Sukses

Hyundai Produksi Pasokan Oksigen untuk Pasien Kritis Covid-19 di Indonesia

PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) resmi mengumumkan komitmen untuk membangun fasilitas produksi oksigen di area pabriknya

Liputan6.com, Jakarta - PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) resmi mengumumkan komitmen untuk membangun fasilitas produksi oksigen di area pabriknya. Kegiatan ini merupakan bentuk keseriusan perusahaan dalam membantu memerangi penyebaran Covid-19 lebih lanjut yang rata-rata mencapai lebih dari 30 ribu kasus baru harian pada Juli 2021.

Keputusan ini juga sebagai respons terhadap ajakan dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, yang saat ini tengah berupaya mengumpulkan berbagai pemangku kepentingan untuk berkolaborasi dan memenuhi kebutuhan pasokan oksigen selama masa penuh tantangan ini.

Secara khusus, mengingat sisi urgensi dari kondisi terkini, Hyundai Motor secara proaktif mencanangkan ide untuk memaksimalkan penggunaan fasilitas yang ada untuk memasok oksigen untuk kebutuhan medis dalam waktu singkat setelah melalui proses diskusi dengan berbagai pihak terkait.

Hyundai Motor telah menginisiasi pembangunan fasilitas produksi oksigen senilai USD 600 ribu dengan memanfaatkan sebagian fasilitas pabriknya yang telah dibangun. Proses produksi oksigen yang ditargetkan mulai beroperasi pada akhir Agustus 2021 ini, diharapkan mampu memasok 500 ton oksigen per tahun di mana jumlah dapat digunakan oleh kurang lebih 2.400 pasien kritis selama satu hari di setiap bulannya, dengan asumsi produksi per bulan mencapai 40 ton.

Hyundai Motor berencana untuk memproduksi oksigen untuk kebutuhan medis ini hingga akhir tahun 2021, dan dapat terus menjalankan fasilitas produksi tersebut jika ada peningkatan permintaan yang signifikan.

Selain fasilitas produksi oksigen, Hyundai Motor memberikan donasi lainnya berupa peralatan medis yang juga sangat dibutuhkan dalam situasi seperti ini, yaitu mencakup 20 unit ventilator, 30 unit oksigen konsentrator, dan 100 unit tabung oksigen. Donasi senilai USD 200 ribu ini akan mulai disalurkan secara bertahap pada Agustus 2021.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Investasi

Selain itu, Hyundai Motor berkomitmen untuk mengalokasikan hingga USD 800 ribu (sekitar 11,6 miliar rupiah) yang mencakup produksi oksigen dan juga peralatan medis untuk mendukung Pemerintah Indonesia di situasi pandemi saat ini.

Produksi oksigen dari fasilitas ini nantinya akan didistribusikan ke tempat-tempat yang membutuhkan berdasarkan hasil diskusi dan konsultasi bersama Pemerintah Kota Bekasi dan sejumlah LSM. Penerima bantuan oksigen dari Hyundai Motor akan mencakup bangsal rumah sakit mitra di dekat pabrik Hyundai Motor yang kekurangan pasokan oksigen, serta keluarga yang tidak berkecukupan yang tengah menghadapi kendala dalam memperoleh oksigen dari rumah sakit.

"Kami memiliki tujuan agar fasilitas pabrik Hyundai Motor dapat berfungsi lebih dari sekadar untuk memproduksi mobil, tetapi juga dapat memberikan kontribusi penting bagi masyarakat. Hyundai Motor akan selalu melakukan yang terbaik demi mewujudkan visi kami terkait Kemajuan untuk Kemanusiaan atau Progress for Humanity yang selalu kami kedepankan," jelas Young Tack Lee, President Hyundai Motor Asia-Pacific Headquarters, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Jumat (30/7/2021).

 

3 dari 3 halaman

Infografis Tampilan Kekinian Camilan Tradisional

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.