Sukses

Bedah Kemampuan Snapdragon 860 yang Ada di Poco X3 Pro

Liputan6.com, Jakarta - Poco X3 Pro resmi dijual perdana untuk pasar Indonesia pada hari ini, 22 April 2021. Saat peluncuran, Poco X3 Pro disebut sebagai smartphone pertama yang menggunakan chipset Snapdragon 860, baik di dunia dan Indonesia.

Sesuai namanya, Snapdragon 860 merupakan chipset kategori premium yang dimiliki Qualcomm. Hal itu diungkapkan oleh Senior Manager Business Development Qualcomm Indonesia, Dominikus Susanto.

"Jadi kalau dibilang seri 8 itu sudah memiliki performance yang tinggi dan teknologi terbaru," tuturnya dalam sesi pembahasan Snapdragon 860 di Poco X3 Pro secara virtual, Kamis (22/4/2021).

Dia mengatakan, chipset ini memiliki spesifikasi yang mirip dengan Snapdragon 855 Plus. Namun Qualcomm melakukan sejumlah peningkatan, termasuk dukungan hingga RAM 16GB.

Selain itu, Snapdragon 860 ini menawarkan kemampuan rendering graphics 15 persen lebih cepat dibandingkan Snapdragon 855. Begitu pula dengan performa CPU-nya yang sudah ditingkatkan.

Mengingat masuk dalam kategori premium, Susanto pun menuturkan, Snapdragon 860 memang didesain untuk menghasilkan performa smartphone yang mumpuni.

Mulai dari melakukan tugas berat, menjalankan gim berat, termasuk mendukung kemampuan fotografi dan videografi yang apik.

Susanto juga menuturkan, kemampuan yang dimiliki Snapdragon 860 masih lebih tinggi dari seri 7 milik Qualcomm.

"Kalau dibandingkan dengan chipset seri 7 manapun, ini masih lebih tinggi," ujarnya melanjutkan. Oleh sebab itu, usia perangkat yang menggunakan chipset ini pun bisa lebih panjang. 

2 dari 3 halaman

Poco X3 Pro Meluncur di Indonesia, Berapa Harganya?

Sebagai informasi, Poco X3 Pro akhirnya resmi diperkenalkan sebagai smartphone terbaru Poco untuk pasar Indonesia. 

Menurut Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse, Poco X3 Pro merupakan smartphone pertama yang menggunakan chipset Snapdragon 860.

Namun tidak hanya itu, perangkat ini juga didukung dengan sederet fitur dan spesifikasi lainnya untuk menghasilkan performa yang mumpuni. 

"Poco X3 Pro didukung dengan LiquidCool Technology 1.0 Plus dan dibekali penyimpanan UFS 3.1 seperti yang ada di perangkat flagship," tuturnya saat konferensi pers secara virtual, Selasa (20/4/2021).

Smartphone ini hadir dengan layar berukuran 6,67 inci yang memiliki resolusi FHD Plus. Kemampuan layar Poco X3 Pro ditunjang pula dengan refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 240Hz.

Meski hadir dengan refresh rate tinggi, konsumsi daya Poco X3 Pro disebut terbilang efisien. Sebab, ada fitur DynamicSwitch yang memungkinkan smartphone menyesuikan refresh rate berdasarkan penggunaan. 

Perangkat anyar Poco ini hadir dengan tiga pilihan warna, yakni phantom blackmetal bronze, dan frost blue. Lantas, berapa harga Poco X3 Pro di Indonesia?

Untuk varian RAM 6GB dan memori internal 128GB, smartphone ini dijual dengan harga Rp 3.599.000 (harga perkenalan Rp 3.499.000).

Sementara varian lebih tinggi dengan RAM 8GB dan memori internal 256GB dibanderol Rp 4.099.000 (harga perkenalan Rp 3.999.000).

Penjualan perdana Poco X3 Pro akan dilakukan pada 22 April 2021 pukul 12.00 WIB di Shopee, Akulaku, Po.co.id, Authorized Mi Stores, dan Authorized Mi Shops. 

3 dari 3 halaman

Kamera Poco X3 Pro

Poco X3 Pro memiliki empat kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 48MP, lensa ultra-wide 8MP, lensa makro 2MP, dan depth sensor. Sementara kamera depannya beresolusi 20MP.

Untuk penunjang performanya, ada baterai berkapasitas 5.160mAh yang sudah mendukung fitur fast charging 33W. Smartphone ini juga dibekali teknologi Middle Middle Tab untuk membuat pengisian daya baterai menjadi lebih cepat.

Sebagai bagian dari pengalaman multimedianya, ada dual speaker yang sudah mendapat sertifikasi Hi-Res. Fitur lain yang dapat ditemukan perangkat ini, seperti IR Blaster, NFC, termasuk 3,5mm headphone jack.

Selain itu, smartphone ini juga sudah memiliki sertifikasi TÜV Rheinland dan L1 Widevine. Kebutuhan multimedia smartphone ini turut didukung dengan kemampuan HDR10.

Adapun untuk urusan keamanan, tepatnya sensor biometrik, Poco X3 Pro memiliki pemindai sidik jari di samping bodi yang juga bertugas sebagai tombol power. Perangkat ini menjalankan MIUI 12 berbasis Android 11.

(Dam/Ysl)