanal YouTube BNPB Indonesia sendiri biasanya menjadi sarana bagi BNPB untuk menayangkan siaran langsung konferensi pers, seminar daring, atau video-video seputar informasi soal kebencanaan.

Selama pandemi Covid-19, kanal tersebut juga menjadi salah satu saluran YouTube badan pemerintah yang menyiarkan konferensi pers dan perkembangan harian soal pandemi Covid-19 di Tanah Air.

Sejauh ini, video-video di playlist BNPB juga belum ada yang hilang atau dihapus.

3 dari 4 halaman

Video yang Diunggah Terakhir

Adapun, video terakhir yang diunggah di kanal tersebut adalah konferensi pers dengan media internasional terkait Covid-19, oleh Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito, pada Selasa 7 Desember lalu.

Mengutip Ethereum.org, Ethereum 2.0 atau Eth2 sendiri mengacu pada serangkaian peningkatan yang saling berhubungan, yang akan membuat Ethereum lebih terukur, aman, dan berkelanjutan.

Peningkatan ini sedang dibangun oleh banyak tim dari seluruh ekosistem Ethereum.

Kejadian serupa sebelumnya juga terjadi pada akun YouTube komedian Sule, yaitu Sule Channel.

Pada Senin (6/12/2021) awal pekan ini, akun YouTube komedian yang sebelumnya bernama Sule Channel itu sudah berganti nama menjadi MicroStrategy INC.

(Dio/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Beragam Model Kejahatan Siber