Sukses

Apple Akan Perbaiki Bug yang Tiba-Tiba Nonaktifkan Fungsi Wi-Fi iPhone

Untuk memperbaiki bug aneh pada iPhone, Apple akan menghadirkan pembaruan iOS 14.7.

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini sebuah bug di iPhone ditemukan, di mana jika kamu tersambung ke jaringan Wi-Fi yang namanya %p atau %s, Wi-Fi iPhone kamu bakal langsung tak berfungsi.

Belakangan diketahui bahwa dalam beberapa kasus, pengguna bahkan perlu melakukan factory reset iPhone mereka agar bisa berfungsi kembali. Demikian sebagaimana dilansir Ubergizmo, Sabtu (10/7/2021).

Untuk memperbaiki masalah itu Apple akan menghadirkan pembaruan iOS 14.7. Sebagai informasi, iOS 14.6 adalah versi iOS terbaru yang tersedia saat ini.

Namun sayangnya, belum diketahui kapan iOS 14.7 akan dirilis. Namun, mengingat sistem operasi itu sudah dalam versi beta 5, kemungkinan versi finalnya akan segera rilis.

Masalah aneh ini sebenarnya bukan kali pertama terjadi pada iOS. Sebelumnya, ada masalah dengan pesan teks tertentu yang dapat menyebabkan iPhone tiba-tiba crash.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Nama Jaringan ini Bisa Nonaktifkan Akses Wi-Fi di iPhone

Terungkap sebuah nama jaringan Wi-Fi yang bisa memPengaruhi akses Wi-Fi di perangkat iPhone. Seorang peneliti keamanan Carl Schou, merinci terkait nama jaringan atau SSID yang bisa menonaktifkan akses Wi-Fi tersebut.

Melalui akun Twitter-nya, Carl Schou menunjukkan sebuah video singkat rekaman layar ponselnya yang tak bisa mengaktifkan Wi-Fi.

Dalam keterangannya, mengutip 9to5mac, Senin (21/6/2021), ia menunjukkan bahwa setelah bergabung dengan jaringan Wi-Fi dengan nama ‘%p%s%s%s%s%n’, semua fungsi Wi-Fi di iPhone dinonaktifkan oleh sistem.

Efek sampingnya bekerja cukup cepat, ketika pengguna iPhone masuk ke jaringan tersebut, perangkat kemudian gagal tersambung ke jaringan Wi-Fi dan bahkan tak bisa mengakses fitur seperti AirDrop.

Namun, ia menemukan masalah tersebut tak serta merta hilang setelah me-reboot perangkat iPhone. Kendati demikian, Carl Schou tidak membeberkan dari mana dia menemukan bug ini.

3 dari 4 halaman

Asumsi Cara Kerja

Meski begitu, ada asumsi yang bisa menjelaskan kenapa nama SSID WiFi tersebut bisa berdampak pada iPhone. Diduga sistem iOS membaca simbol '%' di awal nama SSID itu sebagai perintah pemrograman.

9to5mac menuliskan, rumus syntax ‘%[karakter]’ biasanya digunakan dalam bahasa pemrograman untuk memformat variabel ke output string.

Sementara ‘%n’ diujung nama jaringan itu berfungsi untuk menyimpan jumlah karakter yang ditulis dalam format string ke variabel yang diteruskan ke fungsi format string.

Dengan demikian, subsistem Wi-Fi yang mendeteksi hal tersebut akan meneruskan nama jaringan Wi-Fi yang tidak aman untuk melakukan format string dalam sistem.

Akibatnya, akan terjadi penulisan memori dan buffer overflow yang tak menentu. Kemudian, ini akan menyebabkan kerusakan memori dan sistem pengawas iOS akan mematikan prosesnya, sehingga secara efektif menonaktifkan Wi-Fi bagi pengguna.

Hingga Apple memperbaiki bug ini dalam update OS mendatang, pengguna diminta untuk tetap berhati-hati dalam menyambungkan jaringan Wi-Fi, terutama yang memiliki simbol ‘%’ di dalamnya.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi

Sementara itu, diketahui nama jaringan aneh ini tidak dapat memberikan kerusakan pada hardware ponsel secara permanen.

Ada cara lainnya untuk mengatasi hal ini, seperti mengatur ulang seluruh jaringan di iPhone yang digunakan.

Langkahnya, masuk ke Settings, kemudian pilih opsi General. Lalu, pilih Reset dan lanjutkan ke Reset Network Settings.

Cara itu akan mengatur ulang semua jaringan Wi-Fi yang tersimpan di iPhone hingga hal lainnya yang berikatan dengan jaringan seluler termasuk VPN.

Dengan demikian, itu juga akan menghapus data jaingan Wi-Fi yang berbahaya bagi sistem.

(Isk/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini