Sukses

Google, YouTube, Gmail Dkk Sempat Down, Warganet Mengeluh

Liputan6.com, Jakarta - Warganet mengeluh tentang layanan Google Search, YouTube, dan Gmail yang sempat down, Kamis (4/2/2021) sore. Namun gangguan ini terjadi tak lama, hanya sekitar 15 menit.

Pantauan Tekno Liputan6.com, Jumat (5/2/2021), keluhan mengalir di Twitter sekitar mulai jam 14.00 WIB.

Beberapa layanan yang sempat dikeluhkan pengguna adalah Google Search, YouTube, Gmail, Maps, Meet, Classroom, dan lainnya.

Sementara situs web Downdetector mencatat ada banyak laporan masuk tentang layanan YouTube dan Google Search yang tak bisa diakses di beberapa negara bagian Amerika Serikat.

Pun demikian, ada juga beberapa pengguna di Indonesia yang mengeluhkan hal serupa.

2 dari 2 halaman

Pernah Down Massal

Layanan Google down juga pernah terjadi secara massal pada Senin (14/12/2020) malam. Tumbangnya seluruh layanan Google ini berlangsung lebih dari satu jam lamanya. Namun menurut pernyataan juru bicara Google, layanan Google down selama 45 menit saja.

Para pengguna di seluruh dunia mengaku, ketika Google down, mereka tidak bisa mengakses Gmail, YouTube, Google Drive, Google Hangouts, hingga Google Meet.

Google menyebut, tumbangnya layanan bukan disebabkan karena serangan siber, melainkan karena masalah kuota penyimpanan internal.

"Layanan yang mengharuskan pengguna untuk masuk, mengalami tingkat kesalahan tinggi selama periode ini," kata juru bicara Google, dikutip dari CNET, Selasa (15/12/2020).

Lebih lanjut Google meminta maaf kepada semua pengguna yang terdampak.

Ke depannya, pihak Google juga akan melakukan peninjauan tindak lanjut menyeluruh untuk memastikan masalah serupa tidak terulang di masa mendatang.

Pernyataan Google terkait waktu tumbangnya layanan mereka agak berbeda dengan yang dicatat oleh laman Down Detector.

BERANI BERUBAH: Dodol Perekat Korban PHK