Sukses

Lazada Permudah Seller Baru Buka Toko Online

Proses pendaftaran yang sederhana bertujuan untuk membantu para calon pengusaha, penjual di media sosial, hingga pemilik toko offline buka toko online sendiri di Lazada

Liputan6.com, Jakarta - Lazada awal pekan ini meluncurkan program pendaftaran seller dengan tiga langkah mudah yang bertajuk "Mulai di Laz, Bisa Naik Kelaz."

Lazada mengatakan, proses pendaftaran yang sederhana bertujuan untuk membantu para calon pengusaha, penjual di media sosial, hingga pemilik toko offline, untuk bisa memiliki toko online sendiri dengan lebih mudah.

Dalam siaran persnya, ditulis Jumat (1/10/2021), terdapat peningkatan signifikan jumlah seller baru di Asia Tenggara sebesar dua kali lipat pada paruh pertama 2021 dibandingkan tahun sebelumnya.

Laporan Digital Confidence Index Lazada pada Agustus 2021 menemukan, 70 persen dari pemilik toko online merasa percaya diri dan optimis melihat perkembangan bisnis mereka di kuartal ketiga tahun ini.

Haikal Bekti Anggoro, SVP, Sellers Operation di Lazada Indonesia mengatakan, mereka melihat peningkatan yang signifikan dari penjual yang bergabung di Lazada, terutama sejak pandemi dimulai.

"Hingga Juli 2021, Lazada Indonesia telah mencatat pertumbuhan seller lokal sebesar 2,4 kali lipat di platform kami dibandingkan dengan data pada awal pandemi di Maret 2020," katanya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hadiah Rp 140 Juta

Untuk memberikan motivasi lebih bagi calon seller maupun pelaku industri ritel untuk masuk ke e-commerce, Lazada pun menyediakan hadiah senilai Rp 140 juta untuk pemenang utama dari kampanye "Mulai di Laz, Bisa Naik KeLaz."

Untuk berkesempatan memenangkan hadiah, seller baru hanya perlu mendaftarkan diri dan mengaktifkan toko online mereka di Lazada dalam periode 27 September 2021 pukul 00.01 WIB hingga 30 Oktober 2021 (23.59 WIB).

Seller baru yang mencatatkan penjualan tertinggi akan terpilih sebagai pemenang utama dari kampanye ini.

Tiga langkah mudah yang dimaksud dalam kampanye tersebut adalah:

  1. memasukkan nomor HP,
  2. memasukkan kode enam digit untuk memverifikasi nomor HP, serta
  3. membuat kata sandi yang aman dan unik.

Dengan tiga langkah mudah ini, proses pendaftaran menjadi seller bisa dilakukan dalam waktu kurang dari semenit tanpa biaya apapun.

Semua orang yang tertarik untuk berjualan online juga bisa menyambungkan akun Lazada-nya yang terdaftar sebagai “Pembeli”, untuk disambungkan ke akun sebagai “Penjual” di proses pendaftaran awal.

Setelah terdaftar, seller bisa mulai menjual produknya melalui Lazada Seller Centre dengan cara:

  1. memasukkan alamat atau lokasi yang akan dipakai untuk mengirimkan produk,
  2. memasukkan bukti identifikasi resmi seperti KTP yang dibutuhkan untuk proses identifikasi seller, dan
  3. memasukkan informasi akun atau rekening bank untuk mempermudah proses pembayaran hasil penjualan seller di Lazada.

Setelah itu, seller bisa mulai mengunggah daftar produk yang ingin dijual, lengkap dengan foto dan deskripsi produk. Lazada juga menyediakan fitur penerjemahan ke berbagai bahasa, hanya dengan satu klik.

 

3 dari 4 halaman

Pelatihan Bagi Seller Baru

Untuk mempelajari cara mengembangkan bisnis lebih lanjut, seller juga mendapatkan akses eksklusif ke portal edukasi Lazada University, yang berisikan materi-materi pelatihan, tools, dan tips dari para ahli.

Lazada University juga memiliki Program 3 Langkah untuk seller baru yang dirancang dalam Sistem Manajemen Pembelajaran (SMP).

SMP terdiri dari materi-materi pelatihan yang mudah dipahami bahkan oleh seller yang baru pertama kali berjualan, dengan berbagai macam topik.

Materi tersebut misalnya ara mengubah pengunjung menjadi pembeli sebagai langkah kedua dan strategi mengembangkan bisnis dengan teknik beriklan.

Ada juga topik manajemen budget, hingga pelatihan offline atau live streaming dari staf Lazada serta para ahli di komunitas seller sebagai langkah ketiga.

Haikal menambahkan, seiring dengan peningkatan pelaku bisnis di Tanah Air, mereka terus menawarkan pengalaman berjualan online yang lengkap dan efisien untuk para seller.

"Mulai dari proses pendaftaran yang mudah, pelatihan dan pembelajaran komprehensif, dasbor data penjualan yang lengkap, dan solusi untuk beriklan," ujarnya.

"Ini adalah bagian dari komitmen berkelanjutan kami untuk mendukung bisnis Indonesia, khususnya usaha mikro, kecil, menengah (UMKM), dalam menjalani transformasi digital dan tumbuh secara berkelanjutan."

(Gio/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.