Sukses

Twitter Buka Pengujian Beta Fitur Spaces untuk Pengguna Android?

Pengguna Twitter di aplikasi Android kini dapat bergabung dengan Space, sebuah platform obrolan yang mirip dengan Clubhouse.

Liputan6.com, Jakarta - Twitter membuka ruang obrolan berbasis audio bernama Spaces. Saat ini, Spaces masih terbatas hadir di Android.

Mengutip Android Police, Selasa (3/3/2021), Twitter kini membuka pengujian beta atas Spaces untuk pengguna Android.

Dengan akses ini, sejumlah pengguna Android akan dapat menjadi bagian dari pengujian program beta ini.

Dengan menjadi penguji program beta ini, pengguna bisa mendengarkan obrolan di ruangan Spaces, menjadi pembicara, memberikan reaksi memakai emoji, dan melihat caption.

Sebelumnya, Twitter telah memperkenalkan versi terbatas dari Spaces di iOS pada Januari lalu. Bisa dibilang, Spaces memiliki fungsi yang mirip dengan Clubhouse.

Dengan kehadiran Spaces di iOS, para pengguna Twitter bisa bergabung dan mendengarkan percakapan di Spaces. Namun, hanya segelintir pengguna yang bisa menjadi host Spaces.

Twitter menyebut, pihaknya baru memberikan Space ke segelintir pengguna untuk menjajalnya. Kini, pengguna Twitter di Android bisa bergabung dan mendengarkan percakapan di Spaces.

Informasi kehadiran Space diumumkan melalui akun terverifikasi Spaces @TwitterSpaces.

"Pengguna Android, versi beta kami sudah dimulai. Mulai hari ini kamu akan bisa bergabung dan berbicara di semua Space. Kamu akan segera bisa membuat ruangan sendiri, namun kami masih mengerjakan sejumlah hal," kata Twitter, memberi pengumuman tentang Spaces.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hadir Segera Mungkin

Kendati demikian, cuitan pengumuman itu tidak menyebutkan kapan pengguna Android akan dapat membuat ruangannya sendiri di Spaces.

Tampaknya, pengguna Android bisa berbicara dan mendengarkan percakapan di Spaces, tetapi mereka belum bisa membuat ruang obrolannya sendiri.

Dalam keterangannya ke The Verge, juru bicara Twitter mengatakan, pengguna Twitter di platform iOS maupun Android bisa segera memulai dan mendengarkan Spaces.

3 dari 3 halaman

Inovasi-Inovasi Berbasis Audio

Twitter sendiri telah meningkatkan inovasinya ke fitur-fitur berbasis suara selama beberapa bulan terakhir.

Selain meluncurkan Spaces dalam versi beta, pada Juni 2020, Twitter memperkenalkan tweet audio untuk sejumlah pengguna iOS.

Tweet audio memungkinkan pengguna merekam dan mengirim pesan audio berdurasi maksimal 140 detik.

Selain itu Twitter juga memperkenalkan dukungan direct message berbasis suara pada Januari lalu untuk aplikasi iOS dan Android.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini