Sukses

Pengguna Keluhkan Tampilan Baru Twitter Bikin Sakit Kepala

Twitter mengakui adanya keluhan dari beberapa pengguna dengan kepeksaan sensorik yang menyebut bahwa tampilan baru mereka membuat tidak nyaman

Liputan6.com, Jakarta - Twitter pada pekan lalu meluncurkan pembaruan desain dengan tujuan membuat situs tersebut lebih aksesibilitas bagi semua orang.

Mereka memperkenalkan jenis huruf yang baru, serta meningkatkan kontras untuk membuat tombol dan elemen visual lainnya seperti gambar lebih menonjol.

Namun, mengutip Engadget, Senin (16/8/2021), beberapa keluhan mulai datang ke Twitter. Tak sedikit yang mengeluh sakit kepala atau tegang pada mata akibat perubahan itu.

Media sosial itu pun menyebut bahwa mereka telah menyesuaikan tampilan barunya setelah munculnya keluhan bahwa "tampilan baru tidak nyaman bagi orang dengan kepekaan sensorik."

Mereka mengumumkan bahwa telah menyesuaikan tingkat kontras pada tombolnya, sehingga membuatnya lebih mudah dilihat.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keluhan Pengguna Twitter

Akun aksesibilitas Twitter menyatakan telah mulai meminta respons sehari setelah pembaruan keluar. Mereka berjanji untuk mempelajari semuanya.

"Kami telah mengidentifikasi masalah dengan font Chirp untuk pengguna Windows dan secara aktif mengerjakan perbaikannya," tulis Twitter Accessibility di akun @TwitterA11y.

Mengutip Gizmodo, salah satu keluhan muncul dari pengguna autisme yang merasa bahwa dihapusnya garis pemisah dan tingginya kontras warna dan tombol, membuatnya sangat tidak nyaman.

"Font-nya tampak bagus ketika saya melihat lebih dekat, tetapi untuk beberapa alasan itu membuat penglihatan saya kabur semakin lama saya menggunakan situs ini," kata akun @MxKelsieSkye.

Akun @_psot, yang memiliki astigmatisme, bahkan mengaku tidak bisa membaca font Chirp Twitter dan bingung saat ponselnya memperbarui aplikasi media sosial itu dengan desain baru.

3 dari 4 halaman

Cara Terbaik agar Situs Lebih Mudah Diakses

Alex Haagaard dari Disabled List mengatakan bahwa desain baru Twitter menunjukkan bahwa aksesibilitas bukanlah soal satu ukuran untuk semuanya.

Haagaard mengatakan bahwa mengizinkan pengguna untuk mengubah kontras dan font sesuai kebutuhannya, adalah cara terbaik untuk membuat sebuah situs lebih mudah diakses.

Twitter mungkin akan melakukan lebih banyak perbaikan dan pembaruan aksesibilitas di masa mendatang. Kepada TechCrunch, mereka menyebut bahwa "respon dikumpulkan dari penyandang disabilitas selama proses, sejak awal."

Namun Twitter menambahkan, "orang memiliki preferensi dan kebutuhan yang berbeda dan (itu) akan terus melacak respon dan menyempurnakan pengalaman."

"Kami menyadari kami bisa mendapatkan lebih banyak umpan balik di masa depan dan kami akan bekerja untuk melakukan itu," tulis Twitter.

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Mekanisme Virtual Police Awasi Pengguna Media Sosial

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.