Sukses

Tips Investasi Mata Uang Kripto ala Bos Zipmex Indonesia

Mulai dari perhatikan aset yang stabil, hingga memanfaatkan komunitas trader kripto.

Liputan6.com, Jakarta - Ditengah populernya investasi mata uang kripto di kalangan anak muda, ada juga beberapa hal yang perlu diperhatikan. Co-Founder Zipmex Indonesia, Raymond Sutanto membagikan tips dalam investasi mata uang kripto.

Raymond mengatakan, ada banyak aplikasi penyedia layanan investasi kripto yang bisa digunakan. Selain itu, semakin banyak aset yang juga terdaftar untuk bisa dibeli oleh trader pemula.

Kendati demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh trader pemula sebelum membeli aset kripto melalui aplikasi.

Pertama, pastikan perusahaan penyedia trading kripto tersebut terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

Kata Raymond, ada sekitar puluhan perusahaan yang telah terdaftar. Dengan demikian, banyak pilihan aplikasi yang bisa menjamin keamanan para trader pemula.

“Kalau tidak terdaftar, jangan coba-coba kesitu, apalagi mereka menjanjikan sesuatu yang gak relevan,” katanya saat diwawancara Tekno Liputan6.com.

Keamanan jadi satu aspek penting dalam memulai trading, bisa saja platform trading kripto bodong benar-benar menjual aset kripto, tapi khawatirnya keamanan pengguna tidak dijaga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaatkan Kesempatan

Kedua, memanfaatkan kesempatan. Bukan hanya berkaitan dengan harga pasar, tapi juga mampu mengambil risiko dalam trading.

Dia menyontohkan, pasar kripto adalah pasar yang fluktuatif dibanding dengan saham pada umumnya. Kemudian penurunan nilai pada saham bukan sesuatu yang perlu ditakuti.

“Meski turun drastis, tetap masih ada penghasilan meski juga sedikit. Tapi itu bukan jadi penghalang untuk investasi kripto,” tuturnya.

Perubahan nilai mata uang kripto yang terjadi bukan sebuah risiko, tapi sebuah kesempatan bagi trader.

“Itu bukan risiko tapi itu future dari kripto. Itu jadi oportunity, memang menariknya, naik-turunnya nilai kripto terjadi sangat cepat,” katanya.

3 dari 3 halaman

Mulai dari Bitcoin

Ia juga menyarankan bagi trader pemula untuk memulai investasi pada aset mata uang kripto yang stabil lebih dulu. Salah satunya adalah Bitcoin.

“Coba mulai dari Bitcoin, sambil belajar lagi blockchain itu apa, ketika sudah mengerti baru mulai investasi ke mata uang kripto yang lain,” katanya.

Untuk memperdalam ilmu terkait trading, ia juga menyarankan untuk memanfaatkan komunitas trader. Salah satunya adalah Zipmex Troops, komunitas trader yang ada di bawah Zipmex.

“Banyak dari member dan tim dari Zipmex yang bisa kasih guidline. Ya belajar disitu cari tau pengetahuan baru bisa invest,” katanya.

Raymond menambahkan, dengan platform yang menyediakan pembelian aset dengan nilai rendah, itu bisa jadi kesempatan untuk anak muda memulai investasi ke bidang ini.

Any body can trade, any body can make good money dari sini, banyak sekali orang dapet dari sini. Saya pikir bisa dicoba dengan menyisihkan sebagian dana untuk investasi ke kripto,” tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini