Sukses

TikTok Juara, Ini 10 Aplikasi Paling Banyak Diunduh Q1 2021

TikTok masih menjadi aplikasi paling banyak diunduh oleh pengguna smartphone pada kuartal pertama 2021. Kendati demikian, pengguna aktif bulanan Facebook lebih banyak dibandingkan TikTok.

Liputan6.com, Jakarta - TikTok menjadi aplikasi paling banyak diunduh pada kuartal pertama (Q1) 2021, baik di Google Play maupun App Store.

Informasi ini berdasarkan laporan terbaru App Annie mengenai capaian unduhan dan pengeluaran pengguna di aplikasi, baik itu di Google Play maupun App Store.

Meski menghadapi pemblokiran dan larangan di beberapa negara, TikTok masih jadi aplikasi paling banyak diunduh pengguna di seluruh dunia.

Mengutip laman Social Media Today, Minggu (4/4/2021), selama dua tahun berturut-turut TikTok menjadi aplikasi paling banyak diunduh oleh para pengguna smartphone.

Tentunya orang masih mengunduh Facebook dan Instagram. Namun, posisi kedua aplikasi populer ini berada di bawah TikTok.

Dalam jumlah pengguna aktif bulanan, Facebook dan Instagram masih melampaui TikTok.

Namun, Social Media Today memprediksi, jika tren unduhan TikTok yang tinggi terus berlanjut, bisa saja posisi Facebook dan Instagram akan terancam, cepat atau lambat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Daftar Aplikasi Paling Banyak Diunduh

Berikut adalah daftar 10 aplikasi paling banyak diunduh pengguna smartphone di kuartal pertama 2021:

1. TikTok

2. Facebook

3. Instagram

4. Telegram

5. WhatsApp

6. Zoom Cloud Meetings

7. MX Takatak

8. Snapchat

9. Facebook Messenger

10. CapCut

Posisi WhatsApp jadi aplikasi paling banyak diunduh nomor 5 sepanjang kuartal pertama 2021. Social Media Today menduga hal ini ada kaitannya dengan perubahan kebijakan privasi baru yang digulirkan Januari lalu.

Gara-gara hal tersebut, pesaing WhatsApp, yakni Signal dan Telegram mengalami peningkatan jumlah unduhan.

3 dari 3 halaman

Aplikasi dengan Pengguna Aktif Paling Banyak

Sementara, berikut adalah aplikasi yang memiliki jumlah pengguna aktif bulanan paling tinggi, per kuartal pertama 2021:

1. Facebook

2. WhatsApp Messenger

3. Facebook Messenger

4. Instagram

5. Amazon

6. Telegram

7. Twitter

8. TikTok

9. Netflix

10. Spotify

App Annie juga mengungkap, pengeluaran konsumen di toko aplikasi meningkat 40 persen pada kuartal pertama 2021, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

"Pengeluaran dalam aplikasi baik di App Store maupun Google Play sebesar USD 32 miliar (setara Rp 465 triliun) secara global pada kuartal pertama 2021. Ini merupakan kuartal terbesar sejak pencatatan dimulai. Angkanya naik 40 persen pada kuartal yang sama untuk 2020," kata App Annie.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini