Sukses

WhatsApp Kembangkan Fitur Ubah Pesan Suara Menjadi Teks

Dengan bantuan fitur baru WhatsApp ini, pengguna bakal dapat mengubah pesan audio ke teks.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp dikabarkan sedang mengembangkan sebuah fitur baru yang akan mampu mengubah pesan suara menjadi teks.

Adapun fitur baru WhatsApp ini memang dalam tahap pengembangan. Namun, perusahaan belum mengumumkannya secara resmi atau muncul di sesi beta.

Adalah WABetaInfo, platform yang melacak fitur-fitur teranyar pada platform pesan instan itu yang melihat fitur baru WhatsApp tersebut dalam pengerjaan.

Dikutip dari WABetaInfo via Mint, Senin (9/13/2021), dengan bantuan fitur ini, pengguna WhatsApp bakal dapat mengubah pesan audio ke teks.

WABetaInfo mengklaim untuk menyalin audio, pesan tidak akan dikirim ke Facebook atau WhatsApp. Sebagai gantinya, layanan transkripsi pesan akan disediakan oleh Apple.

Namun, karena pesan tidak akan dilampirkan ke ID unik apa pun, ini mungkin memberikan privasi yang lebih baik. Berdasarkan info tersebut, fitur baru WhatsApp ini baru muncul untuk pengguna iOS.

Berhubung masih belum diumumkan secara resmi atau masuk sesi beta, besar kemungkinan fitur ini akan meluncur untuk pengguna Android juga.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fitur Baru WhatsApp Ini Opsional

Ilustrasi WhatsApp dan aplikasi pesan instan. Dimitri Karastelev/Unsplash

Melalui tangkapan layar yang dibagikan WABetaInfo, layanan transkripsi baru ini akan ditawarkan sebagai fitur opsional.

Pengguna harus memberikan izin perangkat satu kali untuk dapat menggunakan fitur tersebut.

Karena masih belum diumumkan, masih belum dapat dipastikan apakah WhatsApp akan resmi meluncurkannya.

Saat ini, fitur tersebut hanya terlihat di iOS. Namun, WhatsApp mungkin juga memperkenalkannya di platform Android.

3 dari 3 halaman

Pengguna WhatsApp Bisa Cari Chat Berdasarkan Tanggal

Ilustrasi cara kunci WhatsApp (Sumber:Pixabay)

Di sisi lain, fitur baru WhatsApp lain yang akan datang bernama "Chat Search". Fitur ini memungkinkan pengguna mencari percakapan lama berdasarkan tanggalnya.

Mengutip Digital Information World, Jumat (10/9/2021), informasi ini pertama kali ditemukan oleh WABetaInfo.

Disebutkan, fitur Chat Search ini telah diuji sejak November lalu dan sekarang ramai dibicarakan. Kemungkinan, fitur Chat Search akan diluncurkan lebih cepat.

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini