Sukses

Makanan Jadi Barang yang Paling Banyak Dikirim Lewat GrabExpress

Head of GrabExpress Grab Indonesia, Tyas Apsari, mengungkap tiga besar barang yang paling sering dikirim via layanan GrabExpress.

Liputan6.com, Jakarta - GrabExpress baru saja mengumumkan sejumlah fitur baru yang hadir di layanannya. Bersama dengan pengumuman itu, GrabExpress juga sempat mengungkap deretan barang yang banyak dikirim melalui platformnya.

Menurut Head of GrabExpress Grab Indonesia, Tyas Apsari, makanan menjadi item yang paling banyak dikirim via GrabExpress mengingat layanan yang ditawarkan memang melayani kebutuhan pengiriman cepat, baik untuk express maupun sameday.

"Karena dengan layanan kami yang express dan sameday, sedangkan makanan tidak bisa tahan lama, banyak pengguna lebih memililih layanan kami daripada ekspedisi," tuturnya saat bertemu dengan awak media secara virtual di Jakarta, Jumat (5/2/2021) sore.

Selain itu, barang lain yang juga kerap dikirim melalui GrabExpress adalah produk fashion. Sementara barang terakhir yang kini meningkat pengirimannya adalah dokumen.

"Dokumen ini sudah mulai marak, meski dari dulu sudah ada. Namun sekarang kita terpaksa work from home, dan kantor mungkin membutuhkan dokumen dengan tanda tangan basah. Pengiriman ini mulai banyak dilakukan, baik ke kantor atau ke rumah," ujarnya menjelaskan.

Dalam kesempatan itu, Tyas juga mengatakan layanan logistik dari Grab ini di 2021 tetap membawa semangat yang diusung Grab for Good. Karenanya, inovasi yang dihadirkan di tahun ini diharapkan bisa menstimulasi digitalisasi UMKM di Indonesia.

Sementara untuk tren logistik di 2021, Tyas mengatakan bisnis e-commerce masih akan menjadi faktor penggerak untuk industri ini dan diikuti oleh social commerce.

Ikuti cerita dalam foto ini https://story.merdeka.com/2303605/volume-5

"Untuk tren logistik, berdasarkan pantauan kami, e-commerce akan sangat berkembang. Kami juga melihat social commerce akan menjadi penggerak di bisnis logistik 2021," ujarnya menjelaskan.

Terkait GrabExpress sendiri, Tyas menuturkan, layanan ini berkembang signifikan di 2020, meski dia mengungkap lebih detail informasi tersebut. Hanya dia memastikan layanan akan terus berinovasi memenuhi kebutuhan para pengguna, termasuk pelaku UMKM dan social seller.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

GrabExpress Rilis Deretan Fitur Baru untuk Bantu UMKM

GrabExpress baru saja mengumumkan deretan fitur baru yang ada di layanannya. Kehadiran fitur baru ini menurut Head of GrabExpress Grab Indonesia, Tyas Apsari, diharapkan dapat mendukung aktivitas pelaku UMKM maupun pengguna umum.

"Hari ini, kami mengumumkan sejumlah inovasi baru yang hadir di GrabExpress. Kami harap inovasi ini dapat membantu rekan UMKM di Indonesia atau masyarakat pada umumnya," tuturnya saat berbicara dengan awak media, Jumat (5/2/2021).

Salah satu inovasi yang dihadirkan di layanan GrabExpress, kata Tyas adalah tampilan aplikasi yang dibuat lebih simpel dan mulus. Perubahan ini juga diharapkan bisa mempermudah pengguna saat melakukan pengiriman.

"Pembaruan ini sudah kami luncurkan secara berkala. Seharusnya di minggu ini, semua orang yang sudah memperbarui aplikasinya lewat Play Store dan App Store dapat melihat tampilan baru di GrabExpress," ujarnya menjelaskan.

Dengan tampilan baru ini, pengguna Grab juga lebih mudah untuk mengetahui biaya pengiriman. Jadi, pengguna tinggal memasukan lokasi pengiriman dan tujuan, biaya pengiriman bisa langsung terdeteksi, tanpa perlu memasukkan alamat lengkap terlebih dulu.

Fitur lain yang juga hadir di GrabExpress adalah formulir pengiriman. Melalui fitur ini, pengguna atau mitra pelaku UMKM dapat meminta penerima mengisi formulir dengan alamat tujuan, sehingga lokasinya bisa lebih akurat.

"Fitur ini hadir sebab kami mendengar masukan pengguna GrabExpress. Tantangan yang biasanya dihadapi layanan pengiriman adalah pengirim kadang tidak tahu persis lokasi tujuan di mana, sehingga penerima yang lebih mengenal daerahnya dapat mengisi sendiri," ucap Tyas.

3 dari 3 halaman

Permudah Pelacakan

GrabExpress kini juga memudahkan pengguna untuk melacak paket yang dikirimkan, terutama bagi pengguna yang melakukan pengiriman banyak paket sekaligus dalam satu paket.

"Jadi kini pengguna dapat melihat status masing-masing paket yang dikirimkan Sebab, kami juga mendengarkan pelaku UMKM atau social seller yang anxious apabila barangnya belum sampai, sehingga kami ingin membantu kekhawatiran itu," ujar Tyas menjelaskan .

Ada pula fitur pesan lagi untuk alamat yang pernah menjadi tujuan pengiriman. Jadi, alamat tujuan dapat disimpan dan pengguna dapat langsung melakukan pemesanan langsung ke penerima.

GrabExpress kini turut meningkatkan kemampuan dari sistem pengiriman ke banyak tujuan. Berbekal peningkatan ini, sistem akan secara otomatis menghadirkan rute tercepat dan terdekat, sehingga biaya kirim lebih murah.

"Di versi terbaru ini, dengan mudah cukup satu tombol usai memasukkan beberapa alamat tujuan, pengguna dapat langsung mengetahui mencari rute tercepat tiba di destinasi," ucapnya lebih lanjut.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini