Sukses

Telkomsel Gelar Kompetisi Esports Dunia Games Waktu Indonesia Bermain, Ini Jadwalnya

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel melalu Dunia Games baru saja menggelar turnamen Dunia Games Waktu Indonesia Bermain (DGWIB). Turnamen ini berlangsung pada 3 Desember 2021 hingga 13 Februari 2022.

Menurut Telkomsel, DGWIB merupakan turnamen esports yang dipersembahkan Dunia Games untuk meningkatkan kompetensi dan daya saing pesertanya. Ada tiga kategori yang dipertandingkan di kompetisi ini, yakni Batlle Influencer, Ladies Battle, dan Pro Battle dengan total hadiah mencapai Rp 1,1 miliar.

"Pada ajang kali ini, kami membuka lebih banyak kesempatan bagi para gamers di seluruh negeri untuk mengasah kemampuan dalam bermain game dan meningkatkan daya saing," tutur Vice President Digital Lifestye Telkomsel, Nirwan Lesmana dalam keterangan resmi yang diterima, Minggu (5/12/2021).

Salah satunya, menurut Nirwan, adalah kesempatan untuk para gamer perempuan. Karenanya, Dunia Games membuka kategori Ladies Battle untuk menjadi stimulus bagi perempuan di Indonesia yang ingin berkecimpung di industri esports.

Ajang ini mempertandingkan tiga game terbesar, yakni Free Fire, PUBG Mobile, dan Mobile Legends: Bang Bang (MLBB). Pendaftaran kompetisi ini dibuka mulai 2 Desember 2021 hingga 23 Januari 2022 melalui situs resminya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Jadwal Dunia Game Waktu Indonesia Bermain

Babak kualifikasi DGWIB akan dilakukan pada 23 Desember 2021 hingga Januari 2022. Kemudian, tim terbaik dari masing-masing kualifikasi akan mengikuti babak fase grup bersama dengan tim profesional yang telah diundang sebelumnya.

Babak fase grup sendiri akan diselenggarakan pada Januari 2020. 16 tim terbaik di game PUBG Mobile, 12 tim terbaik di Free Fire, dan 2 tim terbaik di MLBB akan bertarung di grand final untuk memperebutkan gelar juara pertama di masing-masing game.

Seluruh pertandingan akan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Dunia Games & DGTV, aplikasi MAXstream, Nimo TV, Booyah Live, Facebook, Gaming, serta situs resmi Dunia Games.

"Kami berharap, DGWIB dapat menjadi sarana bagi Indonesia memiliki lebih banyak talenta berdaya saing tinggi di bidang esports, dan memenuhi kebutuhan akan hiburan digital bagi para pecinta game, sekaligus memberikan dampak lebih besar dalam memajukan serta menguatkan industri esports di Indonesia," tutur Nirwan menutup pernyatannya.

3 dari 4 halaman

Telkomsel Gelar Dunia Games Awards 2021

Sebelumnya, Telkomsel mengumumkan akan menggelar Dunia Games Awards (DGA 2021) pada 23 Desember 2021. Ajang penghargaan ini merupakan bentuk komitmen Telkomsel mengakselerasi setiap aspek ekosistem gaming dan esports di Tanah Air.

Menurut VP Digital Lifestyle Telkomsel, Nirwan Lesmana, acara memaksimalkan peran Telkomsel sebagai enabler yang tidak hanya memperkuat ekosistem gaming dan esports Indonesia lewat plaform Dunia Games maupun kompetisi, tapi juga memberikan apresiasi pada seluruh pihak yang memberikan dampak signifikan pada industri ini.

"Oleh karena itu, Telkomsel berharap DGA 2021 dapat menjadi stimulus yang mampu menumbuhkan semangat seluruh pihak di industri gaming dan esports agar dapat terus berkarya, bersinergi dan berkolaborasi demi menghadirkan #IndonesianPride yang akan turut berdampak pada kemajuan ekonomi kreatif Indonesia," tuturnya dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (1//12/2021).

Pada ajang penghargaan ini, Telkomsel akan memberikan apresiasi pada gamer, atlet esports profesional, kreator konten, esports organizer, publisher dan developer game lokal, termasuk celebrity gamer serta fans club esports yang terbagi dalam 17 kategori.

Beberapa kategori yang ada di ajang penghargaan ini adalah esports Male dan Female Player of the Year, esports Team of the Year, Game of the Year, Cosplayer of the Year, Coach of the Year, dan secara khusus akan ada Lifetime Achievement.

Menurut Nirwan, kandidat di setiap kategori dipilih berdasarkan seleksi yang ketat. Ia menuturkan, seleksi dimulai dari penilaian dan survei lewat platform media dan lembaga Dailysocial.id untuk memastikan kelayakan kandidat.

(Dam/Isk)

 

 

4 dari 4 halaman

Infografis Dampak Bermain Game Berlebihan