Sukses

Ini 3 Manfaat Puasa Gadget Saat Ramadhan

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah kegiatan yang tak lepas dari berbagai teknologi, termasuk gadget, tentu tak dipungkiri tubuh pun perlu istirahat.

Tak ada salahnya, ketika Ramadhan, kamu juga melakukan puasa gadget.

Meski ketika digunakan secara bijak, gadget akan sangat membantu pekerjaan kita, namun tidak baik jika kamu menggunakannya secara berlebihan. Maka dari itu, kamu perlu melakukan puasa gadget.

Kendati waktu yang lebih banyak, bukan berarti kamu harus terus menggunakan gadget sebagai time killer puasa kamu.

Simak tiga manfaat yang bisa kamu dapatkan dari puasa gadget saat Ramadhan, seperti dirangkum Tekno Liputan6.

 

2 dari 4 halaman

1. Quality Time

Manfaat pertama yang bisa kamu rasakan adalah waktu yang berkualitas, salah satunya dengan pasangan.

Banyak tampak pasangan yang masing-masing dari mereka tak bisa lepas dari gadget. Kendati demikian, ketika melakukan puasa gadget, kamu akan punya waktulebih banyak dengan pasangan.

Minimal, bisa membantu memasak mempersiapkan hidangan buka puasa.

Selain itu, kamu punya waktu yang lebih banyak juga dengan anggpta keluarga lainnya. Bisa kamu manfaatkan dengan menyiram tanaman di pagi hari atau berkebun di sore hari.

 

3 dari 4 halaman

2. Kesehatan Mata

Dengan pembatasan penggunaan gadget, lamanya paparan cahaya yang dikeluarkan gadget juga semakin berkurang.

Menurut beberapa penelitian, hal itu bagus untuk kesehatan mata. Seperti diketahui, salah satu faktor yang menyebabkan kerusakan pada mata adalah paparan sinar biru yang dipancarkan dari layar gadget.

Jika kamu tidak dapat meluangkan waktu yang cukup banyak, setidaknya kamu bisa menjadwalkan penggunaan gadget pada  waktu tertentu saja.

Menurut beberapa sumber lainnya, memandang pepohonan hijau dan objek yang cukup lapang dapat membuat mata lebih tenang pasca penggunaan gadget.

 

4 dari 4 halaman

3. Stres Berkurang

Manfaat lainnya yang akan kamu rasakan yakni tingkat stres yang berkurang.

Meski penggunaan gadget memudahkan berbagai macam kegiatan, namun, kamu akan mudah merasakan stres jika terlalu lama digunakan.

Pasalnya, otak akan lebih banyak memproses informasi yang diterima, kemudian, mata juga terlalu lama mendapatkan paparan sinar biru. Kedua hal ini, sering menjadi pemicu stres.

Dengan kondisi tenang, kamu bisa banyak melakukan sesuatu lainnya ketimbang selalu menggenggam gadget.