Sukses

Apple Berencana Petakan Tombol Pengontrol Gim di Keyboard Mac

Langkah ini dilakuan untuk memperluas jangkauan fungsi dari Mac agar lebih ramah dengan pemain gim

Liputan6.com, Jakarta - Apple berencana untuk memetakan tombol pengontrol gim pada keyboard untuk perangkat Mac. Perusahaan telah menambahkan emulasi pengontrol gim ke macOS Big Sur beta 11,3.

Pada dasarnya, perusahaan mencoba untuk menjadikan Mac M1 lebih ramah kepada pemain gim.

Menurut MacRumors, Kamis (25/3/2021), menjalankan aplikasi iPad atau iPhone di M1 Mac akan memunculkan opsi kontrol gim saat pengguna membuka preferensi dalam aplikasi.

Saat dihidupkan, opsi baru akan muncul agar pengguna dapat memetakan tombol pada pengontrol ke keyboard dan mouse Mac, sehingga pengguna dapat bermain gim dengan perangkat tersebut alih-alih pengontrol.

Seperti biasanya, pada sisi kiri kendali gerakkan karakter di dalam gim akan dipetakan ke tombol WASD, dan ibu jari kanan ke mouse.

Tombol A menjadi Spasi, tombol X menjadi tombol Q, tombol Y tombol E, dan tombol B menjadi tombol F. Kemudian, L1 terikat ke Tab, L2 ke Shift, R1 ke R, dan R2 ke mouse.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berbeda Tiap Gim

Namun, perusahaan memilih tidak memiliki pengikatan tombol khusus untuk aksi dalam gim tertentu, sepertinya apa pun yang dilakukan tombol A atau L2 akan dipetakan ke tombol tertentu pada keyboard Mac tanpa cara untuk mengubahnya kembali.

Ini dapat berubah dari di masing-masing gim, tergantung bagaimana pengembang memetakan aksi dalam gim ke tombol pengontrol.

 

3 dari 3 halaman

Beda dengan PC Windows

Mengacu perspektif gim PC, hal ini dapat membuat bermain gim tertentu melalui keyboard dan mouse di Mac tidak nyaman dan tidak praktis, yang tentunya membingungkan dari satu gim ke gim berikutnya.

Misalnya, tombol Tab membuat karakter berjongkok di satu gim, tetapi membuka inventaris di gim lain. Dan tombol A memungkinkan karakter melompat ke beberapa gim tetapi pengguna menggunakannya untuk mengambil item di gim lain.

Ada ikatan tombol tertentu yang telah menjadi tradisi di berbagai genre dalam game PC yang tidak diperhitungkan Apple di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini