Sukses

WhatsApp Bakal Hadir dengan Tampilan Baru, Seperti Apa?

WhatsApp untuk iPhone akan menghadirkan tampilan baru, seperti apa bentuknya?

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp menghadirkan berbagai fitur baru untuk membuat penggunanya kian setia. Sejumlah fitur sudah hadir dalam versi WhatsApp beta, dan fitur-fitur lain sudah dirilis secara resmi.

Kini menurut laporan baru dari Redmondpie, ada peningkatan lain yang ada didapatkan pengguna di WhatsApp, yakni tampilan gelembung obrolan alias chat bubble yang didesain ulang.

Tampilan baru gelembung obrolan ini tengah dalam pengembangan dan belum tersedia untuk pengujian beta. Namun, WABetaInfo sebelumnya telah memperlihatkan preview mengenai seperti apa desain baru WhatsApp yang dimaksud.

Mengutip Phone Arena, Rabu (8/9/2021), tampilan gelembung obrolan tersebut akan sedikit lebih besar untuk meningkatkan visibilitasnya.

Sementara, sudutnya lebih membulat. Meski perubahan ini bukan perubahan total, namun gelembung obrolan terlihat lebih ramping dan seimbang secara visual.

Beredar tampilan WhatsApp baru untuk iPhone, perbedaan antara tampilan WhatsApp lama dan baru di dark maupun light mode (Foto: WABetaInfo).

Kabarnya perubahan ini akan datang lebih dahulu ke WhatsApp iOS. Saat ini, desain baru telah tersedia untuk para penguji WhatsApp Android versi beta 2.21.13.2.

Sejauh ini tidak ada tanggal pasti terkait kapan tampilan gelembung obrolan baru untuk WhatsApp di iPhone ini akan tersedia untuk seluruh pengguna.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Update Sebelumnya, Transfer Riwayat Chat

Sebelumnya, WhatsApp meresmikan kehadiran fitur transfer riwayat chat dari iPhone ke Android. Fitur ini memungkinkan pengguna yang mau ganti smartphone dari iPhone ke Android mentransfer obrolan, video, dan foto ke perangkat Android barunya.

Kehadiran fitur transfer riwayat chat ini banyak ditunggu oleh pengguna, karena sebelumnya ketika ganti smartphone dengan OS berbeda, pengguna kehilangan riwayat chat lamanya.

Kendati demikian, menurut WhatsApp dalam blognya, fitur transfer riwayat chat baru ada di smartphone Samsung dengan Android 10 atau di atasnya.

Sementara smartphone Android merek lainnya dijanjikan akan mendapatkan fitur serupa. Lantas, apa yang dibutuhkan dan bagaimana cara transfer riwayat chat dari iPhone ke Android?

- Aplikasi Samsung Smart Switch versi 3.7.22.1 atau versi yang lebih tinggi pada perangkat baru (dalam hal ini smartphone Samsung dengan Android 10).

- WhatsApp iOS versi 2.21.160.17 atau yang lebih tinggi pada perangkat lama (dalam hal ini iPhone).

- WhatsApp Android versi 2.21.16.20 atau yang lebih tinggi, pada smartphone Samsung dengan Android 10 ke atas.

- Kabel USB Type C ke Lightning (kabel yang digunakan untuk mengisi daya iPhone).

- Gunakan nomor telepon yang sama seperti yang digunakan pada perangkat lama.

- Perangkat Android baru harus baru dari pabrik atau dikembalikan ke setelan pabrik (sudah di-reset factory).

3 dari 4 halaman

Cara Transfer Riwayat Chat dari iPhone ke Android

- Nyalakan perangkat Samsung, hubungkan dengan kabel ke iPhone ketika diminta.

- Ikuti pengalaman Samsung Smart Switch

- Ketika diminta, pindai kode QR yang ditampilkan pada perangkat baru menggunakan kamera iPhone.

Cara pindahkan riwayat chat dari iPhone ke Android (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

- Ketuk Mulai/ Start pada iPhone dan tunggu hingga proses selesai.

- Lanjutkan menyiapkan perangkat Samsung baru.

- Saat berada di layar beranda/ home screen, buka WhatsApp dan masuk menggunakan nomor telepon yang sama dengan yang dipakai di iPhone lama.

- Ketuk Impor ketika diminta, dan biarkan proses selesai.

- Selesaikan aktivasi perangkat baru dan pengguna akan melihat chat telah menunggu.

(Tin/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Waspada WhatsApp Rentan Dibobol Hacker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.