Sukses

Xiaomi Bongkar Redmi Note 10 dan Redmi Note 10 Pro, Apa Saja Komponennya?

Selama sesi teardown, Redmi Note 10 dan Redmi Note 10 Pro dibongkar dan terlihat di dalamnya sejumlah fitur yang mendukung performa, kemampuan kamera, pengisian daya, hingga hiburan untuk pengguna.

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi menggelar sesi bongkar (teardown) Redmi Note 10 Series untuk menunjukkan komponen-komponen apa yang membuat smartphone ini layak dipilih konsumen.

Selama sesi teardown, Redmi Note 10 dan Redmi Note 10 Pro dibongkar dan terlihat di dalamnya sejumlah fitur yang mendukung performa, kemampuan kamera, pengisian daya, hingga hiburan untuk pengguna.

Sesi teardown ini dipandu oleh Senior Technical Support Engineer Xiaomi Indonesia Woro Prasetio. Ia pun menyarankan agar kegiatan teardown atau bongkar smartphone dilakukan oleh orang yang berpengalaman dan memiliki sertifikasi untuk menghindari kerusakan permanen terhadap unit smartphone.

Redmi Note 10 sendiri hadir dengan layar Super AMOLED 6,43 inci dengan DotDisplay untuk menghasilkan gambar yang tajam disertai reproduksi warna yang kaya.

Redmi Note 10 saat dibongkar (Foto: Xiaomi).

Perangkat ini menjadi smartphone pertama di dunia dengan dukungan chipset Snapdragon 678. Kehadiran chipset ini meningkatkan performa kamera, pengalaman gaming, sekaligus menjaga efisiensi daya.

Sementara, Redmi Note 10 Pro hadir dengan layar 6,67 inci jenis SuperAMOLED dengan DotDisplay dengan dukungan refresh rate 120Hz. Dengan spesifikasi ini, layar Redmi Note 10 Pro menghasilkan animasi mulus serta responsif saat dipakai.

Perangkat ini didukung prosesor Snapdragon 732, salah satu prosesor seri 700 terkuat saat ini menjadikan Redmi Note 10 Pro memiliki performa tinggi dan konsumsi baterai yang hemat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sesi Teardown

Woro memulai sesi bongkar Redmi Note 10 dengan melepaskan penutup belakang smartphone yang sebelumnya sudah dipanaskan agar mudah melepaskan lemnya.

Setelah bagian dalam terlihat, Redmi Note 10 memiliki 16 baut yang harus dilepaskan untuk mengakses komponen-komponen smartphone mulai dari modul kamera.

Konfigurasi empat kamera belakang dari Redmi Note 10 ini hadi dengan lensa 48MP, lensa ultra-wide angle 8MP, lensa makro 2MP, dan depth kamera 2MP. Untuk lensa selfie memiliki resolusi 13MP.

Komponen kamera dalam Redmi Note 10 dan Redmi Note 10 Pro ketika dibongkar (Foto: Xiaomi Indonesia)

Sementara, Redmi Note 10 Pro hadir dengan sensor kamera 108MP yang memberi pengalaman mobile photography sembari memadukan 9-in-1 binning technology dan Dual Native ISO.

Komponen selanjutnya yang dilepas adalah speaker di sisi bawah dan atas. Redmi Note 10 dilengkapi fitur dual speaker untuk menghadirkan hiburan maksimal, seperti musik streaming atau nonton video.

3 dari 3 halaman

Komponen Baterai

Kualitas audio terasa lebih kaya untuk menghadirkan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Kemudian, Woro melepaskan baterai setelah sebelumnya mencopot modulnya. Ia berpesan, saat fase ini pelepasan perlu dilakukan dengan ekstra hati-hati dan tidak memakai benda tajam.

Redmi Note 10 memiliki baterai 5.000 mAh sementara Redmi Note 10 Pro menggunakan baterai 5.020 mAh, keduanya mendukung pengisian daya cepat 33W.

Meski secara angka, kapasitas dayanya terpaut hanya 20mAh, Redmi Note 10 Pro dengan dukungan Snapdragon 732 dinilai mampu menghadirkan efisiensi daya sehingga pemakaian daya bisa lebih lama.

Kendati begitu, pengguna tidak perlu khawatir pengisian daya bakal berlangsung lama karena di dalam kemasan sudah disertakan charger dengan kapasitas 33W.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.