Sukses

Tak Mau Tinggalkan WhatsApp? Yuk Ikuti 5 Tips Aman Ini

Pengguna WhatsApp, yuk ikuti lima tips aman ini ketika kamu memakai aplikasi WhatsApp untuk memastikan privasi saat menggunakan aplikasi pesan milik Facebook itu.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah WhatsApp mengumumkan kebijakan privasi baru, ada banyak orang yang memutuskan untuk pindah ke Telegram dan Signal.

Namun bagi sebagian besar orang, WhatsApp tetap jadi pilihan karena sudah banyak keluarga, teman-teman, dan kolega yang memakai aplikasi pesan milik Facebook ini.

Nah, jika kamu masih mau pakai WhatsApp dengan aman, yuk ikuti lima tips yang Tekno Liputan6.com kutip dari India TV News, Senin (8/2/2021).

1. Jangan Bagikan Informasi Kredensial

Aplikasi pesan milik Facebook ini menggulirkan kebijakan baru yang mengizinkan perusahaan untuk mengakses informasi lebih detail dibandingkan sebelumnya.

Meski pihak WhatsApp mengaku mereka tidak akan membaca pesan pengguna, ada baiknya pengguna tidak membagikan informasi kredensial penting di WhatsApp.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Gunakan Verifikasi 2 Langkah (2FA)

Banyak pengguna WhatsApp yang mengeluh telah jadi korban peretasan.

Nah, untuk menghindari akun WhatsApp diambil alih pihak lain, pengguna bisa mengaktifkan autentikasi 2 langkah pada WhatsApp.

Dengan memakai fitur ini, pengguna tidak hanya dipersyaratkan untuk mengisi OTP (kode berisi 6 angka yang dipakai ketika mau masuk pertama kali ke WhatsApp, biasanya dikirim lewat SMS) tetapi juga akan diminta memasukkan PIN berisi 6 digit.

Pengguna bisa mengaktifkan verifikasi dua langkah dengan cara masuk ke WhatsApp Setting > Account > Two-Step Authentication.

3 dari 5 halaman

3. Aktifkan Kunci WhatsApp

Pengguna WhatsApp dapat meningkatkan keamanan atas aplikasi pesan mereka dengan mengaktifkan fitur penguncian WhatsApp.

Untuk melakukan hal tersebut, pengguna hanya perlu masuk ke WhatsApp Setting > Account > Privacy > Screen Lock.

4 dari 5 halaman

4. Aktifkan Keamanan Biometrik di WhatsApp Web

Baru-baru ini, WhatsApp menggulirkan sebuah update yang memungkinkan penggguna mengatur keamanan WhatsApp Web saat login komputer baru.

Dengan fitur keamanan ini, upaya untuk login ke WhatsApp Web di komputer baru jadi lebih ketat.

Ketika pengguna mengaktifkan fitur keamanan ini, pengguna akan diminta untuk memverifikasi identitas mereka menggunakan autentikasi biometrik, ketika mau login WhatsApp Web di komputer atau laptop baru.

5 dari 5 halaman

5. Cek Pengaturan Privasi

Para pengguna WhatsApp disarankan untuk mengecek pengaturan privasi mereka. Pada halaman pengaturan Privasi, pengguna bisa memilih siapa saja yang bisa melihat profile picture, status, hingga last seen (terakhir terlihat online).

Kalau mau lebih privat, pengguna bisa mengatur agar tidak ada yang bisa melihat status atau last seen, bahkan tidak menampilkan profile picture.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.