Sukses

Turnamen Perempuan Wujudkan Kesetaraan Gender di Industri Esports Indonesia

Menurut Menparekraf, keberadaan turnamen esports bagi perempuan ini menjadi ajang bagi para lady gamers untuk beraksi.

Liputan6.com, Jakarta - Turnamen Esports Mobile Legends untuk wanita, Wonderful Indonesia Srikandi Championship (WISC) 2021 resmi dibuka. Kompetisi ini diharapkan bisa memberikan warna dalam industri esports di Tanah Air.

Dominasi pria yang lekat dengan industri esports, tentunya diharapkan bisa dipatahkan dengan munculnya tim atau pemain esports wanita yang hadir pada banyak turnamen.

Penyelenggaraan turnamen esports ini juga sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo dalam mengangkat harkat martabat wanita, mewujudkan kesetaraan gender, dan melakukan transformasi digitalisasi di Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam siaran persnya mengatakan, pemerintah mengupayakan inisiatif strategis guna menunjang industri gaming di dalam negeri agar nilai ekonomi semakin meningkat.

Dalam Virtual Opening Ceremony Wonderful Indonesia Srikandi Championship 2021, Jumat (29/10/2021), Sandi mengatakan inisiatif semacam ini juga agar game lokal bisa menjadi tuan rumah di industri game nasional.

"Keberadaan turnamen esports ini menjadi ajang bagi para lady gamers untuk beraksi dan apabila turnamen ini secara rutin, tidak tertutup kemungkinan ekosistem esports perempuan bisa sama berkembang dengan scene esports para pria," kata Sandi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berharap akan Tumbuhnya Game Lokal

Dukungan pemerintah juga disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, melalui I Nyoman Adhiarna, Direktur Ekonomi Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

"Perkembangan industri game dan esports Indonesia sangat pesat, tetapi kita ingin berharap lebih banyak game lokal yang terus tumbuh dan berkembang," kata Adhiarna.

"Semoga acara ini dapat mendorong tumbuh berkembang dan digunakannya game lokal dalam kegiatan seperti ini," ujar Adhiarna.

Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur Dyandra Promosindo selaku penyelenggara mengatakan, industri esports di Indonesia memiliki potensi yang besar.

"Salah satu buktinya adalah banyaknya turnamen yang digelar dan jumlah penonton yang banyak di Asia Tenggara," kata Hendra.

Data dari Statista menyebutkan di 2020, terdapat 54,7 juta pemain gim mobile di Indonesia, dengan proyeksi terdapat 59,8 juta pemain gim mobile di Tanah Air pada 2021.

3 dari 4 halaman

Pemain Esports Wanita Tak Kalah dari Pria

Susanty Widjaya, Ketua Umum Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) mengatakan, kompetisi ini merupakan perwujudan salah satu misi mereka yaitu pemberdayaan generasi muda dan wanita Indonesia khususnya di industri pariwisata, digital, dan ekonomi kreatif.

"Kami berharap dengan diadakannya turnamen ini dapat memperlihatkan talenta para pemain esports wanita di Indonesia dapat disetarakan dan tidak kalah dengan laki-laki serta dapat bertanding di kancah internasional," kata Susanty.

Wonderful Indonesia Srikandi Championship 2021 akan menyiapkan hadiah sebesar Rp 120 juta rupiah, dengan enam tim profesional yang diundang langsung untuk bermain.

Mereka adalah Evos Lynx, Belletron Era, GPX Ladies, MBR Delphyne, Alter Ego NYX, RRQ Mika, Saints Spartan Vitery, dan Onic Zenith.

Turnamen ini akan melalui beberapa babak yaitu tahap kualifikasi dan Group Stage dimana akan ada winner bracket dan loser bracket.

Format yang digunakan menggunakan Cross System Opponent, dimana posisi pertama di grup akan melawan posisi ketiga, dan posisi kelima akan melawan posisi ketujuh sebagai contohnya.

Tahapan yang akan dilalui selanjutnya adalah babak Play Off, Semi Final, dan Grand Final. Acara ini akan mengusung konsep hybrid yang akan ditayangkan secara live melalui siaran di kanal YouTube Dignity Project Esports.

Wonderful Indonesia Srikandi Championship 2021 sendiri akan diselenggarakan pada 29 hingga 31 Oktober 2021.

4 dari 4 halaman

Infografis Bisnis Game di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.