Sukses

WhatsApp Garap Fitur Keamanan untuk Tingkatkan Kerahasiaan Chat

WhatsApp tengah menggarap fitur baru berupa password untuk melindungi chat yang telah di-backup di cloud. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kerahasiaan chat agar tak bisa diakses pihak lain.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp berupaya meningkatkan keamanan untuk chat yang disimpan di cloud. Lapisan keamanan tambahan yang tengah dikerjakan WhatsApp bernama fitur proteksi password.

Fitur proteksi password ini akan mengenkripsi chat yang telah disimpan di cloud, sehingga chat tersebut hanya bisa diakses oleh pengguna. Informasi ini pertama kali ditemukan oleh WABetaInfo.

Mengutip laman The Verge, Selasa (9/3/2021), pengerjaan fitur proteksi password ini telah berlangsung sejak tahun lalu.

WABetaInfo berbagi screenshot mengenai bagaimana fitur proteksi password bakal hadir di tampilan WhatsApp versi iOS dan Android.

"Untuk mencegah akses tidak sah ke chat yang disimpan di iCloud Drive (cloud), Anda dapat mengatur kata sandi yang akan dipakai untuk mengenkripsi backup di masa mendatang," demikian bunyi tulisan di screenshot tersebut.

Lebih lanjut disebutkan, "sandi ini akan dibutuhkan saat Anda memulihkan chat dari backup."

WhatsApp kemudian akan meminta pengguna mengkonfirmasi nomor telepon mereka dan memilih sandi yang terdiri dari delapan karakter atau lebih.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lupa Password

Screenshot lain memperingatkan, "WhatsApp tidak akan dapat membantu memulihkan password yang terlupa."

Perlu diketahui, chat WhatsApp saat ini dilindungi dengan enkripsi end-to-end. Artinya pesan hanya bisa dilihat oleh pengirim dan penerima.

Namun, WhatsApp memperingatkan bahwa enkripsi end-to-end tidak mencakup chat yang di-backup dan disimpan di layanan cloud seperti Google Drive dan iCloud.

Setelah chat di-backup dan berada di server cloud milik Google Drive serta iCloud, keamanannya menjadi tanggung jawab penyedia layanan cloud.

Meski dijamin keamanannya, sebelumnya penyedia layanan cloud membuatnya bisa diakses oleh otoritas penegak hukum dan pemerintah untuk keperluan investigasi.

3 dari 3 halaman

Siapa pun Tak Bisa Akses Chat yang Dilindungi Password

Nah, fitur proteksi password ini secara teoretis akan mencegah siapa pun mengakses riwayat obrolan pengguna tanpa izin.

The Verge menyebut, fitur baru ini kemungkinan hadir untuk meningkatkan reputasi WhatsApp yang sempat terpukul karena kebijakan privasi baru.

Sebelumnya, update kebijakan privasi WhatsApp ini memicu kekhawatiran pengguna, terkait berbagi data dengan Facebook.

WhatsApp bersikeras bahwa kebijakan baru ini tidak akan mempengaruhi keamanan dan privasi pesan.

Pihak WhatsApp sendiri menolak berkomentar atas fitur baru yang mungkin akan segera dirilis ini.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini