Sukses

Apa Saja yang Dicari Warganet Indonesia Seputar Covid-19 di Google?

Liputan6.com, Jakarta - Google berupaya melindungi masyarakat dari acaman misinformasi Covid-19, terutama seiring dengan digalakkannya program vaksinasi di Indonesia.

Dalam keterangannya, Google pun mengungkap tren penelusuran seputar Covid-19 periode 19-28 Juli 2021. Berdasarkan Google Trends, rupanya masyarakat Indonesia aktif mencari tahu mengenai hal-hal yang berhubungan dengan Covid-19 di Google.

Sekadar informasi, Google Trends merupakan alat untuk melihat tren pencarian dengan menunjukkan seberapa sering istilah pencarian yang diberikan, dimasukkan ke mesin pencari Google, relatif terhadap total volume pencarian situs selama periode waktu tertentu.

Ada sejumlah hal yang sering dicari masyarakat Indonesia terkait dengan Covid-19. Mulai dari pencarian seputar vaksin, Covid-19, protokol darurat, hingga kegiatan di rumah.

Berikut adalah sejumlah keyword yang banyak ditanyakan pengguna internet di Indonesia seputar Covid-19:

Apa saja yang ditelusuri masyarakat Indonesia seputar Covid-19? (Foto: Google Indonesia).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Google Bantu Orang Temukan Informasi Terpercaya

Saat pemerintah mengaktifkan proses penerapan vaksinasi skala besar, Google Indonesia bersama Kemkes dan Komite Pengendalian Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KCP-PEN) fokus membantu masyarakat mendapatkan informasi otoritatif dan terbaru seputar hal-hal di atas.

"Untuk membantu orang menemukan informasi yang kredibel, kami meluncurkan panel informasi di Google Search yang muncul untuk kueri terkait vaksin Covid," kata Google dalam keterangan, Sabtu (31/7/2021).

Menurut Google, panel ini memberikan informasi yang terkonsolidasi seperti ringkasan tentang jenis vaksin, efektivitas, keamanan, distribusi, efek samping, dan banyak lagi. Hasil pencariannya tersedia dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Google menyebut, informasi ini berasal dari sumber otoritatif lokal dan global yang relevan, diantaranya dari laman covid19.go.id, situs Badan Pengawas Obat dan Makanan (pom.go.id), Kementerian Kesehatan RI (kemkes.go.id), Organisasi Kesehatan Dunia (who.int), dan banyak lagi.

3 dari 3 halaman

Lokasi Pusat Pengujian dan Vaksinasi

Masih terkait Covid-19, selain menampilkan lebih dari 157 rumah sakit rujukan dan pusat pengujian di Google Search dan Maps, Google juga menyediakan informasi lokasi lebih dari 1.000 pusat vaksinasi di 70 kota di seluruh Jawa.

Hasil pencarian Google juga menambahkan tombol pendaftaran vaksin di lokasi yang menyediakan registrasi online.

Semua fitur ini tersedia dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. "Kami terus bekerja sama dengan Kemkes RI, KCP-PEN, dan otoritas kesehatan setempat untuk menyediakan lebih banyak informasi pusat vaksinasi di seluruh Indonesia," kata Google.

(Tin/Ysl)