Sukses

ESL Perluas Cakupan Kompetisi Mobile Esports ke Asia Pasifik

ESL baru saja mengumumkan telah memperluas cakupan ESL Mobile setelah sebelumnya hadir di Amerika Utara dan Eropa, kini merambah Asia Pasifik.

Liputan6.com, Jakarta - ESL baru mengumumkan telah memperluas kehadiran kompetisi mobile esports besutannya, yakni ESL Mobile. Setelah hadir dengan ESL Mobile Open di Amerika Utara dan Eropa, kini ESL Mobile menjangkau Asia Pasifik.

ESL Mobile hadir dengan deretan gim mobile populer, seperti Asphalt 9: Legends, Brawl Stars, Clash of Clans, Clash Royale, Legends of Runeterra, PUBG Mobile, dan League of Legends: Wild Rift.

Melalui kompetisi ini, ESL memberikan kesempatan bagi jutaan gamer di lebih dari 80 negara bermain dan berlaga. ESL bekerja sama dengan publisher dan developer gim populer, seperti Gamelof, Riot, Supercell, dan Tencent untuk mendukung kompetisi ini. 

"ESL dikenal sebagai pendiri ekosistem kompetitif untuk beragam gim dan genre esports. Kami sangat senang dapat melanjutkan pendekatan inovatif dan unik ini ke dunia mobile esports," tutur ESL North America Co-Managing Director and General Manager of Mobile at ESL Gaming, Kevin Rosenblatt dalam keterangan resmi, Minggu (28/3/2021).

Untuk 2021, ESL akan menyelenggarakan dua musim kompetisi. Musim pertama dimulai dengan ESL Mobile Spring 2021 pada April 2021 yang memiliki dua tingkatan kompetisi, yakni  ESL Mobile Open dan ESL Mobile Challenge. 

Sesuai namanya, ESL Mobile Open akan membuka kesempatan bagi para peserta di semua tingkatan untuk beragam gim mobile populer. Kompetis ini dapat dikatakan sebagai permulaan dari perjalanan esports para pemain.

Setelah ikut serta di ESL Mobile Open, pemain dapat beranjak ke fase selanjutnya, yakni ESL Mobile Challenge melalui dua fase ladder dan dua kesempatan play-in terlebih dulu.

Dalam tahap ESL Mobile Challenge, para pemain dari tingkatan Open akan bersaing melawan tim terpilih yang bermain dalam musim reguler hingga pertandingan final.

Kompetisi ESL Mobile Challenge akan ditampilkan dalam format siaran langsung dan bentuk konten lain yang dapat disaksikan jutaan orang di seluruh dunia. ESL Mobile menawarkan prize pool lebih dari USD 650.000.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

ESL Gelar Kompetisi untuk Cari Tim Valorant Terbaik di Asia Tenggara

Sebelumnya, ESL mengumumkan turnamen esports bertajuk ESL Community Clash. Event yang kali ini dipersembahkan oleh Intel akan mempertemukan komunitas online Valorant di Asia Tenggara.

Menurut keterangan resmi, turnamen ini berlangsung pada Oktober dan November 2020, dan akan menampilkan dua babak final bulanan yang akan ditutup dengan Grand Final ESL Community Clash pada 27-29 November 2020.

Pada babak itu, ada delapan tim yang akan bersaing untuk total hadiah USD 10 ribu dan gelar tim Valorant terbaik di Asia Tenggara. Pada babak final bulanan, delapan tim akan bersaing dalam bracket elimination.

Usai tahap ini, empat tim teratas dari babak final bulanan akan maju ke Grand Final. Adapun untuk lolos ke babak final bulanan, tim harus melalui babak kualifikasi terbuka lebih dulu.

3 dari 3 halaman

Terbuka untuk Semua Tim di Asia Tenggara

Turnamen ini terbuka utuk semua tim Valorant di Asia Tenggara, kecuali Vietnam. Tim yang tertarik dapat langsung mendaftar di situs resmi ESL.

Babak kualifikasi untuk bulan Oktober akan dibagi dalam dua tahap dari awal hingga pertengahan bulan, lalu final bulanan dilaksanakan pada 24 dan 25 Oktober 2020. Skema yang sama juga diterapkan untuk babak kualifikasi pada bulan November.

Rangkaian kompetisi Valorant untuk komunitas di Asia Tenggara ini akan disiarkan langsung di akun Twitch, Facebook, dan YouTube ESL Asia.

Selain kompetisi ini, ESL juga akan menggelar National Open Series selama tiga bulan ke depan untuk komunitas di Thailand, Indonesia, Vietnam, dan Malaysia/Singapura.

Setiap bulan ada 4 kompetisi mingguan dan final bulanan untuk memperebutkan hadiah SGD 500. Gim yang dimainkan setiap bulan akan berputar tergantung komunitas di setiap negara dan semua piala kompetisi digelar di platform ESL Play.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini