Sukses

Instagram Lite Hilang dari Play Store, Padahal Baru Dirilis 2 Tahun Lalu

Liputan6.com, Jakarta - Instagram Lite telah dihapus keberadaannya dari toko aplikasi. Informasi ini pertama kali dilaporkan Android Police setelah aplikasi itu diketahui menghilang dari daftar Google Play Store sejak bulan lalu.

Dikutip dari Tech Crunch, Selasa (12/5/2020), Instagram Lite kini sudah tidak dapat ditemui di sejumlah negara, seperti Kenya, Meksiko, Peru, dan Filipina.

Menurut laporan, pengguna yang masih memakai aplikasi ini akan langsung diarahkan ke aplikasi utama Instagram. Selain itu, mereka juga akan mendapat pesan notifikasi yang menyebut 'Instagram Lite sudah tidak lagi didukung'.

Menyusul keputusan ini, juru bicara Facebook memang mengatakan pihaknya sudah menarik kembali uji coba aplikasi Instagram Lite. Karenanya, pengguna disarankan untuk beralih ke versi Instagram terbaru untuk tetap dapat terhubung dengan orang lain.

Sekadar informasi, aplikasi ini pertama kali diluncurkan di Google Play pada Juni 2018. Sama seperti aplikasi lain dengan nama serupa, Instagram Lite menawarkan pengalaman aplikasi yang lebih sederhana, baik dari ukuran dan fitur yang ditawarkan.

Adapun aplikasi ini menyasar pasar negara berkembang yang memang masih dianggap memiliki banyak pengguna smartphone entry level. Karenanya, keberadaan aplikasi semacam ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pengguna di kelas tersebut.

Meski sudah dihapus dari toko aplikasi, Facebook sebenarnya masih mempunyai rencana mengenai Instagram Lite. Oleh sebab itu, laporan menyebut raksasa media sosial tersebut akan mengolah data yang diterima selama dua tahun ini, untuk membuat versi Lite terbaru.

Untuk diketahui, Instagram Lite sebenarnya cukup populer di pasar negara berkembang, seperti Kenya, Meksiko, dan Filipina. Hanya, aplikasi ini memang belum tersedia beberapa negara yang menjadi target, yakni India, Indonesia, dan Brasil.

2 dari 3 halaman

Instagram Lite Resmi Meluncur, Apa Bedanya dengan Versi Standar?

Sebagai informasi, Instagram Lite sendiri pertama kali meluncur pada 2018 untuk pengguna Android di wilayah Meksiko.

Sama seperti dengan nama serupa, juru bicara Instagram menyebut aplikasi ini tak mengambil memori yang besar di smartphone dan lebih sedikit menggunakan kuota internet. Sebagai tambahan, aplikasi ini juga berjalan lebih cepat.

Sebagai perbandingan, seperti dikutip dari The Verge, aplikasi ini hanya berukuran 573 KB. Sementara aplikasi Instagram biasa setidaknya berukuran 32 MB dan dapat berbeda-beda tergantung perangkat yang digunakan.

Meski lebih sederhana, aplikasi ini masih dapat menjalankan fungsi utama Instagram seperti mengunggah foto dan berbagi Stories. Namun, tentunya ada beberapa fitur yang absen di aplikasi versi Lite ini.

Salah satunya adalah kemampuan mengunggah video yang dihilangkan di aplikasi ini. Selain itu, fitur lain yang tak hadir di versi Lite adalah berkirim pesan antar pengguna atau Direct.

Kehadiran aplikasi ini disebut menjadi cara Instagram untuk merengkuh pasar lebih luas, terutama di negara berkembang.

Cara serupa sebenarnya pernah dilakukan induk perusahaan Instagram, Facebook, dengan merilis Facebook Lite dan Messenger Lite.

3 dari 3 halaman

Instagram Rilis Stiker Pesanan Makanan, Bantu UMKM Atasi Dampak Covid-19

Instagram sendir baru saja meluncurkan dua inisiatif dalam membantu pelaku bisnis di Indonesia, terutama di bidang kuliner, dalam membangun strategi pemasaran yang sesuai dan meningkatkan penjualan.

Salah satu hal yang dilakukan adalah merilis stiker pesanan makanan di Instagram Stories.

Kehadiran fitur ini diharapkan mampu memudahkan bisnis kuliner dan mengajak pelanggan mereka untuk melakukan pemesanan.

Jika kamu adalah pengguna akun bisnis Instagram, kamu akan melihat opsi stiker “Pesanan Makanan” di Stories untuk memasukkan tautan bisnis di aplikasi mitra pengantar makanan.

Dengan menggunakan stiker ini untuk mempromosikan makanan atau minuman yang kamu jual, follower bisa mengetuk tulisan ‘Pesan’ untuk langsung melakukan pemesanan di aplikasi layanan pesan antar.

Saat ini, kamu hanya bisa memasukkan tautan bisnis Anda di layanan GrabFood, namun mitra akan ditambah secara berkala untuk menyediakan lebih banyak pilihan bagi pebisnis.

Head of Market Operations Instagram APAC, Kaylie Smith, mengatakan, pada masa sulit seperti sekarang ini, tiap penjualan begitu berarti bagi pelaku UMKM.

"Kami ingin membantu mereka agar tidak patah semangat dalam mempertahankan bisnis mereka dan terhubung dengan pelanggan. Kehadiran stiker ‘Pesanan Makanan’ ini diharapkan dapat memberi kemudahan untuk masyarakat Indonesia berinteraksi dan membantu bisnis kuliner favorit mereka di Instagram," kata Smith dalam keterangan yang diterima Tekno Liputan6.com, Senin (5/4/2020).

(Dam/Ysl)