Sukses

Grab Indonesia dan OVO Apresiasi Mitra Pengemudi dan Merchant, Bagikan Rp 20 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - Grab Indonesia bersama OVO baru saja membagikan apresiasi ke para mitra pengemudi dan merchant di platformnya. Apresiasi senilai total Rp 20 miliar ini diberikan dalam rangka peluncuran Hari Mitra Grab.

Bertema Solidaritas Selamanya, Grab turut meresmikan Hari Mitra Grab sebagai acara tahunan dan menjadi program berkelanjutan jangka panjang. Grab pun mengklaim menjadi ride-hailing app dan delivery platform pertama yang menyiapkan hari khusus untuk menghormati para mitranya.

"Grab Indonesia meluncurkan Hari Mitra Grab sebagai bentuk pengakuan dan penghormatan bagi dedikasi serta loyalitas mitra pengemudi maupun merchant," tutur Country Managing Director of Grab Indonesia, Neneng Goenadi, dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (25/11/2021).

Apresiasi sebesar total Rp 20 miliar dibagikan secara proporsional pada 80 ribu mitra pengemudi dan 3 ribu merchant. Pemberian dana apresiasi ini ditentukan berdasarkan banyak perjalanan yang telah ditempuh selama masa aktif, mulai dari Rp 150.000, Rp 500.000, hingga Rp 5.000.000 per mitra Grab.

Sementara, ribuan merchant makanan GrabFood yang memenuhi syarat akan mendapatkan rewards hingga 3 persen dari total penjualan berdasarkan tingkat performa dari segi penjualan dan memenuhi syarat berlaku.

Neneng menuturkan, pemberian dana apresiasi bagi para mitra pengemudi dan reward untuk mitra merchant diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan keluarga para mitra, serta mendorong pendapatan di tengah tantangan pandemi.

"Kami mendedikasikan dana apresiasi ini untuk semua mitra yang juga merupakan pengguna setia OVO, dengan harapan dapat menyuntikkan semangat baru," tutur Presiden Direktur OVO, Karaniya Dharmasaputra.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Grab dan Kemenkop UKM Kolaborasi Dukung Perluasan UKM Go Digital

Di sisi lain, Grab baru saja mengumumkan penandatangan nota kesepahaman dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM).

Nota kesepahaman ini merupakan kelanjutan dari kemitraan strategis untuk mendukung perluasan digitalisasi dan peluang ekonomi bagi UMKM di Indonesia sejak September 2020.

"Perkembangan digitalisasi para pelaku UMKM dalam satu tahun ke belakang sangat menggembirakan. Bergabungnya UMKM ke platform digital seperti Grab telah membantu para pelaku tersebut mengoptimalkan potensi di tengah tantangan-tantangan masa sulit tersebut," tutur Menteri Koperasi dan Usah Kecil dan Menengah, Teten Masduki.

Sementara itu, Neneng Goenadi menuturkan pihaknya sangat terhormat kembali dipercaya pemerintah dalam merancang dan mengimplementasikan berbagai program digitalisasi UMKM.

"Kami percaya melalui pemanfaatan teknologi dan peningkatan soft-skill, didukung jaringan ekosistem Grab yang luas, para pelaku UMKM dapat meningkatkan produktivitas mereka untuk berkembang dan bersaing di era ekonomi digital," tutur Neneng dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (17/11/2021).

3 dari 3 halaman

Program Pelatihan

Dalam naungan kemitraan strategis ini, Grab Indonesia akan menyelenggarakan berbagai pelatihan untuk meningkatkan keterampilan UMKM dan menghadirkan berbagai dukungan program digitalitasi bagi pelaku UMKM Tanah Air.

Dengan bekal tersebut, para mitra UMKM diharapkan tidak hanya melahirkan inovasi produk dan layanan yang menjawab kebutuhan konsumen.

Lebih lanjut Neneng menuturkan, Grab juga telah merencanakan berbagai inisiatif baru, termasuk peringatan Hari UMKM Nasional bersama Kemenkop UKM pada 12 Agustus 2022. Untuk diketahui, Grab telah menjadi mtira strategis Kemenkop UKM untuk memperluas dampak sosial dan ekonomi dalam pemberdayaan kapasitas UMKM.

Sejumlah program kolaborasi telah dilakukan untuk mencapai pemerataan digitalisasi bagi pelaku UMKM, seperti inisiatif Terus Usaha. Selain itu, bersama dengan Emtek dan Bukalapak, Grab juga menghadirkan inisiatif Kota Masa Depan untuk mendorong digitalisasi UMKM.

(Dam/Ysl)