Sukses

Instagram Lite Resmi Hadir di Indonesia, Ukuran Aplikasi Kurang dari 2MB

Liputan6.com, Jakarta - Instagram akhirnya secara resmi meluncurkan Instagram Lite di Indonesia. Karenanya, aplikasi Instagram versi ringan itu sudah dapat diunduh di Google Play Store.

Sesuai namanya, Instagram Lite hadir dengan ukuran aplikasi yang lebih kecil dari versi standar, yakni kurang dari 2MB. Selain itu, konsumsi kuota internet di aplikasi ini juga lebih hemat dan dapat menampilkan konten lebih cepat.

"Dengan kehadiran Instagram Lite dan kampanye Month of Good, kami ingin Instagram menjadi tempat bagi pengguna menjadi pribadi lebih kreatif dan ekspresif untuk terus berbagi kebaikan dengan orang tercinta yang terhubung secara virtual," tutur Country Director unfuk Facebook di Indonesia, Pieter Lydian, dalam keterangan resmi, Selasa (20/4/2021).

Instagram Lite juga dirancang untuk memberikan pengalaman menjelajah yang lebih maksimal bagi para pengguna, terlepas dari jenis perangkat yang digunakan maupun kualitas jaringan internet yang ada saat itu.

Sebagai informasi, versi Lite ini memang menyasar smartphone yang memiliki kapasitas memori, kuota data, dan performa terbatas. Untuk itu, Instagram Lite ini hanya fokus pada fitur-fitur penting.

Feed dan Stories dipastikan masih dapat diakses di Instagram Lite, tapi fitur IG Live atau Shopping tidak tersedia. Kemampuan AR effect dan live filter juga absen di aplikasi versi Lite ini.

Tim pengembang turut melakukan kompresi terhadap beberapa hal, seperti animasi dan transisi agar bisa menyesuaikan aplikasi ini dengan perangkat lawas atau berkemampuan rendah.

2 dari 3 halaman

Hadirkan Stiker Khusus Ramadhan

Selain menghadirkan Instagram Lite, Instagram turut memeriahkan Ramadhan tahun ini dengan stiker menarik karya seorang desainer asal Bahrain, @haluulie.

Ada tiga stiker Ramadhan yang dapat ditemukan di galeri pada Instagram Stories pengguna.

Sebagai bagian dari kehadiran stiker ini, Instagram turut memunculkan Stories yang berisi kumpulan konten dari orang-orang yang menggunakan stiker tersebut.

3 dari 3 halaman

Kolaborasi dengan Figur Publik

Instagram juga berkolaborasi dengan enam figur publik Indonesia untuk melakukan siaran langsung di Instagram Live dengan tajuk Ngabuburit di Instagram.

Berlangsung setiap hari Sabtu selama 30 menit, para figur publik tersebut akan berbincang seputar bentuk kebaikan versi mereka yang bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat Indonesia.

"Tahun lalu, Instagram mencatat adanya ribuan postingan dari seluruh dunia yang menggunakan tagar Month of Good dengan total lebih dari 7 juta interaksi pada postingan-postingan tersebut. Hal ini semakin membuktikan bahwa bulan Ramadhan menjadi momen penuh kebaikan bagi setiap individu, termasuk para pengguna dan konten kreator," tutur Pieter.

(Dam/Ysl)